Comscore Tracker

5 Hal yang Patut Diusahakan supaya Kamu Gak Minder Lagi sama Pasangan

Buang jauh rasa insecure!

Seharusnya, mendapatkan kekasih yang rupawan, pintar, setia, baik hati serta mapan secara finansial membuatmu bangga sekaligus bahagia. Bahkan orang-orang di sekitarmu menilai, kalau kamu tuh beruntung banget bisa mendapatkannya. Namun, di balik rasa syukur tersebut, diam-diam posisimu sekarang justru membuat kamu minder sendiri. 

Perasaan kurang layak bersanding dengannya bikin kamu kurang percaya diri alias insecure. Padahal, pacarmu sendiri gak pernah memandangmu sebelah mata. Makanya, supaya ketakutan itu tidak berlanjut dan malah mengganggu keharmonisan hubungan kalian, sebaiknya kamu mulai memperbaiki diri.

Caranya bisa dengan melakukan lima hal berikut ini. Patut dicoba, agar kamu gak lagi merasa rendah diri. Yuk cek kelima poinnya di bawah ini. 

1. Jangan terlalu bucin, manfaatkan waktu luangmu untuk memperluas pengetahuan dan menambah prestasi

5 Hal yang Patut Diusahakan supaya Kamu Gak Minder Lagi sama Pasanganunsplash/Michael Liao

Alih-alih jadi bucin, lebih baik kamu manfaatkan waktu senggang untuk memperkaya pengetahuan dan kemampuanmu. Berduaan dengan pacar gak perlu setiap hari juga, kan. Tunjukkan ke dia dan orang-orang di sekitar kalian kalau kamu tuh sosok pribadi yang mandiri dan punya segudang prestasi.

Dengan begitu, gak ada alasan lagi nih, buatmu merasa rendah diri dan gak pantas menjadi kekasihnya. Justru sebaliknya, dia yang seharusnya bangga bisa memilikimu di sisinya. 

2. Jadikan hubungan kalian layaknya sebuah kompetisi sehat. Bersaing dalam hal yang positif dan saling mendukung

5 Hal yang Patut Diusahakan supaya Kamu Gak Minder Lagi sama Pasanganunsplash/Thought Catalog

Ketimbang terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan pacar dan pada akhirnya bikin minder, lebih baik kamu meningkatkan kualitas dirimu. Jadikan kelebihan dia sebagai motivasi untuk bisa mencapai posisi yang sama. Tanamkan prinsip, kalau dia mampu kamu pun juga bisa melakukan hal serupa.

Selain itu, biasakan untuk mendukung satu sama lain. Memberi dukungan dapat membuat kalian dijauhkan dari perasaan saling iri pada pasangan. 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Mendukung Sahabat untuk Melepaskan Hubungan Toxic

3. Kalau kamu merasa secara fisik kurang maksimal, ya perbaiki! Tapi bukan demi dia melainkan dirimu sendiri

5 Hal yang Patut Diusahakan supaya Kamu Gak Minder Lagi sama Pasanganunsplash/Alex Shaw

Salah satu hal yang sering membuat seseorang rendah diri adalah tampilan fisik yang menurutnya kurang sempurna. Apalagi jika pacarmu yang sekarang begitu rupawan dan menjadi primadona bagi banyak orang. Makin minder deh tuh.

Tapi, daripada terpuruk dengan perasaan tidak nyaman tersebut, lebih baik mulai perbaiki masalahnya. Kalau memang kamu gak percaya diri dengan bentuk tubuhmu, ya olahraga saja. Lakukan perawatan supaya tidak insecure lagi. 

Tapi ingat, lakukan itu semua demi dirimu sendiri supaya lebih percaya diri, bukan untuk menyenangkan pacar apalagi orang lain. 

4. Berikan kebebasan dan kepercayaan penuh, selama dia melakukan kegiatan yang positif

5 Hal yang Patut Diusahakan supaya Kamu Gak Minder Lagi sama Pasanganunsplash/Radu Florin

Terlalu mengekang pacar juga jadi awal dari perasaan kurang percaya diri. Kamu merasa was-was jika dia jauh dari pantauanmu. Sebab kamu merasa kekasihmu ini akan gampang berpaling, karena banyak wanita yang lebih cantik darimu di luar sana.

Sementara bila kamu bisa lebih percaya diri dan memberinya kelonggaran, maka perasaanmu bisa lebih tenang. Selama dia melakukan kegiatan yang positif, gak ada alasan untuk melarang. Soal dia akan jatuh ke pelukan cewek lain juga gak membuatmu khawatir, karena kamu percaya dirimu terlalu berharga untuk disia-siakan. 

5. Biasakan untuk berdiskusi dengan pasangan tiap kali kalian menghadapi masalah. Baik itu masalah bersama atau personal

5 Hal yang Patut Diusahakan supaya Kamu Gak Minder Lagi sama Pasanganunsplash/Toa Heftiba

Komunikasi jadi salah satu hal terpenting dalam sebuah hubungan, sekaligus bisa mendongkrak kepercayaan dirimu. Biasakan untuk berdiskusi tiap kali menghadapi masalah. Entah itu persoalan pribadi atau yang menyangkut kalian berdua.

Rutinitas diskusi ini akan melatih kalian untuk terbiasa terbuka satu sama lain. Kamu juga bisa membantunya menemukan solusi ketika ada masalah yang pelik. Dari situ rasa percaya dirimu akan meningkat, dia juga bakal merasa terbantu dengan adanya kamu di sisinya. Tuh, gak boleh minder lagi, ya!

Rasa insecure atau rendah diri biasanya terjadi karena kamu kurang menghargai dirimu sendiri. Percayalah kamu punya banyak kelebihan yang pantas dibanggakan, kok. Terlebih, mengenai urusan asmara. Jika dia sudah memilihmu menjadi kekasihnya, tentu menurutnya kamu adalah orang yang paling tepat untuk berada di sampingnya. Sudah deh, gak perlu minder lagi, syukuri dan jalani saja dulu apa yang ada di depan mata. 

Baca Juga: 6 Elemen yang Menambah Poin Plus Kamu dalam Asmara, Auto Direbutin!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya