Comscore Tracker

5 Penyebab Pacar Mudah Merasa Cemburu, Bisa jadi Kamu Lho!

Ada luka masa lalu yang membuatnya trauma

Merasa cemburu saat melihat pacar berdekatan dengan pria atau wanita lain adalah hal yang wajar. Itu membuktikan kalau pacarmu benar-benar sayang dan sampai khawatir akan kehilanganmu. Tapi bagaimana jadinya kalau dia kelewat cemburuan selama ini? Tentu saja, sikapnya itu pernah membuatmu kesal dan risih.

Namun sebelum melimpahkan semua kesalahan ke dia, gak ada salahnya kamu juga berkaca diri dulu. Siapa tahu, lima sebab berikut yang membuat kekasihmu jadi gampang dibakar api cemburu. Simak baik-baik ya, karena di antaranya ada pula yang disebabkan oleh kelakuanmu di masa lalu, lho!

1. Sikapmu pada teman lawan jenis terbilang berlebihan menurutnya

5 Penyebab Pacar Mudah Merasa Cemburu, Bisa jadi Kamu Lho!unsplash/Dmitriy Frantsev

Tidak semua orang rela melihat pacarnya berdekatan dengan wanita atau pria lain. Apalagi melakukan kontak fisik berlebihan seperti cium pipi kanan kiri dan berpelukan. Mungkin pacarmu ini termasuk salah satunya. Dia tidak nyaman ketika menyaksikan kekasihnya kelewat akrab dengan teman lawan jenis. Alhasil dia jadi kesal dan menunjukkan rasa cemburunya di depanmu secara terang-terangan.  

2. Kamu hampir gak pernah memperkenalkan dia pada teman-teman lawan jenismu

5 Penyebab Pacar Mudah Merasa Cemburu, Bisa jadi Kamu Lho!unsplash/Elevate

Sebagai seorang pria, kamu tergolong populer dan punya banyak teman wanita. Gak heran deh, kalau tiap kali nongkrong kamu selalu dikelilingi oleh cewek-cewek cantik. Nah, meskipun kamu pribadi gak pernah merasa meladani mereka dengan serius, tapi keberadaan para wanita di dekatmu itu bisa menjadi penyebab pacarmu cemburu, lho. Sebab sebelumnya kamu gak pernah memperkenalkan dia kepada teman-temanmu ini. 

Ingat istilah "tak kenal maka tak sayang" kan? Nah, ini pula yang tengah dirasakan oleh pacarmu. Maklum, kalau dia was-was dan berpikir macam-macam pada orang yang belum dikenalnya. Makanya, jangan lupa kenalkan semua teman wanitamu ke dia, ya!

3. Kamu jarang meluangkan waktu khusus untuk jalan berdua saja dengannya

5 Penyebab Pacar Mudah Merasa Cemburu, Bisa jadi Kamu Lho!unsplash/Clem Onojeghuo

Memang kalian sama-sama sibuk bekerja, tapi bukan berarti kamu gak bisa meluangkan waktu untuk menemuinya, dong! Tetap saja, meskipun masih sebatas pacaran, dia berhak mendapatkan perhatianmu juga. Apa susahnya sih, berkencan seminggu sekali? Ditambah lagi, kamu justru lebih banyak menghabsikan waktu buat nongkrong bareng teman-teman dekatmu. Ya, wajar kalau dia sampai cemburu berat begitu. 

Baca Juga: Secara Tidak Langsung, Ini 5 Tanda Nyata Kalau Pacarmu Sedang Cemburu

4. Pacarmu merasa dirinya tidak cukup pantas memenuhi kriteria pasangan idamanmu

5 Penyebab Pacar Mudah Merasa Cemburu, Bisa jadi Kamu Lho!unsplash/JD Mason

Perasaan rendah diri atau insecure juga bisa jadi penyebab pacarmu mudah merasa cemburu. Bahkan pada wanita yang baru kalian temui di jalan, dia bisa langsung membanding-bandingkan dengan dirinya. Pacarmu berpikir wanita itu lebih cantik, makanya tadi kamu sempat melirik. Padahal belum tentu dugaannya itu benar. Tahan, jangan marah dulu. Lebih baik tenangkan dia dan berikan pengertian kalau kamu gak bakal mengkhianati dia seperti itu. 

5. Dulu kamu pernah ketahuan selingkuh, tapi sekarang dia sedang memberimu kesempatan kedua

5 Penyebab Pacar Mudah Merasa Cemburu, Bisa jadi Kamu Lho!unsplash/Julian Myles

Nah, kalau benar dulunya kamu pernah berselingkuh darinya, sadar diri saja deh. Gak perlu marah-marah ketika pacarmu jadi cemburuan seperti sekarang. Saat ini dia sedang berusaha menerima dan menyembuhkan luka yang kamu buat. Sekaligus memberimu kesempatan kedua untuk memperbaiki hubungan kalian. Jadi tolong jaga sikapmu. Batasi pergaulanmu dengan lawan jenis, libatkan dia dalam inner circle-mu dan yakinkan dirinya bahwa kamu gak bakal tergoda untuk melakukan kesalahan serupa. 

Memang memiliki kekasih yang cemburuan itu ada gak enaknya juga. Tapi begitu tahu penyebab dia bersikap demikian, seharusnya kamu bisa lebih bijaksana. Paling penting kalian harus terus menjaga komunikasi dengan baik, yakinkan dia kalau gak ada yang perlu dikhawatirkan. Bila kamu bisa mengambil hati dan mendapatkan kepercayaannya kembali, bukan gak mungkin pacarmu akan bersikap lebih lunak dan gak gampang cemburu lagi. 

Baca Juga: Ini Lho 5 Kesalahan Menghadapi Pacar yang Sedang Cemburu, Bisa Ribut!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya