Comscore Tracker

5 Permintaan Pacar yang Gak Wajib Kamu Turuti, Jangan Mau Dikekang!

#IDNTimesLife Kamu punya kebebasan atas hidupmu sendiri

Dalam menjalin hubungan pacaran, memang diperlukan kontrol dan peraturan yang jelas. Supaya bisa meminimalisir pertengkaran akibat salah paham. Misalnya, kamu melarang pacarmu keluar rumah hingga larut malam, karena khawatir akan keselamatannya. Di samping itu, si dia juga gak mengizinkanmu untuk pergi sendirian di malam hari, karena gak ingin terjadi hal buruk kepadamu. 

Selama permintaan yang diajukan masuk akal dan demi kebaikan bersama, sih sah-sah saja, ya. Tetapi kalau apa yang dia minta sudah keterlaluan, bahkan mengganggu kebebasanmu dalam menjalani hidup, baiknya harus segera dihentikan. Seperti ketika pacarmu meminta kelima hal berikut ini. Jangan mau dikekang! Justru kamu harus langsung menolaknya dengan tegas. 

1. Gak boleh dekat dengan lawan jenis apa pun alasannya

5 Permintaan Pacar yang Gak Wajib Kamu Turuti, Jangan Mau Dikekang!pexels.com/Elle Hughes

Cemburu itu lumrah, namanya juga cinta dan takut kehilanganmu. Akan tetapi jika menjadikan rasa cemburu sebagai alasan untuk melarangmu dekat dengan pria lain, itu sih gak masuk akal. Ditambah lagi dia gak mau dengar alasanmu dekat dengan cowok tersebut. Bisa saja karena kebetulan kalian ditempatkan pada satu kelompok yang sama, untuk mengerjakan tugas kuliah. Mau gak mau, dong kamu harus terus berkoordinasi dengannya selama mencari materi.

Selagi kamu punya dalih yang tepat, gak perlu menuruti permintaannya itu, deh. Lagi pula kamu memang gak ada niat untuk selingkuh sama sekali, kok. Tunduk begitu saja tanpa memikirkan dampaknya hanya akan membuat dirimu sendiri rugi, lho. 

2. Melarangmu berteman dengan orang tertentu dengan dalih dia gak menyukainya

5 Permintaan Pacar yang Gak Wajib Kamu Turuti, Jangan Mau Dikekang!pexels.com/Gabby K

Gak hanya melarang kamu dekat dengan cowok lain, pacarmu juga sering mengekangmu untuk gak bergaul dengan orang-orang tertentu. Dimana ketika diselidiki lebih lanjut, ternyata alasannya karena si dia gak suka sama temanmu itu. Tapi ketika ditanya apa yang membuatnya gak suka, eh pacarmu juga bingung menjelaskannya. 

Dalam kasus ini mungkin kamu bisa mengambil jalan tengah. Yaitu dengan menemui mereka secara terpisah. Pacarmu gak perlu ikut gabung, saat kamu hendak pergi bareng teman-temanmu yang dia benci. Selesai kan, masalahnya? Jadi sama-sama enak kamu tetap bisa berteman, sementara dia juga gak harus duduk satu meja dengan orang yang tidak disuka.

3. Mengatur cita-cita dan masa depanmu sesuai keinginannya

5 Permintaan Pacar yang Gak Wajib Kamu Turuti, Jangan Mau Dikekang!pexels.com/Alex Green

Ketika kalian sudah semakin dekat dan mulai bicara soal kelanjutan hubungan ini, tentu masa depan jadi topik yang sering kali dibahas. Kamu mulai tahu apa saja yang menjadi cita-citanya. Begitu pula sebaliknya. Sebagai pacar yang baik sudah selayaknya kalian saling mendukung demi terwujudnya mimpi-mimpi itu. 

Tapi bukan berarti si dia berhak mengatur cita-cita dan masa depanmu sesuai dengan keinginannya, ya! Kalian boleh menyamakan visi dan misi tentang berumah tangga, maunya seperti apa. Gak malah seenaknya membelokkan cita-cita yang telah kamu susun sejak lama. Itu artinya dia gak bisa menghargai dirimu, dong!

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Langgeng Pacaran dengan Scorpio yang Penuh Misteri

4. Mendorongmu untuk menentang perkataan orangtua, karena berseberangan dengannya

5 Permintaan Pacar yang Gak Wajib Kamu Turuti, Jangan Mau Dikekang!pexels.com/RODNAE Productions

Secinta-cintanya kamu sama pacar, tetap saja perkataan orangtua harus selalu didengarkan. Apalagi ketika mereka mulai melarangmu berhubungan dengan pacarmu ini. Jangan buru-buru marah dulu, tapi coba melihat dari sudut pandang mereka. Pasti ayah-ibumu punya alasan kuat, kenapa mereka sampai melarangmu berpacaran dengannya. 

Pacarmu juga gak bisa seenaknya memaksa memilih antara dia dan kedua orangtuamu. Ditambah lagi, mendorongmu untuk menentang orang yang telah melahirkan serta merawatmu sejak kecil. Seharusnya dia bisa bersikap bijak dan introspeksi diri. Mencari tahu, apa yang sebenarnya menghalanginya mendapatkan restu dari orangtuamu. Sekiranya masih bisa diperbaiki, ya diperbaiki. Kalau memang sulit diubah, ya harus ikhlas melepasmu, daripada harus membuatmu menjadi anak yang durhaka. 

5. Memintamu melakukan hubungan badan layaknya suami-istri

5 Permintaan Pacar yang Gak Wajib Kamu Turuti, Jangan Mau Dikekang!pexels.com/Alex Green

Klise memang, tapi namanya berhubungan badan sebelum menikah itu banyak risikonya, lho. Kamu gak bisa serta merta meloloskan keinginannya ini, tanpa mempertimbangkan dulu dampaknya akan seperti apa.

Lagi pula, jika memang dia mencintaimu dengan tulus, gak perlu kok memintamu menunjukkan rasa sayang dengan cara seperti itu. Apalagi bagi seorang pria. Dia akan selalu menjaga dan menghormati kekasihnya sebagai wujud rasa cintanya yang mendalam kepadamu. 

Memperlihatkan perasaan cintamu pada pasangan gak selalu dengan cara menuruti semua permintaannya tanpa terkecuali. Begitu pula dengannya. Takaran cintamu ke dia harusnya tidak hanya diukur dari nurut tidaknya kamu dengannya.

Jika memang keinginannya itu baik bagi kalian berdua, kenapa gak? Tapi jika merugikan salah satu pihak atau justru keduanya, ya jangan mau patuh begitu saja, dong. Ingat, adalah sepenuhnya hakmu untuk menentukan hidupmu mau dibuat seperti apa. Semangat!

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya