Comscore Tracker

6 Permintaan Pacar yang Layak Kamu Jawab 'Tidak' dengan Tegas

#IDNTimesLife Cinta gak perlu bukti yang macam-macam, kok!

Melihat pacar yang kamu sayangi merasa gembira karenamu, tentu membuat hati bangga sekaligus lega. Makanya, sebisa mungkin kamu selalu ingin menuruti segala permintaannya. Tapi asal tahu saja, nih gak semua keinginan doi harus kamu turuti, kok. Ada beberapa hal yang sebenarnya bisa ditolak dan si dia juga gak boleh marah apalagi memaksa. 

Sebab bisa jadi apa yang dia minta itu memberatkan, bahkan merugikan bagi dirimu sendiri. Penasaran permintaan seperti apa yang dimaksud? Berikut enam di antaranya yang wajib kamu catat baik-baik. 

1. Kontak fisik yang berlebihan

6 Permintaan Pacar yang Layak Kamu Jawab 'Tidak' dengan TegasIlustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Diego Rezende)

Memeluk atau mencium pacar bagi sebagian orang bisa jadi hal yang wajar. Tetapi jika si dia minta kontak fisik lebih dari itu, kamu berhak berkata tidak, lho. Tentu saja bila kamu sendiri merasa risi dan tidak nyaman untuk melakukannya. Jangan terima, jika dia beralasan itu sebagai tanda ungkapan sayangmu padanya, ya. Katakan dengan tegas, bahwa masih banyak cara lain untuk membuktikan rasa cintamu ke doi, kok. 

Justru dengan begini kamu jadi tahu, nih apakah pacarmu selama ini serius sama hubungan kalian, atau sekadar buat bersenang-senang saja. Kalau memang dia marah setelah permintaannya ini ditolak, bisa disimpulkan sendiri, kan apa artinya?

2. Mengubah prinsipmu supaya selaras dengan pola pikirnya

6 Permintaan Pacar yang Layak Kamu Jawab 'Tidak' dengan TegasIlustrasi ngobrol sama pacar (pexels.com/Talal Hakim)

Berpacaran bukan berarti kamu harus terus satu frekuensi dengannya. Ada kalanya kalian bisa berbeda pandangan atas beberapa hal. Gak masalah, kok kamu punya prinsip hidup yang sedikit berbeda sama doi. Asalkan kalian bisa saling menghargai dan cari jalan tengahnya. 

Tidak perlu sampai mengubah pola pikir segala, supaya bisa selaras dengan sudut pandangnya. Buat apa repot-repot membuatnya senang, sementara kamu sendiri tersiksa dengan keputusan ini? Lebih baik belajar untuk saling memahami saja, ya. 

Baca Juga: 6 Cara Menyikapi Pacar Minta Putus Karena Ingin Fokus Pendidikan

3. Menjauhi teman-teman yang tidak dia suka

6 Permintaan Pacar yang Layak Kamu Jawab 'Tidak' dengan TegasIlustrasi hangout sama teman (pexels.com/Kampus Production)

Mendapati pacar yang gak menyukai beberapa temanmu secara personal adalah hal yang biasa, kok. Mungkin kamu pun punya daftar nama kawan-kawannya yang gak kamu senangi selama ini. Meskipun begitu, kalian gak boleh saling melarang pasangan untuk tidak berteman dengan orang itu, ya. Sama halnya ketika doi memintamu untuk menjauhi teman-temanmu ini. 

Padahal sebelum jadian sama dia, kamu lebih dulu bersahabat akrab sama mereka. Jadi galau, kan harus pilih yang mana? Gak usah bingung tinggal tolak saja permintaannya. Lagi pula kamu gak pernah memaksa doi untuk beramah-tamah sama teman-temanmu itu, kok. Kan dia yang gak senang bukannya kamu. Jadi untuk apa kamu harus menjauh segala?

4. Menceritakan segala hal tentangmu tanpa adanya rahasia

6 Permintaan Pacar yang Layak Kamu Jawab 'Tidak' dengan TegasIlustrasi saling jaga privasi (pexels.com/cottonbro)

Saling terbuka dan jujur pada pasangan adalah kebiasaan yang baik dan bisa jadi semacam pupuk bagi hubungan kalian. Akan tetapi, tidak semua hal tentang dirimu harus dibagikan kepadanya. Ada beberapa hal yang bersifat privasi dan gak boleh dibeberkan ke siapa pun. Misalnya tentang kondisi di keluargamu. Dia gak wajib tahu dan seharusnya juga gak kepo bertanya. 

Jika pacarmu nekat mengulik masalah pribadimu ini, ada baiknya langsung tolak dengan tegas. Lagi pula ini gak ada sangkut-pautnya sama hubungan kalian, kok. Bilang ke dia, nanti kalau sudah tepat waktunya kamu pasti bakal cerita. Tolong hargai privasimu dengan tidak bertanya terus-menerus.  

5. Memintamu untuk meluangkan lebih banyak waktu bersamanya

6 Permintaan Pacar yang Layak Kamu Jawab 'Tidak' dengan TegasIlustrasi merengek ke pacar (pexels.com/Trần Long)

Sebenarnya tidak usah diminta pun, kamu pasti ingin menghabiskan banyak waktu bersamanya. Tetapi apa boleh buat, ada tanggung jawab pekerjaan yang perlu diselesaikan. Belum lagi siapa tahu, akhir pekan nanti kamu harus lembur di kantor lagi. Masa iya, doi mau memaksamu buat meluangkan lebih banyak waktu dengannya di saat-saat genting begitu?

Bisa-bisa kamu jadi gak konsen bekerja, karena harus membagi fokusmu antara tugas dari bos dan membalas pesan darinya dengan cepat. Makanya, katakan tidak dengan lantang, dong. Beri pengertian ke doi, bahwa posisimu sedang sibuk sama pekerjaan. Nanti saat libur, kamu pasti bakal menyisihkan waktu buat berduaan dengannya, kok.

6. Memberikan hadiah mewah yang gak mampu kamu beli

6 Permintaan Pacar yang Layak Kamu Jawab 'Tidak' dengan TegasIlustrasi memberi hadiah ke pacar (pexels.com/Budgeron Bach)

Ketika pacar minta sesuatu buat hadiah di hari ulang tahunnya, kamu tentu ingin bisa memberikannya. Tapi begitu melihat harga barangnya langsung bikin syok. Jujur, nominalnya kelewat mahal bila dibandingkan dengan penghasilanmu dalam sebulan. Jadi galau, deh mesti gimana. Satu sisi mau bilang terus terang kalau gak mampu membelikannya. Tapi di sisi lain kamu juga gak mau dia kecewa. 

Sudah mending langsung tolak saja permintaan ini. Lagi pula, masa pacarmu gak mengukur, sih kira-kira kamu mampu membelinya apa tidak. Daripada harus mengorbankan uang tabungan, mending ngomong saja terus terang. Kalau dijelaskan baik-baik, pasti doi mau mengerti. 

Bukti cinta gak harus dengan cara menuruti segala keinginannya. Kamu tetap harus memikirkan dirimu sendiri juga. Apakah permintaannya itu membebanimu atau tidak. Jika memang yang diinginkan pacar bisa kamu penuhi, pasti kamu mau memberikannya, kan?

Nah, adakah salah satu dari enam permintaan di atas yang pernah disampaikan oleh pacarmu? Jika ada, apakah dulu kamu nurut atau berhasil menolaknya? Share pengalamanmu di kolom komentar, yuk! 

Baca Juga: 7 Kebiasaan Baik yang Bikin Pacar Tergila-gila Padamu, Pertahankan!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya