Comscore Tracker

5 Cara Memutuskan Pacar Tanpa Dendam di Kemudian Hari

Harus berani jujur tentang alasan yang sebenarnya

Tak selamanya putus bisa jadi jalan keluar terbaik bagi suatu masalah percintaan. Ada pula orang yang ketiban sial karena setelah pisah dari sang mantan pacar, ternyata masih ada dendam di antara mereka. Mantannya merasa gak rela diputuskan begitu saja dan menganggap perlakuan ini gak adil baginya. 

Nah, tentunya kamu gak mau mengalami hal serupa, kan? Sementara kamu sendiri berharap perpisahan ini nantinya bisa membawa dampak yang baik bagi kalian berdua. Maka dari itu, gak ada salahnya menggunakan lima cara berikut ketika hendak memutuskan pacar. Supaya tidak lagi ada dendam yang tersisa di kemudian hari. 

1. Sebelum mantap memilih putus, ada baiknya coba perbaiki dulu masalah kalian

5 Cara Memutuskan Pacar Tanpa Dendam di Kemudian Hariilustrasi pasangan berdiskusi (pexels.com/Alex Green)

Jangan buru-buru minta putus sebelum menilik lagi apa masalah yang terjadi di antara kalian. Lihat dan pertimbangkan, apakah persoalan ini masih bisa diselesaikan baik-baik apa tidak. Kamu perlu mengajak doi berdiskusi. Keluarkan semua unek-unek di dalam hatimu tentang sikapnya yang membuat kamu kurang nyaman. 

Siapa tahu, akar permasalahannya adalah karena kalian kurang menjaga komunikasi saja. Begitu saling tahu apa yang dirasakan, kini masing-masing bersedia untuk memperbaiki diri, kan? Coba kamu langsung minta putus. Bisa- bisa tumbuh dendam di hatinya, lho. Sebab doi merasa gak punya salah dan malah disia-siakan begitu saja. 

2. Beri dia kesempatan menebus kesalahannya, jika memang tidak berhasil baru putus baik-baik

5 Cara Memutuskan Pacar Tanpa Dendam di Kemudian Hariilustrasi berdebat sama pacar (pexels.com/Polina Zimmerman)

Setelah puas mengungkapkan semua kegelisahanmu padanya, sekarang giliran kamu sabar menunggu. Beri dia kesempatan untuk memperbaiki diri dan lihat apakah ada perubahan ke arah positif atau tidak. Jika iya, maka kalian bisa melanjutkan hubungan ini lagi. 

Sebaliknya, bila ternyata janji doi untuk berubah itu cuma manis di bibir saja, ya apa boleh buat. Artinya ini menjadi saat yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal, deh. Paling tidak kamu sudah memberinya kesempatan jadi, gak ada alasan baginya untuk menyimpan dendam.

Baca Juga: Selain Gak Cocok, Ini 5 Alasan Putus yang Mesti Kamu Perhatikan!

3. Ungkapkan alasanmu yang sebenar-benarnya saat hendak memutuskan dia

5 Cara Memutuskan Pacar Tanpa Dendam di Kemudian Hariilustrasi pasangan berdebat (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bila memang keputusanmu berpisah sudah bulat, tetap ingat untuk menjabarkan alasannya dengan jelas ke dia. Gak perlu pakai acara ditutup-tutupi segala dengan alasan supaya doi gak sakit hati. Justru lebih baik sakit di awal, daripada saat dia tahu kebenarannya itu malah membuat hati kecewa. 

Gak masalah kalian harus beradu mulut dan terlibat drama sesaat. Paling penting setelah kesepakatan putus itu diambil, kalian sudah saling memaafkan dan sepakat untuk mengambil jalan masing-masing mulai sekarang. Dijamin, nantinya gak akan timbul masalah baru lagi di antara kalian.

4. Jangan memberi janji yang cuma sekadar basa-basi kepadanya

5 Cara Memutuskan Pacar Tanpa Dendam di Kemudian Hariilustrasi memutuskan pacar (pexels.com/Anthony Shkraba)

Ini, nih kesalahan yang sering dilakukan orang ketika baru saja memutuskan pacar. Apalagi kalau bukan memberinya janji yang omong kosong. Mulai dari bilang akan tetap perhatian meskipun sudah gak pacaran sampai menawarkan diri menjadi sosok sahabat buat si mantan. 

Asal tahu saja, ya gak gampang, lho membina hubungan baik dengan mantan pacar tanpa melibatkan perasaan. Mungkin kamu bisa cepat move on, tapi belum tentu dia juga demikian. Alhasil jika ucapanmu itu gak terbukti, doi bakal kecewa dan pada akhirnya timbul dendam padamu.

5. Meskipun tak merasa kesalahan ada padamu, toh gak ada salahnya untuk tetap minta maaf

5 Cara Memutuskan Pacar Tanpa Dendam di Kemudian Hariilustrasi meminta maaf (pexels.com/Alex Green)

Ketika hendak memutuskan pacar, tinggalkan dulu perasaan gengsi apalagi keyakinan bahwa semua kesalahan bertumpu padanya. Jadi dia layak kamu tinggalkan begitu saja. Sebaliknya, gak ada salahnya untuk meminta maaf duluan. Meskipun sekali lagi kamu gak merasa punya salah.

Setidaknya dengan begitu emosi doi bisa sedikit reda. Coba kamu tetap bersikap arogan dan sok paling benar. Tak hanya sakit hati, tapi doi juga bisa merasa kesal dan dendam banget sama kamu, lho. 

Ternyata gak hanya penembakan saja, ya yang butuh persiapan. Ketika ingin memutuskan pacar kamu juga perlu perencanaan yang matang. Supaya urusan di antara kalian bisa langsung beres saat itu juga. 

Memang agak ribet dan butuh keberanian serta pengorbanan, tapi jika itu bisa membawa dampak baik buat kedua belah pihak, kenapa tidak? Daripada ujung-ujungnya jadi dendam. Tentu kamu gak mau mengalaminya, dong.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Momen Usai Putus Cinta Gak Begitu Menyakitkan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya