Comscore Tracker

Walau Sulit, Ini 5 Cara Minta Maaf ke Pacar Setelah Ketahuan Selingkuh

#IDNTimesLife Lakukan dengan tulus

Perselingkuhan merupakan bentuk kesalahan yang tak termaafkan. Tidak hanya melukai perasaan pasangan saja, dengan melakukannya kamu otomatis membuktikan diri sebagai sosok yang tidak setia. Wajar jika pacarmu berat memberikan maaf begitu saja, saat mengetahui diam-diam selama ini kamu telah menduakannya. 

Akan tetapi, meskipun bakal sulit kamu tetap harus mohon ampun kepadanya. Bukan apa-apa, percayalah dengan minta maaf rasa bersalah dan penyesalanmu bakal sedikit berkurang. Mungkin kamu bisa mencoba lima cara di bawah ini. Siapa tahu, masih ada harapan bagi hubungan kalian. Kalaupun gak, setidaknya kamu sudah menunjukkan penyesalan yang mendalam kepadanya. 

1. Gak perlu membela diri ketika dia menumpahkan segala kekecewaannya padamu

Walau Sulit, Ini 5 Cara Minta Maaf ke Pacar Setelah Ketahuan Selingkuhpexels.com/Alex Green

Reaksi pertama yang ditunjukkan pacarmu tentu saja marah. Rasa sakit karena dikhianati membuatnya ingin menumpahkan segala kekecewaannya padamu. Mungkin kamu bakal dicaci-maki bahkan diberi sumpah serapah yang menyakitkan batinmu. Tapi cobalah untuk tetap diam dan gak membela diri. 

Sebab apa pun alasan yang kamu ingin sampaikan, tetap gak bisa digunakan untuk membenarkan tindakanmu itu. Apalagi posisinya kekasihmu sedang diselimuti amarah. Percuma kamu membuka mulut, yang ada situasinya akan semakin memanas. Untuk saat ini baiknya kamu bersikap pasif dan menerima segala kekesalannya dengan ikhlas.

2. Akui semua kesalahan dan jelaskan alasanmu tega melakukan perselingkuhan ini

Walau Sulit, Ini 5 Cara Minta Maaf ke Pacar Setelah Ketahuan Selingkuhpexels.com/Alex Green

Begitu suasana mulai dingin, saatnya kamu bicara. Sampaikan ke dia kalau kamu benar-benar menyesal atas apa yang terlanjur terjadi. Seandainya mesin waktu itu benar-benar nyata, kamu ingin kembali ke masa lalu dan mencegah kekacauan itu. Sampaikan pula alasanmu sampai tega berselingkuh darinya. 

Mungkin karena saat itu kalian sedang bertengkar atau selama ini kamu merasa kurang diperhatikan olehnya. Tapi ingat, cukup sampaikan alasanmu saja tidak perlu menggunakannya untuk membela diri. Karena sekali lagi, perselingkuhan apa pun itu alasannya tetap gak bisa dimaklumi.

3. Jangan memaksanya untuk memberimu kesempatan kedua. Biar dia yang menentukan bagaimana akhir hubungan kalian

Walau Sulit, Ini 5 Cara Minta Maaf ke Pacar Setelah Ketahuan Selingkuhpexels.com/Pixabay

Memang kamu menemuinya untuk meminta maaf dan mengaku salah, tapi bukan berarti ingin mendapatkan kesempatan kedua darinya. Gak mudah membangun kembali hubungan yang telah hancur. Tentu dia juga gak akan bisa memercayaimu seperti dulu. Memintanya untuk mencoba pacaran lagi, adalah tindakan yang egois. 

Sengaja atau gak, kamu sudah menorehkan luka di dalam hatinya. Gak ada jaminan rasa sakitnya akan sembuh dengan kehadiranmu di sisinya. Bisa jadi, sebaliknya. Karena terus berada di sampingmu, dia jadi teringat dosa di masa lalu dan pada akhirnya sulit menata hidupnya kembali.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Tergoda untuk Selingkuh

4. Kalau dia memilih putus, tunjukkan kamu menerima keputusan itu dengan lapang dada

Walau Sulit, Ini 5 Cara Minta Maaf ke Pacar Setelah Ketahuan Selingkuhpexels.com/Vera Arsic

Bagitu kedokmu terbongkar kamu harus siap dengan segala risikonya. Terutama ketika kamu mesti kehilangan dia. Adalah haknya, memutuskan untuk berpisah denganmu. Toh, kamu juga yang memulai segala kekacauan ini. Memang jauh di lubuk hati yang terdalam kamu masih ingin memperbaiki hubungan kalian. Tapi gak dengannya. 

Mungkin saja, saat ini dia merasa gak punya energi untuk jalan lagi denganmu. Dia khawatir gak dapat mencintaimu seperti dulu dan akan terus dibayang-bayangi perselingkuhan bodoh ini. Makanya, tunjukkan ke dia kamu menghormati keputusannya. Jangan mempersulit posisinya dengan meminta untuk memikirkan ulang jawabannya itu. 

5. Sedangkan ketika dia mau memberimu kesempatan kedua, jangan ditolak dan berusahalah memperbaiki sikapmu padanya

Walau Sulit, Ini 5 Cara Minta Maaf ke Pacar Setelah Ketahuan Selingkuhpexels.com/Katerina Holmes

Gak menutup kemungkinan, kalau ternyata pacarmu cukup berani dengan mengambil keputusan gak terduga. Ya, dengan memilih memberimu kesempatan sekali lagi. Jangan ditolak, karena itu bakal melukai perasaannya. Tentu dia mempunyai pertimbangan yang matang sebelum mengatakannya padamu. 

Daripada mencari tahu alasan di balik kemurahan hatinya ini, lebih baik tunjukkan kalau keputusannya itu tidak keliru. Yakni dengan cara membuktikan kamu benar-benar mau berubah. Jangan sampai kali ini kamu salah langkah lagi dan mengulang kesalahan yang sama. Sebab jika itu terjadi, tidak hanya dia yang kecewa, kamu juga bakal menyesal seumur hidupmu. 

Kesalahan yang telah terjadi memang gak bisa dicegah lagi. Tapi kamu bisa membuat keadaan menjadi lebih baik dengan meminta maaf, kan? Gak ada salahnya dicoba, kok. Terpenting niatmu itu tulus. Perkara permintaan maafmu diterima atau justru diabaikan olehnya, itu perkara nanti. Gimana, siap untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf? Semoga bisa membantu, ya!

Baca Juga: 5 Risiko yang Akan Kamu Terima saat Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya