Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Membuktikan Mental Pacarmu Belum Matang

Gak ada salahnya ditegur, kok!

Seiring bertambahnya umur, seharusnya kedewasaan seseorang juga akan meningkat. Ya, setidaknya ketika menemui masalah dia gak lagi keras kepala dan bisa berpikiran tenang. Tapi sayangnya, ini gak terjadi pada pacarmu. Meskipun usia hubungan kalian sudah memasuki tahun ke tiga, nyatanya doi sama sekali gak berubah, tuh.  

Tiap kali ada masalah, kok rasa-rasanya cuma kamu yang kerepotan dan pusing cari solusinya, ya. Jangan-jangan dugaanmu benar, bahwa si dia masih punya sifat kenakak-kanakan. Bisa dilihat dari caranya menghadapi masalah. Kalau kelima cara berikut ini kerap ditunjukkannya, maka benar doi belum matang secara mental. 

1. Mengedepankan emosi ketimbang mencoba bicara baik-baik denganmu

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Membuktikan Mental Pacarmu Belum MatangIlustrasi marah sama pacar (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Orang yang mentalnya belum dewasa pasti bakal menghadapi masalah dengan cara yang tergesa-gesa. Yakni mengedepankan otot ketimbang pikiran. Jadi jangan heran, kalau doi selalu mengajak ribut tiap kali kalian ada masalah. Padahal persoalannya gak rumit-rumit amat, lho. Ketimbang marah-marah, lebih baik bicara empat mata dengan kepala dingin, kan? Supaya cepat memperoleh solusi. 

2. Alih-alih introspeksi diri, dia malah sibuk mencari-cari kesalahanmu

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Membuktikan Mental Pacarmu Belum MatangIlustrasi bertengkar sama pacar (pexels.com/Keira Burton)

Pacarmu ini suka banget mencari-cari kesalahan. Pokoknya kalau timbul masalah, itu semua pasti bersumber darimu. Sedangkan dia sendiri enggan instrospkesi diri. Siapa tahu, nih awal mula prahara ini terjadi akibat kelalaiannya. Pokoknya sepanjang perdebatan doi selalu menuding kekuranganmu, deh. Bahkan sempat beberapa kali mengarang cerita demi membuatmu merasa bersalah. 

3. Suka menghilang tiba-tiba ketika ada masalah bukannya mencari solusi bersama

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Membuktikan Mental Pacarmu Belum MatangIlustrasi orang mengecek HP (pexels.com/Andrea Piacquadi)

Belum juga kelar masalahnya, eh doi main menghilang saja seenaknya. Tiba-tiba gak bisa dihubungi berhari-hari adalah cara dia menghadapi masalah selama ini. Awalnya, sih kamu masih mau mengalah dan menganggap persoalan itu sudah rampung. Tapi begitu dibiarkan, kok doi malah ketagihan dan selalu melancarkan cara yang sama, ya? Nah, lho mending tegur, deh mulai sekarang. 

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Terapis Kesehatan Mental yang Tepat

4. Enggan meminta maaf meskipun sudah jelas dia yang salah

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Membuktikan Mental Pacarmu Belum MatangIlustrasi perang dingin (pexels.com/Klaus Nielsen)

Pernah gak sekali saja doi minta maaf atas kesalahannya? Pasti jawabannya adalah tidak. Padahal sudah jelas dia yang salah, bukti-buktinya pun valid gak bisa didebatkan lagi. Eh, masih saja menghindar dan gak mau mengakui. Mau sampai kapan kamu bersabar terus? Mending bicara terus terang, kalau tindakannya ini gak dewasa dan bikin hubungan kalian kurang nyaman dijalaninya. 

5. Jangan harap ini jadi kali terakhir, kesalahan serupa pasti akan dia ulangi lagi

5 Cara Menghadapi Masalah Ini Membuktikan Mental Pacarmu Belum MatangIlustrasi kesal sama pacar (pexels.com/RODNAE Productions)

Masalah yang sama pasti terus terulang, jika mental pacarmu belum sepenuhnya matang. Gimana mau belajar dari kesalahan supaya gak jatuh di lubang yang sama, kalau mengakui perbuatannya saja tidak mau. Cepat atau lambat, kalian bakal mengalami masalah serupa. Dan lagi-lagi kekasihmu memilih 'cuci tangan', menghindar dari tanggung jawab dan gak mau bilang maaf. Mau sampai kapan begini terus, memangnya kamu gak capek? 

Dalam sebuah hubungan asmara harus ada kata saling. Tak hanya saling mencintai saja yang penting, tapi juga saling membantu dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah. Jika memang ada indikasi pacarmu belum matang secara mental, ada baiknya ditegur. Tentu kamu paham bagaimana cara mengingatkan doi supaya tidak tersinggung. Toh, ini dilakukan demi kebaikan hubungan kalian juga, kan? 

Baca Juga: Dalam Memandang Cinta, 7 Perbedaan Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya