Comscore Tracker

5 Hal yang Membuatmu Urung Menyatakan Cinta ke Gebetan

Salah satu alasannya adalah tiba-tiba minder dan takut ditolak

Tujuanmu melakukan pendekatan alias PDKT ke seseorang jelas supaya pada akhirnya kalian bisa jadian. Akan tetapi segala sesuatunya gak selalu berjalan mulus sesuai rencana hingga timbul perasaan urung untuk menyatakan cinta ke gebetan yang selama ini dikejar-kejar. 

Lalu, apa ya yang membuatmu sampai bisa berubah pikiran begitu? Nah, siapa tahu satu di antara lima hal berikut yang jadi alasannya. Yuk cek poinnya satu per satu biar kamu bisa mendapatkan sedikit pencerahan. 

1. Belakangan kamu tahu punya banyak saingan yang berat

5 Hal yang Membuatmu Urung Menyatakan Cinta ke Gebetanilustrasi nongkrong bareng (pexels.com/cottonbro)

Awal pendekatan dulu kamu masih percaya diri karena menganggap cuma dirimu saja yang sedang mengejar cintanya. Eh, ternyata belakangan kamu mulai menyadari kalau doi, tuh punya banyak penggemar. Iya, memang awalnya hanya kamu yang naksir si dia. Tapi makin hari, banyak orang yang juga tertarik padanya.

Sialnya lagi, kamu melihat mayoritas dari mereka punya paras yang lebih rupawan darimu. Tak hanya itu saja, mereka bahkan sudah mempunyai pekerjaan yang mapan. Apalah dirimu yang masih kerja serabutan dengan tampang yang pas-pasan. Mulai deh timbul rasa minder dan niat untuk mundur saja pelan-pelan.

2. Kalian sudah cukup dekat tapi nampaknya dia cuma menganggapmu teman

5 Hal yang Membuatmu Urung Menyatakan Cinta ke Gebetanilustrasi makan bareng (pexels.com/cottonbro)

Bukan seminggu dua minggu kalian kenal dan menjadi akrab seperti sekarang. Kalau dihitung-hitung, kamu sudah PDKT ke dia selama hampir enam bulan lamanya. Wajar sih jika belakangan kamu mulai berpikiran untuk menyatakan cinta ke doi. Sayangnya, keinginan itu harus dikubur dalam-dalam karena melihat respon dia gak seperti yang kamu harapkan. 

Kamu tahu kalau selama ini si dia cuma menganggapmu sebagai sahabat karibnya saja. Bahkan doi sudah terang-terangan mengatakan hal itu berkali-kali. Seolah-olah dia lagi kasih kode kalau kamu gak perlu bilang cinta padanya. Karena percuma, toh gebetanmu ini bakal bilang tidak. Sadar diri, kamu pun memutuskan untuk balik kanan sekalian.

Baca Juga: 6 Tanda Pria Diam-diam Naksir tapi Gengsi, Takut Ditolak!

3. Tak kunjung menemukan momen yang pas untuk menyatakan cinta

5 Hal yang Membuatmu Urung Menyatakan Cinta ke Gebetanilustrasi orang berkencan (pexels.com/Juan Vargas)

Sebenarnya kamu sudah memantapkan diri untuk segera bilang I love you ke doi. Hanya saja belum ketemu juga momen yang pas untuk mengatakannya. Tiap kali hendak membuka mulut, selalu saja ada gangguan yang datang. Paling parah, gebetanmu sengaja menyela pembicaraan ketika kata-katamu hampir sampai pada poin pentingnya. Seakan-akan si dia tahu apa yang bakal kamu ungkapkan dan entah kenapa sepertinya dia enggan mendengarnya.

Beberapa kali mengalami hal serupa, membuat niatmu jadi ciut dan pada akhirnya memutuskan untuk menunda dulu keinginan itu. Lama-lama niatmu menyatakan cinta padanya malah terlanjur menguap entah ke mana, deh.

4. Kamu terlanjur nyaman berteman dekat dengannya

5 Hal yang Membuatmu Urung Menyatakan Cinta ke Gebetanilustrasi seru-seruan bareng (pexels.com/Thirdman)

Kamu sendiri gak pernah menyangka keputusan untuk mulai PDKT ke dia enam bulan lalu, malah membuahkan hasil yang berbeda. Pikirmu, setelah saling kenal, rasa cintamu padanya juga bakal ikut berkembang dan semakin dalam. Tetapi justru yang terjadi malah di luar dugaan. Kalian terlanjur sama-sama nyaman sebagai teman. Bahkan sesaat kamu sempat lupa tujuan awalmu mendekatinya itu apa.

Kocaknya lagi, ketika tahu doi naksir sama orang lain, kamu malah dengan semangatnya memberikan dukungan untuk mereka berdua. Ternyata kamu sadar bahwa berteman dengannya itu lebih menyenangkan. Belum tentu ketika jadian, hubungan kalian akan seseru ini. Apalagi membayangkan ada kemungkinan putus di tengah jalan, malah bikin kamu makin urung menyatakan cintamu padanya.

5. Kamu takut ditolak dan hubungan kalian menjadi canggung

5 Hal yang Membuatmu Urung Menyatakan Cinta ke Gebetanilustrasi orang merenung (pexels.com/Budgeron Bach)

The last but not least, apalagi kalau bukan ada rasa cemas dan takut bakal ditolak olehnya. Alhasil kamu jadi pikir-pikir lagi jika mau menyatakan cinta ke orang yang selama ini ditaksir. Bukan apa-apa, selama PDKT, kamu jadi makin sayang padanya dan jadi takut sikapnya bakal berubah setelah menolakmu nanti. 

Padahal namanya orang nembak atau menyatakan cinta, ya jelas ada dua kemungkinan. Antara ditolak dan diterima. Kalau kamu cuma memikirkan kemungkinan terburuknya saja, maklum bila pada akhirnya kamu memilih mundur dan gak jadi bilang suka ke dia.

Gimana kalau ternyata doi punya rasa yang sama dan sedang menunggu-nunggu kamu mengutarakan perasaanmu? Apa gak menyesal, tuh?

Tujuan utama PDKT memang supaya kalian bisa jadian. Tapi ternyata banyak faktor yang akhirnya mendorongmu untuk melupakan niat tersebut. Ya, selama keputusan itu gak menimbulkan rasa sesal di kemudian hari, sih gak masalah.

Tapi jika memang kamu masih takut menyesal, lebih baik pikirkan dulu matang-matang. Mending gagal tapi pernah mencoba, daripada langsung mundur tanpa perlawanan, kan?

Baca Juga: Jangan Salah Paham, 5 Tanda Dia Baik Bukan karena Naksir Kamu

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya