Comscore Tracker

Kamu Wajib Menerapkan 6 Sikap Ini Biar Lekas Move On dari Mantan

Pantang stalking kesehariannya

Bagi sebagian orang melupakan mantan bukanlah hal yang mudah. Makanya, gak heran kalau rentang waktu seseorang untuk move on itu berbeda dengan orang lain. Bisa saja, kamu melihat temanmu langsung punya pacar baru, padahal belum ada sebulan putus. Sementara kamu sendiri masih kesulitan melupakan kenangan masa lalu. 

Nah, biar gak berlarut-larut dalam nostalgia terus, ada baiknya kamu berusaha lebih keras lagi untuk menyingkirkan bayang-bayang si mantan. Caranya adalah dengan melakukan keenam sikap di bawah ini. Baiknya, kamu menerapkannya sejak awal putus dulu, ya. Tapi gak masalah juga kalau baru mulai sekarang. Lebih baik terlambat daripada tidak dilakukan sama sekali, kan? 

1. Berhenti cari tahu kabar terbarunya dengan cara apa pun

Kamu Wajib Menerapkan 6 Sikap Ini Biar Lekas Move On dari MantanPexels.com/Yan Krukov

Klasik, pertama-tama kamu harus rela berhenti kepo tentang kehidupan pribadi mantan. Jangan meneleponnya, mengirim pesan, membuka media sosial mantan dan upaya-upaya lain demi bisa tahu kabar terbarunya. Menanyakannya ke teman juga dilarang keras. Sementara waktu anggap kalian gak saling kenal. Memang awalnya berat, sih tapi bila sudah terbiasa kamu juga bakal merasakan efeknya, kok. Hati jadi tenang dan lebih fokus menata masa depan. 

2. Menyingkirkan barang-barang nostalgia bersama mantan

Kamu Wajib Menerapkan 6 Sikap Ini Biar Lekas Move On dari MantanPexels.com/Andrea Piacquadio

Memang kedengarannya kekanak-kanakan, tapi gak ada salahnya dicoba. Singkirkan semua barang yang berhubungan dengan mantan. Mulai dadi hadiah-hadiah sampai foto kalian saat masih pacaran dulu. Tidak perlu sampai memulangkannya ke mantan juga, kok. Kamu bisa memberikan sebagian yang masih layak dipakai ke orang yang lebih membutuhkan. Sementara untuk foto-foto, ya hapus dan buang saja kali. Jangan sisakan satu pun benda yang membuatmu ingat terus ke dia, apa pun alasannya. Catat baik-baik, ya! 

3. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif

Kamu Wajib Menerapkan 6 Sikap Ini Biar Lekas Move On dari MantanPexels.com/Gabby K

Paska putus tentunya kamu jadi punya lebih banyak waktu senggang, dong. Karena dulunya sering antar jemput pacar atau kencan hampir setiap hari dengannya. Gak perlu sedih, apalagi meratapi nasib terus di dalam kamar. Keluarlah dan isi waktu luangmu dengan kegiatan yang positif. Misalnya pergi ke gym, ikutan kursus bikin kue atau mendedikasikan diri untuk kegiatan yang berhubungan dengan kemanusiaan. Percaya, deh ini akan membuatmu lebih gampang merelakan kepergiannya. 

Baca Juga: Susah Move on? Inilah 5 Alasan Pentingnya Melupakan Mantan Pacar

4. Jadikan teman dan keluarga sebagai pelampiasan rasa sedih dan kesepian

Kamu Wajib Menerapkan 6 Sikap Ini Biar Lekas Move On dari MantanPexels.com/Trung Nguyen

Jangan merasa gak punya siapa-siapa lagi setelah berpisah darinya. Ingat, orang terdekat yang menyayangimu gak cuma pacar saja. Kamu masih punya keluarga dan teman-teman yang akan setia mendampingimu dalam kondisi apa pun. Jadikan mereka sebagai tempat menumpahkan rasa sedih dan kesepian yang kamu alami. Daripada kamu meratapi nasib seorang diri, kan. Takutnya, nanti kamu gak bisa berpikir jernih dan nekat melakukan hal buruk yang bakal menyakiti dirimu sendiri lagi. 

5. Jangan dulu membuka hati untuk orang baru kalau kamu masih ingat masa lalu

Kamu Wajib Menerapkan 6 Sikap Ini Biar Lekas Move On dari MantanPexels.com/Samson Katt

Memang, katanya cara paling mudah melupakan mantan adalah dengan jatuh cinta lagi. Tapi kalau begitu, artinya kamu cuma menjadikan pacar barumu itu sebagai tempat pelarian, dong? Sementara di dalam hati kamu masih menyimpan perasaan cinta untuk mantan. Coba suatu saat nanti si dia ngajak balikan, masa iya kamu mau meninggalkan pacarmu begitu saja? Makanya, jangan dulu membuka hati kalau kamu belum sepenuhnya move on. Percaya, deh itu malah akan menambah masalah saja. 

6. Memaafkan kesalahan mantan juga penting, supaya kamu gak terpaku padanya terus menerus

Kamu Wajib Menerapkan 6 Sikap Ini Biar Lekas Move On dari MantanPexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, tanya pada dirimu sendiri apakah sudah benar-benar memaafkan kesalahan mantan atau belum. Jika persoalan kalian di masa lalu belum selesai, ya mustahil kamu bisa benar-benar move on. Memang perasaan cintamu ke dia bakal kian memudar, tapi itu digantikan dengan rasa benci. Jadi sama saja, dong ingat dia lagi dia lagi. Nah, makanya, coba untuk pelan-pelan memaafkan dia. Walaupun kesalahannya terbilang fatal dan dia gak juga minta maaf. Terpenting kamu bisa ikhlas dan gak lagi teringat sama sosoknya. 

Untuk bisa move on gak hanya diperlukan waktu dan niat saja, tapi juga usaha. Gimana mau melangkah menata masa depan, kalau separuh dirimu masih terjebak di masa lalu? Jadi, sekarang berani, kan menerapkan keenam sikap di atas tadi? Ayo, dong jangan ragu-ragu! Lakukan itu demi dirimu sendiri dan untuk kebahagiaanmu kelak. Semangat, ya! 

Baca Juga: 5 Tanda Ini Bukti Kamu Sudah Move On dari Mantan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya