Comscore Tracker

5 Alasan Kamu yang Sekarang Kesulitan untuk Jatuh Cinta, be Aware!

#IDNTimesLife Trauma masa lalu bisa jadi alasannya

Lama sendiri kadang membuatmu berpikir untuk mencari pacar lagi. Apalagi, di antara teman-teman yang lain hanya kamu yang masih betah menjomblo. Tapi sayangnya, meskipun sudah beberapa kali mencari pendamping masih saja perasaan suka itu sulit muncul. Entah mengapa kamu jadi susah jatuh cinta.

Pasti ada asap kalau ada api, kan? Tentu saja ada sebabnya kenapa, kok kamu berasa sulit mencintai seseorang lagi. Mungkin saja lima alasan di bawah ini yang jadi penyebabnya. Yuk, cek satu per satu. Siapa tahu salah satunya sama seperti yang kamu alami sekarang. 

1. Menganggap semua lawan jenis itu sama saja

5 Alasan Kamu yang Sekarang Kesulitan untuk Jatuh Cinta, be Aware!Pexels.com/cottonbro

Ada kejadian masa lalu yang ternyata membekas di hatimu. Seperti ketika kamu pernah disakiti oleh mantan pacarmu. Sadar atau gak itu menyebabkan trauma tersendiri dan membuatmu takut memulai hubungan baru lagi. Bagimu, semua cowok atau cewek itu sama buruknya. Jadi untuk apa capek-capek mencintai seseorang kalau pada akhirnya kamu akan ditinggalkan. 

Ya, memang gak bisa disalahkan juga, sih. Wajar kamu sulit memberi kepercayaan ke orang lain soal urusan percintaan, kalau masih punya trauma begitu. Tapi ingat, ini gak bisa disepelekan. Cepat atau lambat kamu juga butuh mencari pasangan. Gak semua pria atau perempuan sama seperti mantanmu itu, kok. Pasti suatu saat nanti kamu juga bakal menemukan seseorang yang bisa mencintaimu dengan tulus.  

2. Sebenarnya kamu masih punya rasa ke mantan, cuma gak berani mengakui saja

5 Alasan Kamu yang Sekarang Kesulitan untuk Jatuh Cinta, be Aware!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Belum berdamai dengan masa lalu juga bisa menyebabkan kamu sulit jatuh cinta. Coba, deh jujur dulu sama dirimu sendiri. Apakah sekarang kamu sudah gak memiliki perasaan apa pun ke mantan? Siapa tahu, nih diam-diam kamu masih sering kepo sama kondisinya yang sekarang. Melihat mantan punya pacar baru juga membuat hatimu kepanasan. 

Nah, kalau kamu saja masih terjebak nostalgia begitu mana bisa menata masa depan dengan benar? Layak jika kamu sulit jatuh cinta. Sebab di dalam hatimu masih ditempati oleh mantan. Gak mungkin, dong ada orang lain yang bisa mengeser kalau bukan kamu yang mengizinkannya masuk.

3. Merasa rendah diri dan gak pantas dicintai karena gak sehebat teman-teman yang lain

5 Alasan Kamu yang Sekarang Kesulitan untuk Jatuh Cinta, be Aware!Pexels.com/Helena Lopes

Perasaan insecure ternyata juga bisa berpengaruh pada kondisi asmaramu, lho. Melihat teman-temanmu memiliki wajah yang rupawan dan ekonominya yang mapan, membuatmu merasa minder. Kamu menganggap wajar kalau mereka sering gonta-ganti pacar dan mudah menaklukkan gebetan. Bukan sepertimu yang mau ajak jalan cewek saja ragu-ragu. 

Bagimu yang punya tampang pas-pasan dan ekonomi yang masih apa adanya, wajar kalau susah jatuh cinta. Bukannya gak mau, tapi rasa insecure itu, tuh yang menahanmu untuk tetap jalan di tempat. Ayo, PD aja kali setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kok. 

Baca Juga: 5 Penjelasan Medis dan Psikologis tentang Jatuh Cinta dan Asmara

4. Fokusmu sekarang bukan untuk cari pasangan tapi meraih cita-cita

5 Alasan Kamu yang Sekarang Kesulitan untuk Jatuh Cinta, be Aware!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Mungkin kamu punya alasan tersendiri, kenapa kok selama dekat dengan lawan jenis gak bisa benar-benar mau diajak serius. Itu karena saat ini fokusmu bukan mencari pasangan tapi menata masa depan. Ada cita-cita yang perlu kamu capai. Makanya secara gak sadar kamu menolak tiap kali ada wanita yang mendekat dan punya maksud lebih. 

Coba nanti ketika keinginanmu sudah terpenuhi, pasti hatimu akan terbuka dengan sendirinya, kok. Justru ini bagus, karena kamu bisa fokus dengan satu hal dulu. Bayangkan jika dipaksakan pacaran, bisa jadi kamu jadi kesulitan membagi waktu. Antara pacar atau masa depan. 

5. Kriteria pasangan idamanmu gak lagi sama seperti yang dulu dan ternyata gak gampang menemukan yang klik di hati

5 Alasan Kamu yang Sekarang Kesulitan untuk Jatuh Cinta, be Aware!Pexels.com/cottonbro

Semakin bertambahnya usia tanpa sadar selera kekasihmu idamanmu pun bisa berubah. Misalnya dulu kamu melihat lawan jenis secara fisiknya saja, sekarang gak lagi demikian. Bagimu kecantikan atau kegantengan itu bukan yang nomor satu. Terpenting adalah sikap dan pemikirannya. Apakah kalian cocok atau gak. 

Nah, dan ternyata menemukan pasangan yang sepadan itu gak mudah. Kamu gak bisa lagi asal pilih seperti dulu. Harus menjalani masa PDKT yang cukup lama sampai bisa yakin dia adalah pilihan yang paling tepat. 

Perasaan cinta itu gak bisa dijadwal kapan datangnya. Jika memang sekarang kamu sulit mengalami jatuh cinta, ya jangan dipaksakan. Setiap orang punya ketepatan waktunya masing-masing, kok. Santai saja. So, di antara kelima alasan di atas mana, nih yang paling cocok dengan kondisimu sekarang? 

Baca Juga: 5 Momen Jatuh Cinta yang Bakal Dialami sebelum Bertemu Cinta Sejati

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya