Comscore Tracker

5 Cara Santuy Hadapi Pacar yang Gampang Curiga, Mesti Sabar!

Sering ajak dia berkegiatan bersamamu

Sebagai manusia biasa pacarmu pasti juga punya kekurangan, dong. Misalnya, doi ternyata orangnya gampang curiga. Kamu gak angkat telepon saja dituduh lagi jalan sama yang lain. Padahal memang belum bangun tidur, makanya gak dengar ada panggilan masuk. Terkadang sifatnya ini bikin jengkel juga, sih. Makanya sekali-kali kamu ingin melawannya. Biar doi kapok dan gak mengulanginya lagi.

Tenang, gak semua hal harus diselesaikan dengan cara kekerasan, kok. Kamu bisa menghadapinya dengan santai, tapi tetap ampuh memperbaiki sikap kurang baik doi yang satu ini. Nah, coba gunakan kelima cara berikut. Siapa tahu, dengan melakukannya, pacarmu bisa sedikit berubah dan gak gampang curiga lagi.

1. Tanyakan hal apa yang membuatnya jadi curiga terus sama kamu

5 Cara Santuy Hadapi Pacar yang Gampang Curiga, Mesti Sabar!ilustrasi bertanya ke pacar (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ibarat akan memadamkan api, kamu harus tahu dulu sumbernya dari mana, dong. Maka dari itu, jangan malas untuk bertanya ke pacar apa sebenarnya yang membuat doi gampang curiga. Mungkin saja kecurigaan itu muncul akibat kamu yang jarang mengajaknya diskusi. Apa-apa dipikir sendiri. Jadi wajar, kalau pacar banyak nanya ini dan itu, seolah-olah gak percaya sama kamu. 

Kalau sudah tahu duduk permasalahannya begini, kan lebih enak. Kamu jadi bisa memperbaiki keadaan, dengan cara lebih terbuka lagi sama dia. Biar doi gak gampang curiga lagi. Ketika sumber masalahnya belum ketemu, kan kamu cuma bisa menduga-duga. Belum tentu perkiraanmu itu benar.

2. Usahakan untuk tetap membalas pesan dan mengangkat telepon darinya

5 Cara Santuy Hadapi Pacar yang Gampang Curiga, Mesti Sabar!ilustrasi nongkrong bareng (pexels.com/Afta Putta Gunawan)

Ketika lagi gak bersama pacar, jangan lantas mengabaikan dia begitu saja, ya. Tetap sempatkan waktu barang satu menit, untuk membalas pesan darinya. Memang terkadang kamu ingin bebas nongkrong sama teman tanpa diganggu olehnya. Tapi kalau langsung kamu bilang seperti itu, yang ada suasananya akan semakin panas.

Lebih baik katakan ke dia, bahwa saat ini kamu lagi gak bisa ditelepon karena sedang ngobrol sama teman-temanmu. Sebagai gantinya, kamu akan membalas pesan yang dia kirimkan. Meskipun gak bisa gercep, seperti biasanya. 

3. Jangan pernah pergi tanpa berpamitan, karena itu bisa bikin doi jadi overthinking

5 Cara Santuy Hadapi Pacar yang Gampang Curiga, Mesti Sabar!ilustrasi pria pegang HP (pexels.com/cottonbro)

Demi menghindari salah paham, gak ada salahnya untuk selalu memberi kabar ke doi, ketika akan pergi ke luar rumah. Apalagi kamu bakal pergi ke tempat yang jauh. Mending mengalah dengan kasih kabar dulu, deh. Daripada nanti pacarmu mencari-cari dan pada akhirnya marah-marah lagi. 

Bilang saja padanya, seharian ini kamu sibuk karena banyak agenda. Jadi mungkin nanti gak bisa menemaninya ngobrol di Whatsapp, apalagi terima telepon. Harusnya dia bisa maklum, sih. Kalau pun doi tetap bersikeras menuduhmu macam-macam, baru kamu boleh benar-benar mengabaikannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Cemburu Padahal Belum Ada Status Resmi, Bisa Kok!

4. Sekali-kali ajak dia berkegiatan bareng, supaya tahu apa saja yang kamu lakukan selama ini

5 Cara Santuy Hadapi Pacar yang Gampang Curiga, Mesti Sabar!ilustrasi kerja kantoran (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kalau pacarmu masih saja suka curiga, kini saatnya kamu ajak dia terlibat ke kegiatanmu sehari-hari. Bisa jadi, karena memang gak pernah ikut agenda rutinmu, doi gak punya bayangan, deh seharian itu kamu ngapain saja. Nah, setelah ikut terjun langsung, baru dia sadar kalau terkadang kamu gak ada kabar karena memang benar-benar sibuk.

Selain itu, momen ini juga bisa memperbaiki hubungan kalian yang sempat tegang gara-gara salah paham. Dia juga jadi merasakan sendiri capeknya pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Kalau perlu suruh doi menunggumu kerja di kantor. Biar dia lihat sendiri, siapa saja yang bertemu denganmu setiap harinya dan apa saja yang kalian obrolkan.

5. Kenalkan dia ke semua teman-teman dekatmu

5 Cara Santuy Hadapi Pacar yang Gampang Curiga, Mesti Sabar!ilustrasi double date (pexels.com/KoolShooters)

Terakhir, kamu perlu memperkenalkan si dia ke teman-temanmu. At least, pada mereka yang terbilang dekat denganmu. Ini penting dilakukan demi menghindari yang namanya rasa cemburu. Karena kalau sudah cemburu, biasanya orang akan gampang curiga sama pasangannya.

Lain cerita kalau dia sudah mengenal kawan-kawanmu secara personal. Tentu doi jadi bisa menilai sendiri, dong sejauh mana hubungan pertemanan kalian. Apakah mengarah ke perselingkuhan atau tidak.

Menghadapi pacar yang gampang curiga itu memang bikin kesal. Apalagi hampir semua kecurigaannya itu gak berdasar sama sekali. Alias gak ada bukti. Makanya, kamu tidak perlu terlalu ambil pusing. Tetap santuy saja sembari berusaha menyakinkannya pelan-pelan.

Jika memang kelima cara di atas gak berhasil, baru kamu boleh bersikap lebih tegas. Bahkan memilih putus darinya. Karena takutnya, nanti hubungan kalian akan mengarah ke toksik, nih.

Baca Juga: 5 Tanda Pasanganmu sedang Memendam Rasa Cemburu, Kamu Peka, Gak?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya