Comscore Tracker

5 Masalah Ini Sering Dialami Pasangan Kekasih yang Lama Jadian

Mulai diminta kejelasan hubungan, nih!

Dulu, melihat sepasang kekasih yang sudah jadian selama lima tahun, kerap kali membuatmu kagum. Kok bisa mereka langgeng hingga bertahun-tahun dan masih kelihatan romantis begitu, ya? Tapi setelah mengalaminya sendiri, ternyata ekspektasimu itu gak sesuai realita. Bayangan bakal makin lengket setelah lama jadian gak pernah terjadi pada hubungan kalian.

Justru kamu dan pacar kerap kali menghadapi masalah. Bahkan bisa dibilang kalian jadi lebih sering berdebat, ketimbang saat awal jadian dulu. Seperti lima masalah di bawah ini, nih. Sebenarnya gak cuma kalian saja yang mengalaminya, kok.

Ternyata, masalah semacam ini memang sering menghampiri pasangan kekasih yang telah lama jadian. Apa saja persoalan yang dimaksud? Keep reading, ya!

1. Mulai merasa bosan dengan rutinitas pacaran yang begitu-begitu saja

5 Masalah Ini Sering Dialami Pasangan Kekasih yang Lama Jadianilustrasi jalan bareng pacar (pexels.com/RODNAE Productions)

Rasa bosan itu manusiawi, tak terkecuali saat kamu mulai jenuh dengan rutinitas pacaran yang monoton. Senin sampai Jumat kalian sibuk sama kegiatan masing-masing. Baru pas malam Minggu, kalian janjian berkencan seperti yang sudah-sudah. Aktivitas saat kencan pun bagaikan formula paten yang gak bisa diganggu gugat.

Dia datang ke rumahmu tepat jam 7 malam, lalu kalian bakal pergi nonton, makan di cafe atau sekadar jalan-jalan di mal. Pulang ke rumah jam 11 malam. Begitu terus sampai gak terasa kalian sudah pacaran selama tiga tahun, lho. Wajar, dong kalau kamu mulai merasa bosan. Makanya coba, deh ganti kegiatan kencan kalian. Biar lebih bervariatif.

2. Merasa pasangan jadi kurang perhatian dan makin sibuk sendiri

5 Masalah Ini Sering Dialami Pasangan Kekasih yang Lama Jadianilustrasi mengecek HP (pexels.com/mikoto.raw Photographer)

Sewaktu jadian dulu kalian masih sama-sama berstatus sebagai mahasiswa baru. Satu jurusan pula, gak heran kalau intensitas pertemuanmu dengannya terbilang sering. Namun setelah hampir lima tahun bersama, kalian sekarang sudah punya kesibukan dan tanggung jawab masing-masing. Bukan sebagai mahasiswa lagi, tapi ada pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai jadwal.

Alhasil, untuk bertemu saja kalian harus cari waktu yang pas. Mengingat kamu dan doi gak bekerja di satu bidang dan kantor yang sama. Bisa saja hari Senin si dia libur, tapi kamu hanya lowong saat akhir pekan. Makanya, kamu merasa pasanganmu sibuk sendiri dan kurang perhatian, gak seperti dulu. Mulai, deh muncul pikiran bahwa sekarang doi sudah gak sayang lagi sama kamu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Komitmen Sejak Awal Jadian, Untuk Apa?

3. Kerap membandingkan hubungan sendiri sama orang lain

5 Masalah Ini Sering Dialami Pasangan Kekasih yang Lama Jadianilustrasi double date (pexels.com/KoolShooters)

Temanmu yang baru pacaran selama setahun saja sudah dikasih kejutan mewah di hari ulang tahunnya. Sedangkan kamu yang sudah berpacaran selama lima tahun dengannya, gak pernah diberikan surprise sama sekali. Paling mentok cuma ucapan selamat dan kado ala kadarnya. Bukannya gak tahu terima kasih, ya. Tapi, kan ingin juga mendapatkan perlakukan romantis semacam itu.

Sikap mulai membandingkan hubungan sendiri dengan orang lain ini biasanya dipicu karena adanya rasa tidak puas. Kamu berpikir usia pacaran yang lebih lama harusnya mengarah ke relationship goals, dong. Masa kalah sama pasangan yang baru seumur jagung, sih? Padahal sempurna apa tidaknya hubungan itu tergantung dari pribadi masing-masing, lho. Bukan sekadar ditentukan dari lamanya usia hubungan saja.

4. Lebih sering bertengkar ketimbang mesra-mesraan

5 Masalah Ini Sering Dialami Pasangan Kekasih yang Lama Jadianilustrasi bertengkar sama pacar (pexels.com/Vera Arsic)

Belakangan kamu sadar, bahwa kalian terlalu sering bertengkar. Bahkan hanya karena masalah sepele, seperti lupa memberi kabar kalau kamu sudah sampai di rumah dengan selamat. Padahal saat awal jadian dulu kalian begitu mudah saling memaafkan, lho. Kira-kira kenapa sekarang jadi seperti ketagihan bertengkar, ya?

Bisa jadi ini dipicu oleh perasaan jenuh, lho. Jadi secara tidak sadar kalian ingin menciptakan kehebohan, supaya hubungan ini gak terasa hambar. Mungkin juga, ini disebabkan karena kalian sedang saling kangen saja. Cuma sama-sama terlalu gengsi untuk mengakuinya. Ayo, kalau dalam kasusmu mana yang lebih tepat?

5. Menuntut pacar untuk segera membawa hubungan ke jenjang yang lebih serius

5 Masalah Ini Sering Dialami Pasangan Kekasih yang Lama Jadianilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Untuk masalah yang satu ini biasanya paling lumrah dialami oleh pasangan yang telah lama jadian. Bahkan boleh dibilang sudah terlalu lama bersama, tapi sayang belum ada kejelasan apa-apa. Apalagi kalau bukan salah satu dari kalian mulai menuntut hubungan ini dibawa ke jenjang yang lebih serius. Pertanyaan ini bisa jadi sensitif kalau yang ditanya belum siap dengan jawaban yang pasti.

Lain cerita kalau ternyata pacarmu sudah siap lahir batin untuk menikah. Ketika mendapat pertanyaan semacam itu, pasti doi bisa menjawabnya dengan tenang. Kalau kamu pernah gak, bertanya apa ditanya pertanyaan serupa? Lalu bagaimana responmu kala itu?

Perlu diketahui, bahwa sesungguhnya dalam setiap hubungan asmara itu pasti akan muncul masalah. Hanya saja jenisnya bisa berbeda-beda. Tergantung dari dua orang yang menjalaninya dan bisa juga dipengaruhi oleh faktor sudah berapa lama mereka jadian. Tidak bisa kamu mengharapkan hubungan pacaran yang mulus tanpa masalah hingga menuju ke pelaminan. Tapi kalian bisa meminimalisir timbulnya persoalan, dengan cara tetap menjalin komunikasi dengan baik. Setuju?

Baca Juga: 5 Penyebab Berkurangnya Rasa Cinta setelah Jadian, Kok Bisa?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya