Comscore Tracker

5 Cara Elegan Menolak Seseorang yang Gak Kamu Cintai, Jangan Arogan!

#IDNTimesLife Tetap hargai niat baiknya

Mendapat pernyataan cinta dari seseorang belum tentu membuat hatimu senang, kan? Bagaimana tidak, jika orang yang bilang 'I love you' itu, bukan doi yang kamu taksir selama ini. Tentu saja kamu ingin segera mengusirnya pergi dari hidupmu, dong. Tapi tindakan seperti itu terbilang arogan dan kurang sopan, lho. 

Masih ada jalan lain yang lebih manusiawi sekali pun kamu gak punya perasaan apa-apa ke doi. Seperti kelima cara elegan untuk menolak seseorang di bawah ini. Yuk praktikkan, supaya ke depannya kalian gak jadi bermusuhan gara-gara dia sakit hati sama sikapmu. 

1. Beri dia kesempatan untuk saling mengenal terlebih dahulu

5 Cara Elegan Menolak Seseorang yang Gak Kamu Cintai, Jangan Arogan!Ilustrasi mengobrol santai (pexels.com/Alex Green)

Begitu tahu doi mendekatimu karena ada maksud tertentu, jangan langsung tutup pintu, ya! Setidaknya beri dia kesempatan untuk saling mengenal dulu. Siapa tahu, begitu kalian mulai dekat kamu bisa berubah pikiran. Cowok yang tadinya kelihatan gak serius dan cuma main-main, ternyata adalah sosok yang tulus dan romantis. 

Nah, lho untung belum keburu bilang tidak. Bisa-bisa kamu menyesal lagi telah melepaskan cowok sebaik ini. 

2. Jika tetap tidak ada kecocokan langsung bilang terus terang, ya!

5 Cara Elegan Menolak Seseorang yang Gak Kamu Cintai, Jangan Arogan!Ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/Uriel Mont)

Sebaliknya, bila setelah melakoni proses PDKT kamu tidak juga menemukan klik dengannya, lebih baik bicara terus terang. Gak boleh langsung menghilang tiba-tiba tanpa peringatan, alias ghosting, ya! Katakan padanya bahwa kamu tidak bisa membalas perasaan cinta darinya. Karena gak mau memberi harapan palsu, kamu menawarkan doi untuk menyerah saja. 

Harusnya dia bisa menerima keputusanmu ini dengan bijak. Bukannya tetap kekeh mengejarmu sampai dapat. Kalau benar begitu kejadiannya, baru kamu bisa bertindak lebih keras. 

3. Jangan menjanjikan hal yang tidak pasti, nanti ujung-ujungnya jadi PHP

5 Cara Elegan Menolak Seseorang yang Gak Kamu Cintai, Jangan Arogan!Ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/Monstera)

Karena ada rasa sungkan begitu menolak doi, alhasil kamu jadi bicara sembarangan dan memberinya harapan palsu. Seperti mengatakan bahwa bila kalian berjodoh, pasti suatu saat bisa jadian, kok. Nah, kalau memang jodoh, ya gak usah menunggu nanti-nanti, dong! Sekarang pun kalian bisa langsung pacaran, kok. 

Mau dibilang sebagai orang yang suka kasih harapan palsu? Lebih baik bicara terus terang kalau sampai kapan pun kamu gak bisa menerima dia lebih dari sekadar teman. Ketimbang sok memberikan penghiburan tapi ujung-ujungnya bohong. 

Baca Juga: 5 Cara Sopan Menolak Seseorang Tanpa Harus Ghosting, Gak Sakit Hati

4. Tidak perlu sampai menutup akses komunikasi di antara kalian segala, selama doi masih tahu batasan

5 Cara Elegan Menolak Seseorang yang Gak Kamu Cintai, Jangan Arogan!Ilustrasi orang mengecek ponsel (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Begitu sukses menolak cinta doi, kamu langsung buru-buru memblokir nomor dan akun media sosialnya. Alasannya, sih supaya kalian gak perlu berkomunikasi lagi. Wah, ini namanya keterlaluan, lho. Karena sebenarnya kamu gak perlu bertindak sampai sejauh itu, kok. Bayangkan bagaimana perasaannya begitu tahu nomor teleponnya diblokir olehmu. 

Selama doi gak mengganggumu dan tahu batasan dalam menyikapi keputusan final ini, rasanya gak usah sampai memutus silaturahmi segala, deh. Kalian masih bisa bertukar kabar sekali waktu. Siapa tahu, dari mantan gebetan malah berlanjut jadi sahabatan. 

5. Kalau bisa, kejadian penolakan ini cukup kalian berdua saja yang tahu

5 Cara Elegan Menolak Seseorang yang Gak Kamu Cintai, Jangan Arogan!Ilustrasi orang bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Sudah ditolak padahal belum sempat nembak, bisa jadi pukulan telak baginya. Tentu ada rasa malu di benaknya saat ini. Makanya, ada baiknya kamu tetap bungkam dan menjadikan hal ini sebagai rahasia kalian berdua saja. Gak perlu diumbar ke teman-temanmu segala. Bahwa kamu baru saja menolak cowok yang selama ini naksir padamu. 

Kalau misalnya doi yang membeberkan kejadian ini gimana, dong? Ya, itu urusan dia. Paling penting bukan kamu yang mulai membocorkannya.

Menolak cinta seseorang padahal dia mengaku sudah naksir kamu sejak lama, bukanlah tindakan yang jahat, kok. Asalkan itu dilakukan dengan cara elegan, bukannya bersama niat untuk mempermalukannya. Ingat, apa yang kamu tabur itu pula yang bakal dituai.

Siapa tahu, suatu saat gantian kamu yang mengalami cinta bertepuk sebelah tangan. Bayangkan, jika dia yang kamu cintai menolakmu dengan cara yang kasar. Pasti bakal bikin sedih sekaligus sakit hati, kan? 

Baca Juga: 5 Cara Menolak Cinta Tanpa Harus Ghosting, Wajib Tahu!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya