Comscore Tracker

Jangan Buru-buru Balikan, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Setelah Putus

Bisa jadi ini memang keputusan yang terbaik

Namanya orang pacaran, wajar jika pada akhirnya putus di tengah jalan. Alasan serta penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari terhalang restu orang tua, hingga hadirnya orang ketiga. Apapun alasannya, namanya putus sedikit banyak pasti menyisakan luka. Apalagi di waktu awal paska putus cinta. Tentu kamu masih suka kepikiran dia, dan menyayangkan kenapa hubungan kalian harus berakhir seperti ini.

Tak jarang, saking patah hatinya kamu jadi ingin membenahi hubungan ini, dengan cara mengajak mantan untuk balikan lagi. Namun, sebelum kamu membulatkan niat itu, ada baiknya renungkan dulu 5 hal berikut. Jangan sampai kamu mengambil keputusan berdasarkan emosi sesaat. Siapa tahu, memang putus adalah jalan yang paling tepat buat kalian. 

1. Renungkan siapa yang salah dan apa kesalahannya

Jangan Buru-buru Balikan, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Setelah Putuspexels/ Tess Emily Seymour

Pasti ada alasan yang menyebabkan hubungan kalian harus kandas. Pikirkan dan renungkan sebabnya dahulu. Cari tahu siapa yang salah dan apa kesalahannya. Jika memang kesalahan ada padamu, kamu bisa introspeksi diri dan mengakuinya. Baru deh, temui dia dan ungkapkan niatmu untuk memperbaiki hubungan kalian.

Tapi jika kesalahan ada padanya, baiknya jangan buru-buru minta balikan. Tunggu apakah dia ada niatan baik untuk meminta maaf atau gak. Kalau tidak ya, untuk apa kamu mesti memohon dia kembali? 

2. Selama pacaran dulu, lebih banyak bahagia atau duka yang kamu rasa?

Jangan Buru-buru Balikan, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Setelah Putuspexels/ Engin Akyurt

Pikirkan juga saat kalian masih bersama dulu, apakah dia lebih banyak membuatmu bahagia, atau justru terus-terusan menyakiti dan melukai hatimu. Kalau memang kamu merasa gak begitu bahagia selama pacaran sama dia nah, buat apa kamu berusaha untuk memperbaiki hubungan kalian? 

Mungkin saat ini kamu hanya belum terbiasa tanpa kehadirannya di sisimu lagi. Tapi itu cuma masalah waktu kok, daripada kamu kembali disakiti hanya demi bisa bersamanya lagi, lebih baik kamu sendiri saja dulu. 

3. Setelah gak lagi dengannya, apakah kamu merasa lega atau gelisah?

Jangan Buru-buru Balikan, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Setelah Putuspexels/ Ivan Oboleninov

Ketika kepalamu mulai dingin dan hatimu sudah tenang coba rasakan lagi, setelah putus darinya kamu merasa lega atau justru gelisah? Walau dirimu punya keinginan kuat untuk balikan, tapi hati nuranimu gak bisa dibohongi, lho. Jika memang kamu diam-diam merasa lega, untuk apa pula balikan lagi? Rasa lega itu pasti cerminan dari hatimu yang sudah terbebas dari rasa sakit selama kalian pacaran dulu. Mungkin saja, kamu banyak disakiti olehnya selama kalian bersama. Tapi karena saking cintanya, kamu jadi gak menyadarinya.

Baca Juga: Bukan Kangen dan Ingin Balikan, 5 Alasan Mantan Kembali Menghubungi

4. Putusnya kalian, apakah sepihak atau karena sama-sama ingin berpisah?

Jangan Buru-buru Balikan, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Setelah Putuspexels/ Luis Quintero

Kembali lagi ke masa lalu, apakah keputusan berpisah itu hanya diambil sepihak oleh dia, atau memang kalian berdua sama-sama ingin berpisah? Jika jawabnya adalah sepihak, mungkin kamu masih punya kesempatan untuk rujuk lagi sama dia. Tapi bila sebaliknya, sebaiknya kamu tetap konsisten dengan keputusanmu berpisah. Tentu saja sebelumnya, kamu juga sudah memikirkannya dengan matang, kan? Akan sangat lucu, jika tahu-tahu kamu balik kanan dan mengajaknya jadian lagi, padahal sebelumnya kalian sudah sepakat buat berpisah.

5. Perhatikan dia pasca putus darimu, apakah dia bahagia atau masih galau saja?

Jangan Buru-buru Balikan, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu Setelah Putuspexels/ Trinity Kubassek

Sekarang coba perhatikan dia. Apakah dirinya jadi galau paska putus denganmu, atau justru terlihat bahagia? Ini bisa jadi tanda jika niatmu buat rujuk itu bersambat olehnya atau tidak. Jika memang dia masih sama galaunya denganmu, itu berarti ada kesempatan untukmu bisa diterima kembali. Akan tetapi, bila kenyataannya dia malah bahagia tanpamu, ya kamu harus terima dan lebih baik mundur saja dari sekarang, daripada kecewa dua kali.

Balikan dengan mantan gak bisa diputuskan dalam semalam. Butuh banyak pertimbangan karena tentunya kamu gak ingin kalian gagal lagi kedua kalinya. Jika memang dirasa gak ada peluang untuk rujuk, lebih baik urungkan saja niat itu. Jalani hidupmu dengan membuka lembaran baru, dan menemukan seseorang yang tepat buatmu. 

Baca Juga: 6 Alasan Mantan Toxic Ngotot Balikan Sama Kamu, Yakin Mau?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You