Comscore Tracker

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hubunganmu Rentan Dihinggapi Orang Ketiga

Awas jangan sampai kecolongan!

Setiap orang pasti menginginkan hubungan asmaranya berjalan lancar dan langgeng. Tapi sayangnya, keinginan tersebut sering kali tidak didukung dengan upaya yang maksimal. Ibarat ingin punya banyak uang tapi malas bekerja. Jadinya ya mustahil dong, ya! 

Salah satu penyebab hubunganmu gagal adalah hadirnya orang ketiga. Nanti dulu, sebelum menyalahkan pelakor atau pebinor yang merusak hubungan asmara kalian, coba renungkan dulu deh. Adanya orang ketiga ini pasti ada penyebabnya. Bisa jadi, itu disebabkan oleh kesalahan kalian sendiri sebagai pasangan.

Lah kok bisa? Mungkin saja, lho apalagi jika kalian kerap kali melakukan enam kebiasaan buruk berikut ini. Yuk cek satu per satu sambil diingat-ingat lagi!

1. Kurangnya komunikasi

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hubunganmu Rentan Dihinggapi Orang Ketigapexels/Jack Sparrow

Salah satu faktor pendukung hubungan kalian bisa langgeng adalah komunikasi yang baik. Meskipun gak setiap hari bisa bertatap muka, tapi jangan pernah mengabaikan komunikasi ya! Tetap beri kabar ke pasanganmu sebagaimana mestinya. 

Terlalu abai dan tidak membangun komunikasi secara intens, bisa membuka peluang bagi orang ketiga hadir di antara kalian. Ditambah lagi dia tampil sebagai orang yang lebih asik diajak ngobrol ketimbang saat kalian sedang berduaan. Tentu hati bisa berpaling karena menemukan kenyamanan baru. 

2. Terlalu mementingkan teman dibanding pasangan

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hubunganmu Rentan Dihinggapi Orang Ketigapexels/kat wilcox

Memang gak ada salahnya menghabiskan waktu bareng teman-teman, tapi kamu juga mesti sadar diri kalau saat ini ada kekasih yang juga memerlukan perhatian. Jangan sampai waktu luangmu hanya dihabiskan bersama kawan-kawanmu saja, sementara saat pacarmu minta ditemani barang sehari selalu saja ditolak. 

Sama halnya dengan komunikasi yang buruk, kurang mendapat perhatian dari pasangan bisa membuat seseorang mencari tempat pelarian. Mulai dari sini nih, orang ketika punya peluang untuk masuk ke lingkar hubungan kalian. 

3. Mengumbar masalah asmara ke media sosial

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hubunganmu Rentan Dihinggapi Orang Ketigapexels/Jonas Svidras

Buruknya komunikasi dan kurangnya perhatian dari pasangan, juga bisa mendorong seseorang untuk berbicara melalui media sosial. Sebab di sana dia menemukan perhatian yang selama ini tidak didapatkan dari orang yang dicintainya. Tapi apa iya, semua tanggapan yang diberikan oleh para follower itu tulus? Tentu ada saja yang sengaja modus

Ini nih yang pada akhirnya memunculkan orang ketiga. Biasanya orang yang sedang dirundung masalah, sulit untuk berpikiran jernih. Ditambah lagi, si pelakor ini pandai berkata-kata manis. Jadi mudah deh terjebak sama bujuk rayuannya!

Baca Juga: 5 Hal "Childish" yang Gak Boleh Dilakukan Ketika Menjalani Hubungan

4. Lebih sering curhat ke orang lain daripada pacar sendiri

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hubunganmu Rentan Dihinggapi Orang Ketigapexels/Juan Pablo Serrano A

Di samping curhat ke media sosial, menceritakan persoalan pribadi pada cewek atau cowok lain juga bisa membawa pengaruh yang sama buruknya. Istilahnya "dari temen jadi demen". Awalnya memang hanya sekedar butuh tempat berkeluh kesah, tapi bisa jadi dari situ timbul benih-benih cinta lantaran mendapatkan perhatian yang selama ini didambakan. 

Gak heran sih kalau hadirnya orang ketiga kebanyakan berawal dari teman biasa dan pada akhirnya berubah perasaannya menjadi suka. Mulai sekarang lebih waspada lagi deh, kalau gak mau sampai hal itu terjadi pada hubunganmu, mending biasakan diri untuk curhat ke pasangan daripada orang lain. 

5. Tiap ada masalah tidak pernah diselesaikan hingga tuntas

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hubunganmu Rentan Dihinggapi Orang Ketigapexels/Vera Arsic

Selanjutnya, menggantungkan tiap permasalahan di antara kalian juga bisa memicu hadirnya orang ketiga. Saat seseorang mendapatkan perlakuan yang tidak adil, dia cenderung akan mencari pembelaan. Apesnya, ini menjadi kesempatan bagi orang lain untuk mendapatkan simpatinya. 

Makanya, setiap kali terlibat masalah dengan pacar sekecil apa pun itu, harus segera dituntaskan. Jangan sampai kalian berpisah tapi masih punya ganjalan masalah. Nantinya, itu bisa menjadi semacam bom waktu yang akan merugikan kalian sendiri. 

6. Masa depan hubungan yang tidak jelas

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Hubunganmu Rentan Dihinggapi Orang Ketigapexels/alleksana

Terakhir dan gak kalah penting, hubungan asmara yang berlangsung tahunan gak selalu menjamin akan berakhir di pelaminan. Ini disebabkan karena kalian gak pernah merencanakan masa depan bersama. Mungkin salah satu dari kalian sudah memberi kode untuk memikirkan kelanjutan hubungan ini.

Tapi sayangnya, pihak yang lain masih saja masa bodoh dan terlihat tidak serius. Jadi jangan salahkan kalau pada akhirnya terjadi perselingkuhan di dalam hubungan kalian.

Oleh sebab itu, mending mulai sekarang pikirkan lagi deh, hubungan ini mau dibawa ke mana. Kalau memang serius, ya coba tunjukkan keseriusan itu. Kalau masih mau main-main mending diakhiri saja sebelum terlambat dan menyesal nantinya. 

Memang posisi orang ketiga selalu dipandang sebelah mata. Mereka sering kali menjadi objek yang disalahkan. Padahal, masuknya orang ketiga dalam sebuah hubungan asmara juga tidak terlepas dari adanya peluang atau kesempatan.

Jika hubungan kalian harmonis dan lancar, tentu godaan itu bisa ditepis dengan mudah. Makanya sebelum menyalahkan satu pihak saja, gak ada salahnya kan koreksi diri sendiri dulu? Semoga saat ini kamu gak sedang mengalami masalah serupa ya! 

Baca Juga: 5 Alasan Pantang Curhat Masalah Asmara ke Orang Lain, Rawan Selingkuh!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya