Comscore Tracker

5 Penyebab Paling Umum yang Bikin Pasangan Kekasih Salah Paham

Suka lempar kode, sih!

Seberapa sering kamu berdebat sama pacar akibat salah paham? Jika terbilang sering, ada baiknya kalian saling introspeksi diri, deh. Jangan-jangan selama ini hubungan kalian belum dijalani dengan benar. Berikut lima sebab paling umum yang biasanya bikin pasangan kekasih salah paham. 

Cek satu per satu poinnya, yuk. Siapa tahu, kalau sudah menyadari di mana salahnya, kalian bisa memperbaiki keadaan dan meminimalkan terjadinya salah paham. 

1. Hobi banget saling lempar kode, berharap pacarnya peka dan langsung mengerti apa maksudnya

5 Penyebab Paling Umum yang Bikin Pasangan Kekasih Salah PahamIlustrasi orang ngambek (pexels.com/Alex Green)

Siapa yang masih suka lempar kode ke pacar pas lagi ada maunya? Duh, kenapa juga mesti repot-repot begitu, sih! Tinggal bilang terus terang saja, apa yang kamu inginkan dari doi.

Daripada pakai acara sindir-menyindir segala, tapi giliran pacar gak peka, kamu malah marah-marah. Alhasil, doi yang merasa gak punya salah apa-apa jadi tersinggung dan gak terima, dong! Mulai, deh, drama pertengkaran yang gak perlu itu muncul. 

2. Tidak mau bicara terus terang jika ada yang gak disukai dari pasangan

5 Penyebab Paling Umum yang Bikin Pasangan Kekasih Salah PahamIlustrasi orang saling pandang (pexels.com/Klaus Nielsen)

Memang kamu wajib menerima pasangan apa adanya. Dalam artian tidak memaksa dia untuk mengubah dirinya menjadi seperti orang lain, demi menyamakan seleramu, ya!

Tapi jika ada suatu hal dari doi yang bikin kamu gak nyaman jangan dipendam. Bilang saja langsung padanya. Daripada cuma diam saja, tapi mood-mu gak bisa bohong. 

Otomatis cepat atau lambat si dia bakal menyadari, kalau ada yang gak beres denganmu, kok. Tapi begitu ditanya ada apa, kamu selalu menjawab tidak ada apa-apa. Nah, malah bikin salah paham, kan? 

Baca Juga: Jangan Drama, 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Balas Pesan Lama

3. Sering menuduh pacar tanpa bukti yang jelas

5 Penyebab Paling Umum yang Bikin Pasangan Kekasih Salah PahamIlustrasi pasangan berdebat (pexels.com/RODNAE Productions)

Mungkin karena melihat doi sering didekati oleh cowok lain, kamu jadi mengira kalau pacarmu pernah diam-diam selingkuh. Padahal, kenyataannya itu cuma sekadar ketakutanmu saja. Belum tentu apa yang kamu pikirkan itu sesuai kenyataan. Sementara selama ini pacarmu mati-matian menjaga kesetiaannya. 

Banyak, lho, cowok yang lebih keren dan mapan darimu. Tapi cintanya gak pernah goyah, tuh. Dia tetap memilih setia sama kamu. Jangan dituduh terus begitu, dong. Lama-lama doi jadi kesal dan malah benar-benar berpaling, lho! 

4. Tiap kali timbul masalah gak pernah diselesaikan sampai tuntas

5 Penyebab Paling Umum yang Bikin Pasangan Kekasih Salah PahamIlustrasi orang tertekan (pexels.com/Alex Green)

Sebaiknya tiap kali ada masalah, selesaikan dengan baik-baik sampai tuntas. Jangan malahan saling menunggu sampai salah satu ada yang minta maaf dan menyelesaikan persoalan ini. Yang menjalani hubungan tersebut itu kalian berdua, kan. Jadi harus cari solusinya bersama, dong.

Sebab masalah yang mengendap itu bisa jadi seperti bom yang meledak sewaktu-waktu, lho! Pantas saja, kalian sering salah paham karena memang gak terlatih untuk berkompromi dan kerja sama dalam menyikapi suatu masalah. 

5. Gak pernah terjadi deep talk, yang benar-benar membuat kalian bicara dari hati ke hati

5 Penyebab Paling Umum yang Bikin Pasangan Kekasih Salah PahamIlustrasi pasangan ngobrol (pexels.com/Anthony Shkraba)

Komunikasi yang baik adalah salah satu syarat mutlak dalam sebuah hubungan. Karena jika kalian berdua tidak bisa berkomunikasi dengan baik, maka mustahil hubungan asmara ini bisa berjalan lancar. Coba, deh sekali-kali ajak pasangan untuk melakukan deep talk dari hati ke hati. Ungkapkan semua uneg-uneg yang mengganjal selama ini. 

Mungkin dari situ kamu akan sadar, bahwa sikap diamnya doi itu bukan karena menyembunyikan sesuatu. Melainkan demi melindungi perasaanmu. Sebab terkadang, ada beberapa hal yang gak bisa disampaikan, takutnya kamu gak siap mendengarnya. Nah, jadi gak salah paham lagi, kan? 

 

Daripada diwarnai konflik terus setiap hari akibat salah paham, tentu kamu lebih memilih memiliki hubungan yang harmonis, kan? Bisa, kok, asal kalian berdua sama-sama mau mengupayakannya.

Salah satunya dengan mulai menyingkirkan satu per satu penyebabnya di atas tadi. Gimana, siap mengubah hubungan asmaramu jadi lebih baik lagi? Semoga bisa menginspirasi, ya! 

Baca Juga: Cegah Orang Ketiga, 5 Tips Menjaga Keharmonisan dengan Pasangan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya