Comscore Tracker

5 Kalimat Ini Tabu Kamu Ucapkan pada Teman yang Baru Ditolak Cintanya

Bikin patah hatinya makin parah, lho

Melihat sahabat dekat bersedih akibat baru saja ditolak cintanya, tentu membuatmu merasa iba. Makanya, sebisa mungkin sebagai teman kamu ingin memberikan dukungan dan mengembalikan kepercayaan dirinya. Salah satu upayanya adalah dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang mengandung motivasi. Berharap setelah mendengarnya, dia bisa kembali ceria dan gak sedih lagi. 

Niatmu memang baik, tapi bisa jadi memperburuk keadaan bila cara yang digunakan kurang tepat. Seperti ketika kamu justru mengucapkan kelima kalimat tabu di bawah ini. Bukannya terhibur, dijamin kondisi sahabatmu akan semakin terpuruk. Jangan sekali-kali dicoba, deh! 

1. It's oke menurutku dia gak begitu cocok denganmu, kok!

5 Kalimat Ini Tabu Kamu Ucapkan pada Teman yang Baru Ditolak Cintanyapexels/August de Richelieu

Maksudnya memang kamu ingin memberikan rasa percaya diri, bahwa apa yang dia kejar selama ini gak sebanding. Bagimu dia terlalu baik untuk level gebetan seperti itu. Kamu juga gak habis pikir kenapa temanmu ini bisa cinta setengah mati padanya.

Tapi mengatakan mereka tidak begitu cocok, adalah tindakan yang ceroboh. Kalau memang selama ini kamu berpikir demikian, kenapa gak dari dulu mengatakannya? Setidaknya ada upaya untuk mencegahnya patah hati seperti sekarang, kan? 

Nah, kalau gak mau sahabatmu sampai berpikir demikian, lebih baik simpan pendapatmu itu rapat-rapat dalam hati, deh. 

2. Percaya, deh kamu pantas mendapatkan yang lebih baik!

5 Kalimat Ini Tabu Kamu Ucapkan pada Teman yang Baru Ditolak Cintanyapexels/cottonbro

Coba terangkan definisi yang lebih baik itu seperti apa? Kira-kira kalau sahabatmu minta penjelasan itu, kamu bisa menjawabnya tidak? Kalau masih ragu, mending jangan ucapkan kalimat tersebut, deh. Kamu gak pernah tahu, apakah gebetan dia adalah yang terbaik atau tidak. Bisa jadi, memang temanmu merasa wanita itulah yang paling cocok untuknya. Hanya saja, mungkin gebetannya itu gak punya pemikiran yang sama. 

Menyarankannya untuk percaya pada suatu hal yang bahkan kamu sendiri sulit menjelaskan, sama saja memberikan harapan palsu, lho. Masa kamu gak kasihan sama temanmu sendiri? 

Baca Juga: Jangan Lakukan, 5 Hal Ini Membuatmu Terlihat Gak Sopan di Mata Teman

3. Kenapa, sih mesti galau perkara cewek doang? Udah, deh cowok itu gak boleh cengeng!

5 Kalimat Ini Tabu Kamu Ucapkan pada Teman yang Baru Ditolak Cintanyapexels/cottonbro

Meskipun temanmu itu cowok, bukan berarti dia gak boleh galau bahkan nangis sekalipun. Mau pria atau wanita, tetap saja manusia biasa yang punya perasaan dan bisa sedih juga. Tiap orang tentu punya cara yang berbeda-beda untuk mengeskpresikan kesedihannya. Kamu gak berhak berkata demikian, apalagi mengatakan dia itu cengeng. Biar saja temanmu meluapkan emosinya dengan menangis sekalian.

Ingat, masalah yang kamu anggap remeh bisa jadi adalah pukulan berat buat dia. Mungkin kamu gak tahu kalau temanmu ini sudah naksir gebetannya sejak tiga tahun lalu. Dia yakin, kedekatan mereka punya harapan untuk jadian. Tapi ternyata dugaannya itu salah. Wajar, dong kalau dia sampai terpukul banget. 

4. Nah, apa aku bilang! Sekarang baru percaya kalau cintamu itu bertepuk sebelah tangan?

5 Kalimat Ini Tabu Kamu Ucapkan pada Teman yang Baru Ditolak Cintanyapexels/Ron Lach

Mungkin kamu merasa senang karena ternyata dugaanmu selama ini benar. Bahwa perasaan cintanya itu cuma bertepuk sebelah tangan. Kamu yakin betul kalau si pujaan hati gak pernah menganggap serius kedekatan mereka. Berkali-kali kamu sudah memberinya peringatan supaya tidak gegabah dan main tembak saja. Giliran sekarang ditolak, kamu jadi merasa senang sekaligus kesal. Kenapa dia gak nurut sama perkataanmu. 

Ya, meskipun kamu benar tapi tetap saja kalimat tersebut tabu untuk diucapkan. Ibarat sekarang ini temanmu baru saja jatuh, masa iya mau sekalian kamu tiban dengan tangga? Coba untuk menahan diri dulu. Suatu saat nanti akan ada momen yang pas, kok untuk mengatakan kalimat ini. Tapi jelas bukan sekarang. 

5. Percaya, deh! Dia bakal menyesal sudah menyia-nyiakan cowok sepertimu!

5 Kalimat Ini Tabu Kamu Ucapkan pada Teman yang Baru Ditolak Cintanyapexels/Keira Burton

Sekilas kalimat tersebut terdengar manis dan bisa memberikan motivasi padanya untuk bangkit. Akan tetapi, sekali lagi jangan memberikan harapan palsu pada orang yang tengah patah hati. Belum tentu gebetannya akan benar-benar menyesal telah menolak cintanya. Bisa jadi, itu adalah keputusan final yang menurutnya terbaik. Praktis, dia sudah siap dengan segala dampak yang timbul di kemudian hari. Makanya, kalau gak tahu apa-apa lebih baik jangan mengada-ada, deh. Makin runyam nanti urusannya. 

Terkadang untuk menghibur teman yang tengah patah hati itu tidaklah susah. Kamu tidak perlu mengatakan kalimat-kalimat penyemangat atau motivasi apa pun. Cukup dengan menyediakan telinga dan waktu untuknya. Dengarkan saja keluhannya, serta temani dia mencari hiburan dan udara segar. Tunjukkan simpatimu melalui tindakan alih-alih ucapan yang belum tentu mampu menyembuhkan luka di hatinya. 

Baca Juga: 5 Macam Ajakan Teman yang Harus Ditolak dengan Tegas, Menjerumuskan!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya