Comscore Tracker

5 Sikap Ini Membuatmu Sulit Mendapatkan Teman, yuk Introspeksi!

Kamu tipe pasif dan suka pilih-pilih teman

Punya banyak teman tentu membawa kebahagiaan tersendiri dalam hidup kita. Tiap kali lagi suntuk di rumah karena gak ada kerjaan misalnya, selalu ada saja teman yang bisa diajak jalan. Tapi gimana jadinya, kalau sampai saat ini kamu masih merasa kesulitan mempunyai teman? Bahkan di antara segelintir orang yang kamu kenal, cuma satu-dua yang lumayan akrab. 

Nah, kalau begitu ceritanya kamu patut introspeksi diri, ya! Jangan-jangan selama ini kamu masih saja menerapkan kelima sikap di bawah ini. Wajar, dong itu membuatmu kesulitan mendapatkan teman. Yuk segera diubah sebelum terlambat! 

1. Tiap kali memasuki lingkungan baru kamu malah banyak diam dan bersikap pasif

5 Sikap Ini Membuatmu Sulit Mendapatkan Teman, yuk Introspeksi!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu baru saja di mutasi ke cabang perusahaan yang ada di luar kota. Otomatis kamu mesti menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, dong. Sebenarnya gak susah untuk lekas mendapatkan rekan kerja yang cocok, asalkan kamu gak bersikap pasif melulu.

Apalagi ketika ada senior yang menyapa duluan, kamu malah diam seribu bahasa saking groginya. Santai saja kali. Banyak-banyaklah bertanya dan aktif berinteraksi. Kalau anteng terus begitu, gimana mau dapat teman? Yang ada kamu malah gak betah berkerja di sana, lho. 

2. Saat ada orang asing yang mengajak kenalan kamu selalu berpikir negatif tentangnya

5 Sikap Ini Membuatmu Sulit Mendapatkan Teman, yuk Introspeksi!Pexels.com/Armin Rimoldi

Coba buang pikiran negatifmu jauh-jauh, deh. Apalagi ketika ada orang asing yang mengajakmu berkenalan. Waspada, sih boleh saja tapi kamu juga harus lihat kondisinya, dong. Tentunya kamu bisa menilai apakah orang tersebut berniat buruk atau tidak.

Masa iya, kalau ada teman seangkatan yang beda jurusan di kampus ngajak kenalan, kamu sok menolak? Bukan hanya gak punya teman, kamu bahkan bisa dicap sebagai orang yang sombong. 

Baca Juga: Ini 5 Tips jadi Teman yang Asyik, Salah Satunya Gak Minta Oleh-Oleh!

3. Posesif ke teman itu sama buruknya dengan posesif sama pasangan, lho!

5 Sikap Ini Membuatmu Sulit Mendapatkan Teman, yuk Introspeksi!Pexels.com/Keira Burton

Eh, sekalinya punya satu teman saja kamu malah bersikap berlebihan ke dia. Kamu cenderung posesif dan berani mencampuri urusan pribadinya. Paling sering, sih kamu suka melarang dia berteman dengan orang lain.

Tiap kali melihat dia dekat sama orang baru, kamu langsung kebakaran jenggot dan berupaya memisahkan keduanya. Padahal itu hak dia untuk dekat dengan siapa pun. Posesif ke pacar saja dilarang, apalagi cuma sebatas berteman. Sadar diri, dong! 

4. Tidak mau memperkaya diri dengan menambah wawasan umum. Biar asyik diajak ngobrol gitu

5 Sikap Ini Membuatmu Sulit Mendapatkan Teman, yuk Introspeksi!Pexels.com/Gabby K

Sudah lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja bukan berarti menghentikan kesempatanmu untuk belajar hal baru. Tetap perkaya pengetahuanmu dengan membawa, menonton berita dunia dan berinteraksi dengan banyak orang. Sebab kalau kamu memiliki pengetahuan yang luas, otomatis bakal asik diajak ngobrol.

Secara kamu punya banyak topik untuk dibahas. Coba posisinya kamu jadi orang yang kurang update. Tentu siapa saja yang ngobrol denganmu akan merasa kurang antusias dan cepat bosan. 

5. Sengaja pasang tampang judes supaya disegani. Eh malah pada kabur, tuh!

5 Sikap Ini Membuatmu Sulit Mendapatkan Teman, yuk Introspeksi!Pexels.com/Budgeron Bach

Jujur, sebenarnya kamu tuh termasuk orang yang kurang percaya diri. Tetapi demi menutupi kekurangan tersebut, kamu sengaja pasang tampang judes. Ya, maksud hati biar orang yang melihatmu jadi segan gitu, deh.

Eh, sial bukannya takut yang ada mereka makin malas mendekatimu. Bayangkan, padahal sudah banyak orang yang tertarik ingin berkenalan denganmu, lho. Namun gara-gara tampang sok jutekmu itu, mereka jadi kabur semua. Nyesel gak? 

Pada dasarnya manusia itu makhluk sosial yang gak bisa hidup seorang diri. Makanya selalu muncul keinginan untuk mencari teman. Selama kelima sikap tadi kamu tinggalkan, niscaya kamu bisa mendapatkan banyak kawan, kok. Gimana, siap berubah demi kebaikan? 

Baca Juga: 5 Sebab Teman Justru Menentang Hubungan Asmaramu yang Sekarang

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya