Comscore Tracker

5 Cara Kurang Sopan Menolak Cinta Orang yang Gak Kamu Suka, Parah!

Masih bisa pakai cara yang lebih halus, kan?

Siapa, sih yang gak merasa senang sekaligus bangga ketika tahu ada seseorang yang suka pada dirinya? Apalagi orang yang dimaksud adalah si dia yang selama ini kamu taksir juga. Gayung bersambut, deh jadinya. Tinggal tunggu waktu yang pas saja, nih sampai kalian benar-benar resmi pacaran. 

Lain ceritanya, kalau kamu gak bisa suka balik padanya. Jangankan jadian, saat dia mulai PDKT saja kamu sudah merasa risi banget. Ya, walaupun pada akhirnya kamu gak mau menerima cintanya, bukan berarti bisa memberikan penolakan secara semena-mena, dong.

Apalagi sampai melakukan kelima cara yang kurang sopan berikut ini. Ingat, dia juga punya perasaan, lho. Bisa, kan memakai cara penolakan yang lebih halus? Bukan malah bersikap begini, nih! Ampun, deh!

1. Tanpa aba-aba langsung memblokir nomor dan akun media sosialnya

5 Cara Kurang Sopan Menolak Cinta Orang yang Gak Kamu Suka, Parah!Pexels.com/YESID Valencia

Memang mula-mula kamu mulai terganggu karena setiap hari mendapatkan pesan darinya. Belum lagi dia kerap mencantumkan akun Instagram-mu, tiap kali posting kata-kata bijak atau rayuan gombal. Makanya, kamu langsung mengambil langkah ekstrem, yakni memblokir semua akun media sosial dan nomor teleponnya tanpa basa-basi. 

Eh, kan bisa tuh kasih peringatan dulu sekali-dua kali, kalau kamu gak suka dengan sikapnya. Baru, deh ketika dia tetap melakukannya, kamu bisa memblokir nomor telepon dan akun Instagramnya. Memang kejam, tapi terpenting kamu sudah mengungkapkan kekesalanmu dulu, kan? 

2. Sengaja menghindar tiap kali bertatap muka dengannya

5 Cara Kurang Sopan Menolak Cinta Orang yang Gak Kamu Suka, Parah!Pexels.com/cottonbro

Kebetulan kalian kuliah di satu kampus yang sama. Hanya saja, beruntung gak sampai satu jurusan apalagi sekelas. Meskipun begitu, kemungkinan untuk gak sengaja bertemu juga lumayan sering. Karena kamu gak nyaman lama-lama berdekatan dengannya, alhasil tiap kali lihat dia dari kejauhan kamu langsung bersembunyi. 

Kelihatan banget, kalau kamu enggan berhadapan langsung dengannya. Kejam juga, sih. Padahal bisa saja, kan sekadar menyapa dari jauh. Nanti jika dia memintamu untuk ngobrol sebentar, ya beri saja alasan kamu lagi buru-buru ke ruang dosen.

Jangan langsung membuang muka begitu, dong. Jahat banget, sih. Memangnya dia menderita penyakit menular apa? 

Baca Juga: 5 Sikap Gebetan yang Sebenarnya Tanda Tersirat Dia Menolak Perasaanmu

3. Menolak bertemu saat si dia datang ke rumahmu

5 Cara Kurang Sopan Menolak Cinta Orang yang Gak Kamu Suka, Parah!Pexels.com/Alex Green

Menolak ketika diajak ngobrol pas berpapasan di kampus, sih masih wajar. Setidaknya kamu sudah menyapa dia sebelumnya. Toh, di kampus juga banyak alasan untuk tidak meloloskan keinginannya itu. Mulai dari mau menghadap dosen pembimbing, keburu ada kelas, sampai ingin buang air kecil. 

Tapi kalau sampai mengusirnya saat datang ke rumahmu ini, sih sudah keterlaluan teganya. Jelas-jelas dia tahu kamu ada di rumah, namun menunjukkan batang hidungmu saja gak sudi. Selalu saja kamu menyuruh orang rumah untuk berbohong dengan bilang kamu sedang keluar atau tidur dan gak mau diganggu. Kasihan, lho dia judah jauh-jauh datang untuk menemuimu. Ya, walaupun tidak ada yang menyuruhnya juga, sih. 

4. Memberikan alasan yang menohok dan terkesan menghina dirinya

5 Cara Kurang Sopan Menolak Cinta Orang yang Gak Kamu Suka, Parah!Pexels.com/Budgeron Bach

Saking kesalnya dibuntuti terus olehnya, kamu sampai mengambil langkah yang lebih ekstrem lagi. Yakni dengan menyatakan secara gamblang apa yang membuatmu gak bisa menerimanya sebagai pacar. Kamu terang-terangan berkata kalau badannya itu bau, selain itu postur tubuh dan wajahnya bukan tipemu banget. 

Memang berkata jujur itu baik, tapi gak begini juga kali konsepnya. Kalau kamu sampai hati melakukannya, itu namanya gak menghargai orang lain, lho. Meskipun dia bau badan dan wajahnya tidak tampan, bukan berarti kamu bisa menghina seenaknya. Ini sama saja dengan body shaming, lho. Layak, dong kalau dia sampai sakit hati. 

5. Tampil mesra dengan cowok/cewek lain di depannya

5 Cara Kurang Sopan Menolak Cinta Orang yang Gak Kamu Suka, Parah!Pexels.com/Gustavo Fring

Setelah sukses memukul mundur dirinya dengan kata-kata pedasmu tadi, ternyata kamu gak puas sampai di sini. Masih saja ingin membuatnya jera dengan sengaja tampil mesra dengan cowok lain. Kamu ingin menunjukkan ke dia, bahwa tipe cowok yang layak bersanding denganmu itu, ya yang seperti ini. Dia, sih jauh dari kriteriamu, jadi mohon untuk tahu diri. Sungguh, cara ini benar-benar tidak berperasaan banget. Masih kurang, ya membuat anak orang terluka hatinya dengan melakukan body shaming tadi? 

Mau menerima atau menolak cinta seseorang itu mutlak menjadi hakmu. Asalkan penolakan tersebut dilakukan dengan halus dan tidak menimbulkan sakit hati di kemudian hari.

Bisa, kan ngomong baik-baik ke dia kalau kamu gak bisa menerima cintanya? Gak perlu sampai bertindak kurang sopan begitu, deh. Iya, memang cara tersebut berhasil membuat si dia menyerah. Tapi dampaknya, selain dia jadi sakit hati, image-mu juga bakal buruk di mata orang lain, lho. 

Baca Juga: 5 Hal Positif dari Mengenal Siapa Dirimu sebelum Melakukan PDKT

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya