Comscore Tracker

5 Kebiasaan Tak Baik Ini Bikin Hubunganmu Jadi Renggang, Jauhi ya!

#IDNTimesLife Sengaja bikin pacar cemburu

Layaknya tanaman yang perlu disiram serta diberi pupuk supaya tumbuh subur, begitu pula dengan hubungan asmaramu. Tidak boleh diabaikan begitu saja, mentang-mentang kamu merasa kondisi kalian baik-baik saja. Belum tentu pacarmu merasa demikian, lho. Bisa jadi ada beberapa sikapmu yang ternyata membuat doi kurang nyaman. Tapi karena kalian jarang bicara terbuka satu sama lain, si dia jadi enggan membahasnya.

Ujung-ujungnya, tanpa disadari hubunganmu dengannya semakin renggang dan berubah dingin. Lalu apa, sih penyebab sebenarnya? Berikut lima hal yang konon langgangan jadi penyebab hubungan asmara berantakan. Cek poinnya satu per satu, yuk! 

1. Tidak menjaga perasaan pasangan dengan sengaja terlalu dekat sama lawan jenis

5 Kebiasaan Tak Baik Ini Bikin Hubunganmu Jadi Renggang, Jauhi ya!ilustrasi belajar bareng (pexels.com/Keira Burton)

Mungkin karena doi jarang menunjukkan ekspresi cemburu, kamu jadi coba-coba menggoda perasaannya. Dengan cara sengaja dekat sama lawan jenis secara berlebihan. Sebenarnya teman-temanmu sempat memperingatkan untuk menjaga perasaan pacarmu. Tapi menurutmu dia gak bakal jaelous, kok. Belum tentu pendapatmu ini terbukti, lho.

Sebagai manusia normal, tentu pacarmu punya perasaan dan batas kesabaran. Bisa saja dulu dia hanya menahan diri, melihatmu nempel ke sana ke mari mencari perhatian lawan jenis. Tapi sekarang kamu sudah keterlaluan. Mending kalau dia langsung marah, daripada pilih diam-diam membiarkan perasaan cintanya ke kamu berkurang. 

2. Jarang mengomunikasikan perasaanmu ke pasangan dan pilih main lempar kode

5 Kebiasaan Tak Baik Ini Bikin Hubunganmu Jadi Renggang, Jauhi ya!ilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Lauren Brown)

Sudah gak zamannya lagi, deh kalau ingin pacar peka harus lempar kode segala. Bagus kalau kamu mau sabar menunggu hingga sinyal itu sampai ke doi. Nah, biasanya, nih kamu suka gak sabaran dan langsung menilai bahwa dia itu gak peka sama sekali. Padahal ada cara simpel yang bisa kamu lakukan. Ya apalagi kalau bukan ngomong terus terang ke dia.

Katakan apa saja yang membuatmu jengkel atau gak enak hati. Daripada sengaja menghilang biar dicari dan ditanya ada apa. Belum tentu doi mau repot-repot mengurusimu terus. Kalian, kan sudah sama-sama dewasa secara usia, harusnya bisa menyelesaikan masalah dengan lebih bijak lagi, ya. 

Baca Juga: 5 Ciri Hubungan Asmara yang Jarang Dirawat, Yuk Coba Refleksi!

3. Suka lupa meluangkan waktu serta perhatianmu ke pacar dan malah sibuk sendiri

5 Kebiasaan Tak Baik Ini Bikin Hubunganmu Jadi Renggang, Jauhi ya!ilustrasi WFH (pexels.com/Michael Burrows)

Memang saat ini kamu lagi rajin-rajinnya bekerja begitu pula dengan dirinya. Akan tetapi perlu diingat bahwa hubungan asmara kalian ini juga butuh maintenance, lho. Ayo, dong sempatkan waktu barang sehari untuk berkencan dengannya. Jangan sibuk sendiri terus begitu. Ada waktu luang bukannya menghubungi pacar, eh malah dihabiskan buat game. 

Bisa jadi saat ini pacarmu lagi kangen banget, tapi karena kamu selalu bilang sedang sibuk, dia terpaksa harus memendam perasaannya itu. Lagi pula, masa kamu gak mau, sih sekadar jalan-jalan atau nonton film di bioskop bareng doi? 

4. Melewatkan momen penting dalam hidupnya karena memang kamu tidak mengingatnya

5 Kebiasaan Tak Baik Ini Bikin Hubunganmu Jadi Renggang, Jauhi ya!ilustrasi kejutan ultah (pexels.com/Katerina Holmes)

Hari penting seperti tanggal ulang tahun pacar, seharusnya sudah kamu ingat di luar kepala. Sayang kenyataannya kamu masih suka lupa hari kelahiran si dia. Alhasil, beberapa kali kamu terpaksa melewatkannya. Jangankan memberi hadiah, mengucapkan selamat saja tidak. Pasti pacarmu sedih banget, deh.

Belum lagi mengenai momen-momen penting dalam hidupnya, seperti hari wisuda. Kamu pun tidak sempat menghadirinya gara-gara lupa. Memang kelihatannya doi bisa memaklumi karena tahu tabiatmu yang pikun itu. Tapi hati orang siapa yang tahu, sih? Bisa saja saat ini perasaan cintanya ke kamu mulai memudar, lho. 

5. Kalian sudah lama berpacaran tapi belum ada kejelasan soal masa depan

5 Kebiasaan Tak Baik Ini Bikin Hubunganmu Jadi Renggang, Jauhi ya!ilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Samson Katt)

Kalau boleh jujur kamu pun sedang mengalami dilema. Satu sisi jika ditanya serius apa tidak menjalin hubungan sama dia, tentu saja jawabannya adalah iya. Tetapi di sisi lain, kamu sendiri belum siap membahas soal masa depan kalian nantinya bakal seperti apa. Kamu ragu bisa menjadikannya pendamping hidup karena merasa belum mengenal doi luar-dalam.

Asal tahu saja, nih keraguan semacam ini lumrah dialami oleh siapa saja, kok. Paling penting kamu jangan memendamnya sendiri. Bilang saja apa adanya ke pacar apa yang kamu rasakan. Harusnya dia bisa mengerti dan mau membantumu, kok. Jadi, gak usah takut buat bicara jujur, ya?

Jangan pernah gunakan istilah 'jalani saja dulu' dalam hubungan asmara, ya! Sebab tanpa adanya usaha, kalian tidak akan pernah mengalami perkembangan apa-apa. Paling penting adalah terus menjaga komunikasi dan terbuka satu sama lain. Maka kelima hal tadi gak akan pernah kalian alami lagi. 

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan yang Gak Benar-benar Seriusin Kamu, Jangan Buang Waktu

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya