Comscore Tracker

7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru Menikah

Baiknya kalian sama-sama introspeksi diri

Di awal-awal menikah biasanya pasangan suami istri baru sedang merasakan masa kasmaran. Bulan madu dan menghabiskan waktu berdua menjadi momen yang menyenangkan. Tapi apa jadinya jika selang satu atau dua tahun kemudian, kebahagiaan tersebut sirna seketika?

Ibarat pepatah tak ada asap jika tidak ada api, begitu pula dengan rumah tangga kalian sekarang. Perasaan hambar itu pasti ada asal muasalnya. Seperti tujuh sebab di bawah ini. Cobalah berbesar hati untuk introspeksi diri. Siapa tahu memang benar salah satu dari kalian adalah penyebabnya. 

1. Kesibukan membuat kalian suka lupa waktu

7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru MenikahPexels.com/cottonbro

Tentunya kalian berdua memiliki kesibukan masing-masing. Entah itu pekerjaan di kantor, pekerjaan rumah atau bisnis yang ternyata menguras tenaga serta pikiran. Makanya begitu pulang ke rumah kalian hanya membawa rasa lelah. Tak sempat ada waktu untuk berbincang dan berduaan seperti dulu lagi. Kebutuhan rumah tangga yang kian mendesak menjadi alasan buat kalian bekerja lebih keras. 

Bagus sih, itu tandanya kalian adalah tim yang solid. Saling membantu dan meringankan beban ekonomi satu sama lain. Tapi jangan sampai waktumu hanya habis untuk pekerjaan. Luangkan pula untuk pasangan kalian, ya! 

2. Tidak ada rasa saling percaya di antara kalian

7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru Menikahpexels.com/cottonbro

Namanya bonding antar suami istri memang harus dibentuk sejak dini. Jika tidak, kalian hanya akan saling mencurigai. Ditambah lagi waktu bertukar pikiran tidak lagi sesering dulu. Maklum jika kamu suka berprasangka buruk pada suami atau istrimu, begitu pula sebaliknya. 

Perasaan yang suka menduga-duga inilah yang membuatmu merasa rumah tangga kalian hambar. Kamu gak bisa tenang melepas dia keluar sendiri tanpa didampingi. Sementara dia menganggap kamu posesif karena berlebihan mengikat kebebasannya .

3. Kesenjangan ekonomi yang terlalu jauh antara kalian

7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru MenikahPexels.com/cottonbro

Ekonomi menjadi salah satu pemicu masalah dalam rumah tangga. Seperti ketika kamu dan pasangan memiliki kesenjangan sosial yang terlalu jauh. Semisal saat ini kamu menjabat sebagai direktur di sebuah perusahaan, sementara dia masih menjadi karyawan biasa. Memang kamu gak pernah membahas soal penghasilan, tapi dia merasa kalah telak dan tidak percaya diri. 

Ditambah lagi gaya hidupmu yang mewah selalu sukses membuatnya rendah diri. Di satu sisi dia ingin menyamakan level denganmu, tapi di sisi lain belum ada peluang untuknya melakukan hal tersebut. Pada akhirnya, hubungan kalian jadi renggang, karena salah satu menjauhkan diri dari yang lain. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Terlalu Memprioritaskan Pasangan di Atas Segalanya

4. Ekspektasi kalian soal rumah tangga hanya soal bahagia dan bahagia

7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru MenikahPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Sebelum menikah, kalian membayangkan kehidupan pernikahan tersebut bakal menyenangkan. Ada seseorang yang menunggumu pulang di rumah usai bekerja dan ada seseorang yang akan mendampingmu hingga tutup usia. Memang imajinasi tersebut tidak sepenuhnya salah. Tapi kamu gak boleh lupa, kalau rumah tangga itu juga terkadang diuji dengan masalah. 

Apalagi di awal pernikahan, dimana kalian masih saling menyesuaikan karakter satu sama lain. Belum lagi soal kebutuhan sehari-hari yang tentunya lebih banyak ketimbang saat lajang dulu. Bisa jadi, ekspektasi yang tidak sejalan dengan realita ini membuatmu merasa rumah tangga kalian jauh dari definisi bahagia. 

5. Sebenarnya salah satu dari kalian belum siap berkomitmen untuk menikah

7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru MenikahPexels.com/Andrea Piacquadio

Pastikan lagi apakah sebelum menikah dulu kalian sudah sama-sama berani berkomitmen untuk tetap setia dalam keadaan suka dan duka. Sebab bisa saja, sebenarnya salah satu di antara kamu atau pasangan belum siap menikah. Jika benar demikian, itu bisa jadi masalah besar, lho. Komitmen merupakan sesuatu yang penting dan gak bisa diputuskan dengan sembarangan. 

Jangan menikah dulu deh, jika kamu masih merasa belum siap. Apalagi memutuskan untuk berumah tangga hanya bermodalkan cinta saja. 

6. Orangtua masih suka ikut campur dalam urusan rumah tangga kalian

7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru Menikahpexels.com/Pixabay

Setelah mengucapkan janji sehidup semati sebagai suami-istri, mulai hari itu kalian sudah tidak lagi menjadi tanggung jawab orangtua. Sebagai orangtua yang baik, harusnya ayah, ibu dan mertuamu tidak ikut campur dalam rumah tangga kalian. Memberi saran boleh saja, tapi keputusan tetap ada di tangan kalian. 

Membiarkan orangtua mengatur kehidupan kalian hanya akan membuat pasanganmu merasa tidak nyaman. Hubungan kalian berdua juga bisa jadi taruhannya, lho. Kamu jadi mudah tersulut emosi dan beradu argumen dengan pasanganmu. Bingung juga kan, ketika harus memilih untuk membela yang mana?

7. Keputusan menikah sebenarnya bukan datang dari diri kalian sendiri

7 Penyebab Rumah Tangga Terasa Hambar meski Baru MenikahPexels.com/Josh Willink

Poin terakhir ini boleh dibilang menjadi sebab yang paling fatal. Bila benar keputusan kalian untuk menikah berdasar atas tuntutan, tentu rumah tangga yang kamu jalani selama ini bakal terasa dipaksakan.

Memang, orang-orang zaman dahulu bisa membangun rumah tangga yang bahagia meskipun awalnya dijodohkan orangtuanya. Tapi berbeda dengan sekarang. Banyak faktor yang membuat perjodohan tidak lagi sesuai untuk para pasangan zaman now. Setuju gak?

Setelah tahu penyebab rumah tangga kalian terasa tawar, ada baiknya kamu komunikasikan dulu dengan pasanganmu. Jangan gegabah mengambil keputusan. Siapa tahu setelah berkompromi, hubungan kalian bisa kembali hangat seperti dulu lagi. Semoga membantu ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Suami Saat Istri Menyusui, Ia Pasti Senang!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya