5 Hal Sepele yang Membuat Hubungan Persahabatanmu Jadi Renggang

#ANGPOIN Lebih baik saling introspeksi diri

Setiap orang pasti punya beberapa teman dekat, atau biasa disebut sahabat.Keberadaan sahabat ini, bisa jadi suntikan semangat buatmu selain keluarga. Bahkan gak jarang, kamu merasa lebih nyaman curhat ke sahabat dari pada orangtua atau saudara sendiri. 

Akan tetapi, tiba-tiba kamu merasa kalau semakin lama sahabatmu kian menjauh. Jangan sedih dulu, sebelum menduga-duga coba pastikan dulu. Siapa tahu, 5 hal di bawah ini jadi penyebab hubungan persahabatan kalian kian merenggang.

1. Kalian mulai punya kesibukan masing-masing

5 Hal Sepele yang Membuat Hubungan Persahabatanmu Jadi Renggangunsplash.com/Alexis Brown

Lumrah, bila seiring bertambahnya usia, kegiatan kalian juga semakin bertambah. Bila dulunya bisa tiga-empat kali bertemu, sekarang bisa ngumpul seminggu sekali saja sudah syukur.

Itu bukan berarti sahabatmu sudah gak perhatian lagi, ya. Balik lagi, ada kalanya kalian harus memprioritaskan kewajiban terlebih dahulu. Terpenting, komunikasi di antara kalian tetap terjalin dengan baik.

2. Semakin dewasa, kalian akan semakin menjaga privasi dan urusan pribadi

5 Hal Sepele yang Membuat Hubungan Persahabatanmu Jadi RenggangUnsplash.com/Alexis Brown

Selain punya kesibukan masing-masing, kian dewasa kalian juga pasti akan lebih menjaga privasi masing-masing. Bukannya gak lagi saling percaya, tetapi sudah bukan masanya lagi mengumbar masalah ke teman-teman dekat.

Begitu juga soal privasi, tentu kamu setuju kalau urusan yang sifatnya pribadi, gak perlu untuk disebarluaskan.

Baca Juga: Ingin Menjalin Persahabatan yang Sehat? Simak 5 Tips Ini!

3. Mungkin ada masalah di antara kalian yang belum benar-benar tuntas

5 Hal Sepele yang Membuat Hubungan Persahabatanmu Jadi Renggangunsplash.com/Abo Ngalonkulu Follow Message

Coba deh, ingat-ingat lagi siapa tahu nih sebelumnya kalian sempat terlibat perselisihan. Mungkin menurutmu masalah itu sudah selesai, tapi tidak begitu dengannya. Kata saling memaafkan boleh jadi sudah terucap, namun hati siapa yang tahu.

Gak menutup kemungkinan, lho masih tersisa rasa sakit di hati sahabatmu. Kalau sudah begitu, dia akan sulit untuk bisa bersikap wajar seperti biasanya.

4. Intensitas pertemuan yang singkat, membuatmu merasa kalau kalian tak lagi dekat

5 Hal Sepele yang Membuat Hubungan Persahabatanmu Jadi RenggangPexels/rawpixel

Buntut dari jarangnya kesempatan buat bertemu, membuatmu berpikir kalau dia gak lagi menganggapmu sebagai sahabat. Bagaimana tidak, dulunya hampir tiap hari kalian berkirim kabar, curhat, bahkan bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

Wajar kok, kalau karena intensitas perjumpaan yang turun drastis itu, memancingmu untuk menduga kemungkinan terburuk.

5. Bisa jadi, dia tengah menghadapi situasi sulit. Hanya kebetulan kamu gak tahu saja

5 Hal Sepele yang Membuat Hubungan Persahabatanmu Jadi Renggangunsplash.com/Sean k.q

Kemungkinan yang terakhir adalah, saat ini dia tengah menghadapi situasi sulit yang rumit. Bukannya gak mau berbagi, hanya saja sahabatmu gak mau merepotkanmu dan teman-temannya yang lain.

Jika memang posisinya kamu tak tahu menahu, gak perlu kecewa apalagi merasa bersalah. Cukup berikan dukungan semampumu, tunjukkan kalau kamu selalu ada di saat apapun dan selalu bisa diandalkan. 

Merawat hubungan persahabatan memang gampang-gampang susah. Terpenting, jangan terlalu baper dan tetap tahu porsi masing-masing, ya.

Baca Juga: 5 Tips Mempertahankan Persahabatan Meskipun Jarak Memisahkan

Angel Rose Photo Community Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You