Comscore Tracker

5 Akibat Buruk Ini Bakal Menimpamu Kalau Gak Juga Move On dari Mantan

Bisa mengganggu masa depanmu, lho!

Tiap orang butuh jangka waktu yang gak sama untuk bisa benar-benar move on dari mantan kekasihnya. Ada yang dalam hitungan hari sudah benar-benar happy lagi, sementara ada pula yang betah galau hingga berbulan-bulan lamanya.

Bila kamu termasuk tipe yang kedua, sadarlah kalau keputusanmu untuk terjebak dengan masa lalu itu sama sekali gak ada untungnya.

Sebaliknya, justru dampak negatif sedang menunggumu di depan sana. Gak percaya? Berikut 5 di antara banyak efek buruk gagal move on dari masa lalu.

1. Waktumu akan tersita untuk memikirkan dia

5 Akibat Buruk Ini Bakal Menimpamu Kalau Gak Juga Move On dari Mantanunsplash/ Joanna Nix

Belum bisa beralih dari masa lalu, otomatis membuatmu terus saja memikirkan mantan. Padahal bisa saja saat ini dia sudah bahagia bersama orang lain. Sementara kamu masih saja terkurung dengan kenangan bersamanya dulu. Selain membuat pikiranmu lelah, sikap seperti itu hanya akan buang-buang waktu saja, lho. 

2. Hari-harimu akan diteror dengan rasa cemas

5 Akibat Buruk Ini Bakal Menimpamu Kalau Gak Juga Move On dari Mantanunsplash/ Anthony Tran

Masih menganggap mantan sebagai orang spesial di hati, hanya akan membuatmu diselimuti kecemasan setiap hari. Apalagi ketika tahu saat ini dia sedang dekat dengan orang lain. Kamu takut jika cepat atau lambat mereka bakal jadian.

Makin hilang kesempatanmu untuk balikan sama dia. Padahal daripada mengharapkan cintanya lagi, mending kamu buka lembaran cerita baru dengan yang lain. Iya, gak?

Baca Juga: 5 Tips Move On Bagi Kamu yang Masih Terbayang Sama Mantan

3. Kamu gak akan merasa benar-benar bahagia

5 Akibat Buruk Ini Bakal Menimpamu Kalau Gak Juga Move On dari Mantanunsplash/ Riccardo Mion

Pikirkan deh, apakah sejauh ini kamu bahagia? Buatmu bisa mengenang dia dan segala momen saat kalian bersama dulu, sudah cukup jadi penawar rindumu. Padahal kenyataannya kamu belum benar-benar bahagia. Karena apa yang kamu inginkan, yakni dia gak juga kembali ke pelukanmu.

Meskipun kamu di kelilingi oleh teman-teman yang membawa energi positif, tetap saja jika gak dari dirimu sendiri, kebahagiaan itu gak bakal benar-benar kamu rasakan.

4. Tentu saja jodoh bakal semakin sulit kamu temukan

5 Akibat Buruk Ini Bakal Menimpamu Kalau Gak Juga Move On dari Mantanunsplash/ Cristian Newman

Jika kamu masih saja menengok ke masa lalu, sudah pasti masa depan gak bakal kamu tuju. Terutama soal jodoh. Mana bisa mendapatkan yang lebih baik, jika kamu sendiri gak mau membuka hati. Bisa saja di luar sana ada seseorang yang jauh lebih baik darinya, tengah menunggu tanganmu terbuka.

Tapi karena masih saja sibuk meratapi mantan, kamu jadi gak bisa merasakan keberadaannya. Gak heran sih, kalau sampai sekarang kamu masih saja betah melajang.

5. Tanpa sadar kamu hanya sedang "berjalan di tempat" dan tak menghasilkan apa-apa

5 Akibat Buruk Ini Bakal Menimpamu Kalau Gak Juga Move On dari Mantanunsplash/ Mag Pole

Seperti yang sudah dibahas di awal tadi, galau karena masih gagal move on hanya akan menghabiskan waktumu dengan sia-sia. Kamu jadi tidak fokus dengan tanggung jawab yang mesti diselesaikan. Alhasil sejauh ini kamu gak beranjak ke mana-mana, alias jalan di tempat.

Contohnya kamu mendapat tawaran pekerjaan di luar kota dengan gaji yang cukup menjanjikan dibanding penghasilanmu sekarang. Bukannya mengambil kesempatan emas itu, kamu justru menolaknya karena gak mau jauh dari mantan. 

Padahal kesempatan seperti itu belum tentu datang dua kali, lho. Bodoh sekali kamu melewatkannya begitu saja untuk perasaan yang gak pasti.

Sedih karena diputuskan orang tercinta memang wajar. Tapi larut dalam kesedihan juga gak akan menghasilkan apa-apa. Your life must go on. Jangan jadikan patah hati itu sebagai batu penghalang, justru kamu harus semakin kuat dan tunjukkan padanya, kamu bisa lebih sukses tanpa adanya dia. 

Baca Juga: 7 Tanda Mantan Gak Mau Balikan Lagi Sama Kamu, Mending Move On Deh!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You