Comscore Tracker

5 Perbedaan Sikap ke Pasangan Saat Masih Pacaran dan Telah Bertunangan

Kamu sadar gak ada yang berubah?

Ketika memutuskan untuk bertunangan dengan pacar, tentu kalian sudah sama-sama setuju untuk menikah nantinya. Hanya saja, kalian masih butuh waktu untuk mempersiapkan mental serta materi sebelum hari bahagia itu tiba. 

Meskipun belum resmi sebagai pasangan suami istri, tapi ada beberapa perlakuan berbeda yang seharusnya kamu berikan kepadanya. Seperti lima di antara berikut ini. Catat baik-baik, ya!

1. Setiap ada acara keluarga kamu harus mengajaknya ikut serta

5 Perbedaan Sikap ke Pasangan Saat Masih Pacaran dan Telah Bertunanganunsplash/Road Trip with Raj

Semasa pacaran dulu, kamu hanya mengajak dia pergi menghadiri undangan pernikahan teman. Namun lain halnya sekarang, tiap ada acara keluarga kamu wajib mengajaknya turut serta. Momen arisan, pernikahan sepupu, atau ulang tahun keponakan jadi saat yang pas untuk mengakrabkan calon istri atau suamimu dengan keluarga besarmu. 

2. Gak boleh lagi lirik kanan-kiri, apalagi tebar pesona sesuka hati

5 Perbedaan Sikap ke Pasangan Saat Masih Pacaran dan Telah Bertunanganunsplash/Genessa Panainte

Dulu waktu masih berstatus pacar, kamu masih suka nakal dengan lirik cewek atau cowok lain. Meskipun hanya sebatas menggoda saja sih. Maklum, namanya juga masih bujang dan merasa bebas walaupun sudah punya pacar.

Lain cerita ketika kamu dan dia sudah terikat pertunangan. Hubungan yang semakin serius membuatmu harus lebih menjaga sikap dan perasaan tunanganmu. Jangan lagi suka menggoda lawan jenis seperti dulu ya!

3. Libatkan dia dalam diskusi soal apa pun terutama tentang masa depan

5 Perbedaan Sikap ke Pasangan Saat Masih Pacaran dan Telah Bertunanganunsplash/Brooke Cagle

Mulailah membiasakan berdiskusi dengannya dalam hal apa pun. Mulai dari masalah sepele seperti mau jalan ke mana malam minggu nanti, sampai soal investasi saat kalian sudah menikah.

Kelak, tunanganmu ini yang akan menjadi partner hidupmu hingga sama-sama menua. Membangun komunikasi yang baik, bahkan sebelum menikah itu bagus. Sehingga nantinya ketika sudah berumah tangga, kalian akan terbiasa saling terbuka dan menghargai pendapat pasangan.

Baca Juga: [QUIZ] Ini Rekomendasi Outfit Tunangan yang Cocok Untukmu

4. Terbuka padanya mengenai status keunganmu saat ini

5 Perbedaan Sikap ke Pasangan Saat Masih Pacaran dan Telah Bertunanganunsplash/Yolanda Sun

Sewaktu pacaran dulu, kalian gak wajib membeberkan soal pendapatan masing-masing per bulannya. Karena memang penghasilan itu murni hak kalian sendiri. Lain cerita kalau statusmu sekarang sudah bertunangan dengannya.

Kamu perlu saling terbuka soal finansial sama dia. Ini penting, mengingat nantinya kalian akan berkeluarga. Dia juga wajib tahu apakah kamu memiliki utang atau gak. Termasuk semua investasi yang kamu punya selama ini.

5. Gak ada lagi kata PHP, kamu harus menepati janjimu padanya

5 Perbedaan Sikap ke Pasangan Saat Masih Pacaran dan Telah Bertunanganunsplash/HiveBoxx

Sudah membulatkan tekad untuk bertunangan dengannya, tentu kamu juga telah berani berkomitmen untuk menikahinya dalam waktu dekat. Jangan sampai menggunakan momen pertunangan ini sebagai alat, untuk membuatnya diam dan gak menuntut kejelasan hubungan kalian terus. 

Ingat, saat ini kalian sudah selangkah lebih dekat ke pernikahan. Pikirkan kedua keluarga yang sudah sama-sama setuju untuk berbesan. Gak baik memberi harapan palsu kepada mereka. Kamu harus berani menepati janjimu. Jika memang masih ragu, ada baiknya tolak saja pertunangan ini dari awal. 

Meskipun belum sepenuhnya, tapi setelah bertunangan dia sudah menjadi bagian yang penting dalam hidupmu. Keberadaannya juga gak lagi sebatas pacar tapi punya prioritas tersendiri. Jika kalian bisa menjalani masa pertunangan ini dengan baik, niscaya jalan menuju pernikahan juga akan menjadi lebih mudah. 

Baca Juga: Cincin Tunangan Seperti Apa yang Cocok Buat Kamu? Yuk, Ikuti Tesnya!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya