Comscore Tracker

5 Hal yang Mesti Kamu Garis Bawahi Sebelum Menjodohkan Teman

Jadi mak comblang gak boleh asal-asalan ya!

Melihat dua orang teman yang galau karena lama menjomblo, menggugah keinginanmu untuk coba menjodohkan mereka. Menurutmu pas saja gitu, dua orang yang sama-sama lagi cari pasangan dipertemukan. Siapa tahu keduanya cocok dan bisa jadian. Sebagai mak comblang, tentu kamu ikutan bahagia sekaligus bangga. 

Akan tetapi, sebelum melaksanakan niat baik tersebut, alangkah baiknya kamu perhatikan dulu lima hal berikut ini. Supaya keinginanmu mempersatukan mereka tidak merugikan pihak mana pun. Gak mau dong niat hati membantu, eh malah kamu yang merasa direpotkan sendiri? Yuk cek, apa saja kelima hal yang perlu digaris bawahi itu!

1. Pastikan kedua teman yang akan kamu jodohkan ini sama-sama masih single

5 Hal yang Mesti Kamu Garis Bawahi Sebelum Menjodohkan Temanunsplash/Eliott Reyna

Pertama-tama, selidiki dulu status kedua temanmu itu. Bisa saja mereka mengaku single, eh tapi ternyata masih punya pacar. Jangan mudah tertipu, hanya karena melihat dari luarnya saja. Apalagi dia sengaja berlagak jomblo ketika ditanya.

Begitu ditanya lebih lanjut, akhirnya ketahuan kalau masih punya kekasih. Jangan sampai karena buru-buru menjodohkan yang ada kamu kena masalah akibat dikira membantu teman berselingkuh. 

2. Ada baiknya jika salah satu dari mereka meminta sendiri untuk dicarikan pacar

5 Hal yang Mesti Kamu Garis Bawahi Sebelum Menjodohkan Temanunsplash/NONRESIDENT

Ketimbang inisiatifmu sendiri, lebih baik jika salah satu dari temanmu ini yang meminta sendiri untuk dijodohkan. Dengan begitu, bebanmu gak akan jadi terlalu berat. Ibarat dia yang minta tolong, tergantung kamu mau memberikan bantuan atau tidak. Kalau kamu sudah membantu, dia juga gak boleh meminta lebih.

Soal cocok atau tidak dengan pasangan yang dikenalkan, juga gak boleh protes ke kamu. Tugasmu hanya mengenalkan dia dengan teman wanitamu yang ditaksir olehnya. Perkara mereka berlanjut apa tidak, itu sudah di luar wewenang dan tanggung jawabmu. 

Baca Juga: Benarkah Jodoh? 7 Alasan Ilmiah Kemiripan Wajah Pasangan

3. Lihat dulu apakah keduanya bisa saling memenuhi kriteria yang diharapkan satu sama lain

5 Hal yang Mesti Kamu Garis Bawahi Sebelum Menjodohkan Temanunsplash/Annie Spratt

Sebagai mak comblang kamu gak boleh asal-asalan menjodohkan. Harus ada riset dulu sebelumnya, supaya kamu yakin betul nih kalau dua orang yang akan dijodohkan ini benar-benar memenuhi kriteria satu sama lain. Jangan sampai salah satu dari mereka merasa "ditipu" gara-gara gebetan yang kamu kenalkan bertolak belakang dengan tipe idamannya selama ini. Jatuhnya jadi sama-sama gak enak kan? 

4. Jangan memaksakan kehendak apalagi ikut campur terlalu jauh saat mereka sedang PDKT

5 Hal yang Mesti Kamu Garis Bawahi Sebelum Menjodohkan Temanunsplash/Brooke Cagle

Begitu keduanya mulai dekat, itu artinya tugasmu sebagai mak comblang boleh dibilang selesai. Ada baiknya, kamu mulai membatasi diri dan gak terlibat terlalu jauh dengan hubungan keduanya. Bertanya sekali-kali tentang perkembangan masa PDKT mereka sih, sah-sah saja ya.

Tapi jangan sampai kamu memberikan saran yang berlebihan dan terkesan memaksa. Seperti mendorong temanmu untuk segera jadian sama gebetannya ini. Padahal kamu sendiri tahu betul kalau mereka berdua belum cukup kenal dekat dan masih dalam mas penjajakan. 

5. Kamu harus siap dengan segala risiko. Kalau mereka jadian ya ikut senang, tapi jika tidak kamu pasti turut disalahkan

5 Hal yang Mesti Kamu Garis Bawahi Sebelum Menjodohkan Temanunsplash/Priscilla Du Preez

Meskipun tugasmu sebagai mak comblang telah usai setelah keduanya mulai PDKT mandiri, tapi kamu belum bisa benar-benar bernafas lega nih. Sebab mau tidak mau, nantinya dirimu juga bakal disangkut-pautkan dengan kelanjutan hubungan mereka. Bagus kalau keduanya akhirnya bisa jadian, tentu kamu akan ikutan senang.

Tapi jika pada akhirnya mereka tidak pacaran, sedikit banyak kamu juga bakal disalahkan. Mau bagaimana pun, mereka bisa kenal juga berkat perantaramu, kan? Kalau kejadiannya seperti itu, maklumi saja dulu. Namanya juga lagi emosi akibat patah hati, kalau sudah adem juga bakal sadar diri kok. 

Keinginan untuk mencarikan jodoh buat teman memang merupakan sebuah niat yang baik. Akan tetapi, sebaiknya kamu juga perlu memikirkan dirimu sendiri. Jangan sampai nih, niat mau menyenangkan orang lain, justru berdampak kurang baik bagi dirimu sendiri.  Harus sama-sama untung dong. Mereka senang kamu pun juga ikutan senang. 

Baca Juga: 5 Doa agar Cepat Dapat Jodoh, Jomblo Tidak Perlu Berkecil Hati

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya