Comscore Tracker

Jarang Disadari, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mudah Bosan Ketika Pacaran

Wajar sih kalau putus nyambung

Biasanya orang mulai merasa bosan dengan hubungan asmaranya ketika sudah memasuki usia lebih dari dua tahun. Akan tetapi, ada juga tipe orang yang sudah merasa jenuh meskipun usia pacarannya masih seumur jagung. Alhasil, dia memilih untuk putus kemudian berusaha mencari pasangan dan memulai hubungan yang baru lagi.

Meskipun sudah berganti kekasih, ternyata rasa bosan itu terus saja berulang. Sehingga tiap kali pacaran, gak pernah bertahan hingga tahunan. 

Nah, kalau kamu sendiri sering mengalami situasi serupa mungkin ada baiknya untuk sejenak introspeksi diri. Sebab bisa jadi, enam hal berikut jadi alasan kenapa kamu kerap kali mudah bosan saat menjalin hubungan asmara. 

1. Terlalu buru-buru menyimpulkan perasaan sebagai cinta

Jarang Disadari, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mudah Bosan Ketika Pacaranpexels/Andrea Piacquadio

Begitu dekat dengan seseorang dan merasa nyaman, kamu selalu menyimpulkan perasaan tersebut adalah cinta. Padahal bisa saja itu hanya sekadar rasa suka. Perlu kamu tahu kalau yang namanya suka dan cinta adalah dua perasaan yang berbeda. Kamu bisa dengan mudah menyukai seseorang, tapi belum tentu mampu mencintainya. Apalagi menerima dia sepaket dengan kekurangan serta kelebihannya. 

Kebiasaan mudah menyimpulkan cinta inilah yang sering kali membuatmu terjebak dalam sebuah hubungan yang salah. Mungkin yang dia rasakan ke kamu benar-benar cinta, tapi ternyata kamu gak memiliki perasaan yang sama. 

2. Mencari pasangan berdasarkan penampilan fisik semata

Jarang Disadari, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mudah Bosan Ketika Pacaranpexels/Orione Conceição

Naksir seseorang karena menurutmu dia punya tampilan fisik yang rupawan memang gak salah. Sebab bagaimana pun juga, pertama kali kamu akan menilai dia dari apa yang terlihat oleh mata. Namun jika penampilan fisik jadi syarat utama mencari pasangan, itu baru keliru.

Bukannya tampilan fisik tidak penting, tapi jangan lupa ada yang lebih penting lagi dari sekedar cantik atau tampan saja. Yakni kepribadiannya. Percuma punya kekasih tampan tapi suka main tangan. Maka gak heran, kalau kamu mudah bosan dan kepincut sama orang lain yang lebih menarik secara fisik dari pacarmu. 

3. Percaya sepenuhnya pada cinta pandangan pertama

Jarang Disadari, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mudah Bosan Ketika Pacaranpexels/Andrea Piacquadio

Apakah kamu percaya akan adanya cinta pada pandangan pertama? Meskipun ada, tapi mayoritas cinta pandangan pertama lebih kepada ketertarikan fisik terhadap lawan jenis semata. Makanya jangan menjadikan itu sebagai acuan dalam mencari pasangan, ya. Seperti setiap lihat yang menarik, kamu langsung bilang,

"Aku jatuh cinta saat pertama kali melihatmu." 

Jika kamu terus bersikap demikian, gak heran kalau pada akhirnya akan mudah bosan. Kembali lagi, ini disebabkan karena kamu sebatas menyukai dia dari apa yang kelihatan saja, bukan dari dalam dirinya.

Baca Juga: 5 Tanda Penting Kamu Sudah Matang untuk Pacaran yang Serius

4. Menganggap pacaran tidak perlu dijalani dengan serius

Jarang Disadari, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mudah Bosan Ketika Pacaranpexels/mentatdgt

Sampai sekarang kamu masih menganggap pacaran tidak perlu dijalani dengan serius, sebab gak ada ikatan hukum layaknya pernikahan. Memang benar, pacaran belum bisa dikatakan sebagai hubungan yang serius, tapi bukan berarti kamu bisa menjalaninya dengan seenaknya sendiri.

Pikirkan pula perasaan pacarmu. Kalau hanya sekadar buat main-main, lebih baik jangan punya pacar dulu. Pacaran bukan seperti permainan, saat bosan dan lelah kemudian bisa ditinggalkan begitu saja. 

5. Menaruh harapan berlebihan pada pasangan

Jarang Disadari, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mudah Bosan Ketika Pacaranpexels/Tobias Aeppli

Tidak masalah bila kamu mempunyai harapan pada pasanganmu. Misalnya, ingin menikah setelah kalian sama-sama lulus kuliah dan bekerja. Selama harapan itu masih bisa diusahakan, gak akan jadi masalah. Namun, jika kamu terlalu berharap berlebihan pacarmu bisa memenuhi keinginanmu diluar kemampuannya, itu baru salah besar. 

Pada akhirnya, ketika harapan itu tidak dapat dia penuhi, kamu jadi kecewa sendiri dan meninggalkan dia begitu saja. Kalau dipikir-pikir lagi, siapa nih yang salah? Kamu atau dia?

6. Tujuanmu punya pacar hanya sekadar mencari kebahagiaan

Jarang Disadari, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mudah Bosan Ketika Pacaranpexels/Viacheslav Stopkevich

Saat masih jomblo, kamu bermimpi ketika punya pacar nanti hidupmu akan lebih berwarna dan bahagia. Memang itu tidak sepenuhnya salah, tapi jangan lupa bahwa gak selamanya pacaran itu hanya membawa suka cita saja. Ada kalanya kalian harus diuji dengan datangnya masalah. Mulai dari yang sepele sampai terhitung serius, seperti tidak mendapatkan restu dari orangtua. 

Ketika ujian itu datang, kamu gak boleh menghindar dan harus mau menyelesaikannya. Jangan hanya ingin bersenang-senang saja, giliran kesusahan kamu malah lepas tangan. 

Itu tadi enam alasan kenapa kamu bisa lekas bosan tiap kali berpacaran. Gimana, apakah keenam alasan di atas sejalan dengan kondisimu saat ini? 

Baca Juga: 5 Duka yang Sering Dialami Olehmu saat Usia Pacaran Sudah 7 Tahun

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya