Comscore Tracker

Cermati Dulu, Ini 5 Tanda Kamu Siap Membuka Hati untuk Cinta yang Baru

Sukses move on, nih!

Tentunya tiap orang punya jangka waktu yang berbeda dalam urusan move on dari mantannya. Ada yang begitu putus sudah gak galau sama sekali, ada pula yang perlu waktu hingga beberapa tahun untuk bisa benar-benar ikhlas. Tapi ternyata, move on dari masa lalu belum tentu menandakan kamu sudah siap memulai kisah cinta yang baru, lho. 

Bisa saja memang kamu sudah gak ada perasaan apa-apa lagi sama mantan, tapi ternyata di dalam hatimu masih tersimpan rasa takut untuk kembali jatuh cinta. Nah, biar makin yakin apakah kamu sudah siap menjalin hubungan asmara kembali, cek dulu lima poin di bawah ini yuk!

1. Berita soal mantan tidak lagi mengusik perhatianmu

Cermati Dulu, Ini 5 Tanda Kamu Siap Membuka Hati untuk Cinta yang Baruunsplash/Brooke Cagle

Kalau dulu kamu masih suka kepo melalui media sosial mantan atau cari tahu kabarnya dari teman-temannya, sekarang sih sudah gak lagi. Tanpa sadar, topik soal mantan tidak lagi menarik perhatianmu. Bahkan ketika ada yang membahas mengenai si dia, kamu justru cuek dan masa bodoh. Tahu mantan sudah gonta-ganti pacar sebanyak tiga kali saja, kamu gak heboh seperti dulu. Pokoknya santuy aja deh!

2. Ketika teringat masa lalu kamu tidak merasa menyesal atau sedih lagi

Cermati Dulu, Ini 5 Tanda Kamu Siap Membuka Hati untuk Cinta yang Baruunsplash/Max Ilienerwise

Selain tidak lagi penasaran dengan kehidupan pribadinya, kamu juga gak lagi merasa menyesal ketika ingat masa lalu kalian. Sekarang hatimu sudah benar-benar ikhlas dan memaafkan segala kesalahan yang pernah diperbuatnya. Tentu untuk mencapai tahap ini tidaklah mudah. Kamu butuh waktu cukup lama untuk benar-benar sembuh dari patah hati tersebut. Setelah berhasil menemukan kedamaian kembali, ini nih saatnya kamu mulai membuka diri dan mencoba menemukan cinta kembali. 

Baca Juga: Membuka Hati akan Terasa Sulit Jika Kamu Belum Mengikhlaskan 5 Hal Ini

3. Sekarang kamu punya kriteria baru untuk pasangan idealmu

Cermati Dulu, Ini 5 Tanda Kamu Siap Membuka Hati untuk Cinta yang Baruunsplash/samuel hull

Belajar dari masa lalu, sekarang kriteria untuk pasangan ideal menurutmu gak lagi sama. Kalau dulunya kamu lebih mementingkan fisik ketimbang kepribadian gebetan, sekarang justru sebaliknya. Wajah dan postur tubuh gak lagi jadi yang utama. Kamu mau pasanganmu kelak punya watak dan sikap yang selaras dengan karaktermu sendiri. Sebab kamu sadar betul, fisik bisa diubah tapi tidak demikian dengan kepribadian seseorang. Gak mau terperosok di lubang yang sama, sekarang kamu lebih teliti dalam mencari pasangan.

4. Rasa trauma yang pernah dialami pelan-pelan sukses terobati

Cermati Dulu, Ini 5 Tanda Kamu Siap Membuka Hati untuk Cinta yang Baruunsplash/Brooke Cagle

Mungkin di tahun pertama paska putus dulu kamu masih takut untuk mulai membuka hati. Rasa trauma yang mendalam akibat pernah disakiti membuat kepercayaan dirimu memudar. Bahkan kamu sempat beranggapan kalau semua cowok itu sama saja. Seiring berjalannya waktu kamu sadar, bahwa tiap orang layak punya kesempatan merasakan kebahagiaan. Terus menjomlo bukan solusi untuk menyembuhkan sakit hati. Membuka diri dan mencoba menjalin hubungan asmara lagi adalah jalan terbaik untuk membuktikan, kebahagiaan itu kamu sendiri yang bisa mewujudkannya. 

5. Niatmu cari pacar untuk menjalin hubungan yang serius, bukan lagi sekadar main-main

Cermati Dulu, Ini 5 Tanda Kamu Siap Membuka Hati untuk Cinta yang Baruunsplash/julio andres rosario ortiz

Pernah patah hati nyatanya membuatmu semakin bisa bersikap dewasa. Nyatanya, ketika berniat membuka hati dan mencoba pacaran lagi, tujuanmu gak lagi sekadar untuk bersenang-senang. Sekarang kamu sudah mantap ingin berkomitmen, jika memang dipertemukan dengan seseorang yang klik di hati. Kamu mau menjalani hubungan berikutnya dengan lebih serius dan punya tujuan. Belajar dari masa lalu nih, kamu akan berusaha supaya kesalahan yang dulu itu gak terulang kembali. 

Nah, gimana apakah sekarang semakin yakin kalau kamu sudah benar-benar siap membuka hati untuk mulai cari pacar lagi? Jika memang masih ada rasa ragu dan tersisa trauma akan masa lalu, gak perlu sedih gitu. Ingat, ini bukan kompetisi kok. Tidak ada kata terlalu cepat dan terlalu lambat. Nikmati dulu kesendirianmu, dengan tetap berusaha untuk lekas berdamai dengan masa lalu. Percaya deh, akan tiba saatnya kamu bisa benar-benar tersenyum ketika melihat ke belakang. Pokoknya tetap semangat, ya!

Baca Juga: Sudah Lama Sendiri? 5 Tips Membuka Hati Setelah Sering Dikecewakan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya