Comscore Tracker

7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmu

Jangan diteruskan ya!

Menjaga hubungan pertemanan supaya bisa tetap awet dan harmonis memang gampang-gampang susah. Selain dengan komunikasi yang baik, menjaga sikap juga gak kalah pentingnya. Jangan sampai karena tingkah lakumu di luar batas, bisa membuat teman-temanmu jengah dan malas berhubungan lagi denganmu. 

Sayangnya, terkadang kamu suka lupa diri dan mungkin tanpa sengaja melakukan sikap negatif, yang justru membuat teman-teman dekatmu ilfeel. Seperti tujuh kelakuan minus berikut ini nih. Coba baca satu per satu, pernah gak kamu melakukan sikap serupa?

1. Suka menjadikan kekurangan teman sebagai bahan bercandaan

7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmupexels/ELEVATE

Bercanda dengan teman sih wajar-wajar saja ya! Tapi jangan lantas menjadikan kekurangan temanmu sebagai bahan bercandaan. Misalnya, rambut temanmu yang keriting diibaratkan sebagai mie hitam atau karena dia sulit mengucapkan huruf "r", kamu jadi suka menjadikan itu sebagai bahan bully-an. Mungkin awalnya temanmu itu masih ikutan tertawa, tapi lama-lama kesabaran orang juga ada batasnya, lho.

Kalau kamu gak juga mengubah sikap, bukan gak mungkin dia jadi malas berdekatan denganmu. Ini baru satu orang ya, bayangkan kalau hampir semua teman dekatmu pernah kamu perlakukan seperti itu. Bisa-bisa kamu jadi kesulitan memiliki teman lagi nih. 

2. Bersikap angkuh dan sombong di depan teman-teman

7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmupexels/Andrea Piacquadio

Kamu pasti setuju kalau orang sombong itu sangat menyebalkan. Begitu pula yang dirasakan oleh teman-temanmu tiap kali kamu mulai meninggikan diri. Mungkin maksudmu menyombongkan diri supaya mendapat perhatian dari mereka. Tapi tujuan itu salah besar, lho! Gak ada orang yang suka melihat orang lain pamer barang-barang mewah yang dimilikinya. Selain membuat orang yang melihat merasa iri, gak penting juga sebenarnya kamu pamer di depan mereka.

Apalagi jika di antara teman-temanmu hanya kamu sendiri yang terbilang sudah mapan secara ekonomi. Bersikap angkuh seperti itu cuma membuat mereka merasa sedang direndahkan. Gak heran kalau lama-lama mereka memilih menghindar darimu. 

3. Gemar ikut campur urusan pribadi mereka

7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmupexels/Tirachard Kumtanom

Ketika ada teman yang sedang mendapatkan masalah, sebagai kawannya kamu patut bersimpati. Jika memungkinkan, berikan dia bantuan sesuai dengan kemampuanmu. Tapi ingat, jangan lantas ikut campur terlalu dalam dengan masalah tersebut. Apalagi sampai menyuruh temanmu melakukan ini dan itu, dengan dalih ingin memberikan solusi.

Tentunya temanmu sudah cukup dewasa untuk menghadapi masalahnya sendiri. Memberikan saran dan masukan sudah lebih dari cukup kok. Terlalu ikut campur malahan membuatnya merasa terganggu. Belum lagi jika saran yang kamu paksa dilakukan tadi tidak membuahkan hasil, alias membuat masalah semakin runyam.

Nah, siapa yang bakal bertanggung jawab nantinya? Gak heran deh, kalau ke depannya hubungan kalian justru menjadi renggang. 

Baca Juga: 6 Alasan Gak Seharusnya Kamu Memaksa Teman yang Jomlo Buat Punya Pacar

4. Sering mengumbar janji tapi tak pernah ditepati

7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmupexels/cottonbro

Pasti kamu sering mendengar istilah janji adalah hutang. Makanya jangan sembarangan mengumbar janji kalau pada akhirnya kerap kali gak kamu tepati. Seperti memberikan harapan palsu pada teman-temanmu. Bilangnya bulan depan akan mentraktir teman satu kelas makan bersama, tapi kenyataannya kamu malah pura-pura lupa.

Kalau baru kejadian sekali sih, bisa dimaklumi ya anggap saja temanmu kena prank. Tapi kalau tiap kali menjanjikan sesuatu gak pernah ditepati, itu sih sudah kelewatan. Selain bakal membuat teman-temanmu kecewa, kelakuan minusmu itu juga bisa membuat mereka sulit percaya lagi padamu, lho. 

5. Datang ke teman-teman hanya ketika butuh bantuan

7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmupexels/Christina Morillo

Memang saling membantu antar teman itu baik dan patut dicontoh, tapi jika mendekati teman pas ada maunya saja itu sih keterlaluan namanya. Sedangkan saat kamu lagi sukses dan bahagia tanpa masalah, suka menyendiri dan enggan berbagi suka cita bareng mereka. Traktir makan kek, atau ajak teman-temanmu jalan-jalan gitu.

Sementara saat lagi butuh bantuan, kamu tanpa rasa malu selalu suka merepotkan mereka. Meminta teman-temanmu untuk memaklumi keadaanmu dan membantumu keluar dari masalah tersebut. Beruntung kalau mereka masih mau menolong. Tapi gak salah juga kalau pada akhirnya, mereka memilih menghindar sekalian darimu ketika tahu kamu lagi ada masalah. 

6. Sering banget membicarakan keburukan teman di belakangnya

7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmupexels/fauxels

Namaya bergosip bareng teman-teman itu rasanya memang menyenangkan, apalagi jika membicarakan salah satu teman yang sering gak kelihatan batang hidungnya. Namun tanpa sadar, ketika kamu mulai senang membahas keburukan temanmu sendiri di belakangnya, teman-temanmu yang lain jadi mulai waspada. Mereka berpikir, jangan-jangan saat mereka gak ada, kamu juga jadi kompor untuk menceritakan keburukan mereka.

Bukan gak mungkin, lama kelamaan teman-temanmu yang pernah jadi korban mulut pedasmu itu akan pelan-pelan menjauhimu. Lagi pula siapa juga yang suka kalau aib-nya diumbar-umbar, sama teman sendiri lagi! Makanya, hati-hati ya kalau bicara!

7. Banyak alasan dan menolak tiap kali dimintai tolong

7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmupexels/Trinity Kubassek

Ketika punya masalah kamu gak pernah pikir panjang buat minta bantuan ke teman-temanmu. Eh giliran mereka kesulitan dan ingin gantian minta tolong, kamu malah merasa direpotkan. Alhasil, kamu kerap kali menolak permintaan mereka. Bahkan selalu saja ada alasan darimu agar tidak bersinggungan masalah mereka. Tega banget sih!

Gimana, apakah ketujuh sikap minus di atas mayoritas ada padamu? Jika iya, bersyukurlah karena kamu lekas menyadarinya. Segera perbaiki sikap buruk tersebut ya! Gak mau kan, sampai gak punya teman gara-gara tidak bisa menjaga sikap?

Baca Juga: 5 Tips Jitu Biar Kamu Gak Jadi Pribadi Membosankan, Auto Banyak Teman!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya