Ladies, 5 Prinsip Mencintai Ini Harus Kamu Pegang Selama Pacaran ya!

Biar gak gampang galau~

Sering kali hubungan pacaran disangkut-pautkan dengan sakit hati, patah hati atau galau ketika tengah perang dingin dengan pacar. Tak jarang pula, masa-masa indah pacaran itu, bagi beberapa pasangan hanya ditemukan di awal-awal jadian saja. Selebihnya, cuma terdapat luka dan kecewa karena merasa gak bahagia bersama pasangan yang sekarang.

Nah, bisa jadi penyebab kemalangan-kemalangan itu berawal dari sikapmu sendiri, yang kurang tepat menempatkan hati. Apalagi sebagai wanita, yang lebih mengandalkan perasaan ketimbang logika. Terkadang, karena saking cintanya kamu sampai memberikan seluruh perasaanmu ke dia. Berharap dia bakal melakukan hal serupa. Padahal, belum tentu lho, pasanganmu memiliki rasa cinta yang sama untukmu. Bukan berarti dia gak serius, ya. Hanya saja, pria cenderung lebih logis dan gak mau bertaruh untuk sesuatu yang belum pasti. Beda cerita kalau status kalian sudah suami-istri, tentu dia tak akan ragu memberikan seluruh cintanya padamu seorang.

Makanya, biar gak dikit-dikit galau selama pacaran, kamu wajib nih mengamalkan lima prinsip berikut. Niscaya, dengan memegang prinsip-prinsip tersebut, hubungan percintaanmu akan berjalan lebih menyenangkan.

1. Mencintai sewajarnya saja

Ladies, 5 Prinsip Mencintai Ini Harus Kamu Pegang Selama Pacaran ya!Unsplash/andrew welch

Tentu kamu setuju, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu gak bagus. Tak terkecuali dengan takaran dalam mencintai seseorang. Ketika kamu memberikan segala rasa cinta yang kamu punya padanya, maka kamu harus siap untuk terluka lebih dalam juga. Jika nantinya, balasan yang diterima darinya gak sesuai dengan yang diharapkan selama ini.

Makanya, mending mencintai sewajarnya saja. Jadi jika nantinya, kalian mesti berpisah karena satu-dua hal hatimu juga gak akan terluka berlebihan dan jadi lebih cepat move on, deh.

2. Membahagiakan dirimu sendiri jauh lebih penting

Ladies, 5 Prinsip Mencintai Ini Harus Kamu Pegang Selama Pacaran ya!Unsplash/Priscilla Du Preez

Ingatlah, bahwa kebahagiaanmu adalah yang utama dan itu jadi tanggung jawabmu sendiri sepenuhnya. Jangan sekali-kali menggantungkan kebahagiaan pada pacar. Karena belum tentu tiap saat dia mampu memenuhi standar membahagiakan yang kamu inginkan. Sebaliknya, kamu juga gak punya kewajiban penuh untuk selalu membuatnya senang.

Tentu, sebelumnya kalian punya beberapa aturan tak tertulis yang wajib dipatuhi, kan. Salah satunya, yakni berkomitmen untuk saling menjaga kesetiaan satu sama lain. Dengan memenuhi kesepakatan bersama itu saja, sudah jadi upaya untuk sama-sama berusaha membahagiakan, kok.

Baca Juga: Bikin Illfeel, 5 Hal Ini Haram Kamu Lakukan Saat Pacaran

3. Laki-laki yang tulus mencintaimu gak akan tega menyakitimu

Ladies, 5 Prinsip Mencintai Ini Harus Kamu Pegang Selama Pacaran ya!Unsplash/IB Wira Dyatmika

Mungkin sampai sekarang kamu masih dirundung ragu, apakah dia benar-benar mencintaimu atau tidak. Sebenarnya mudah saja, melihat ketulusan seorang pria. Jika memang dia sungguh menyayangimu seorang, tentu dia gak bakal tega untuk menyakiti hatimu.

Jangankan untuk mendua, bahkan dia bakal mati-matian menahan emosinya saat kalian tengah berdebat sengit. Gak gampang, lho buat cowok menahan amarah yang udah di ujung kepala. Tapi di antara rasa kesalnya itu, dia masih bisa berpikir untuk menahan diri dan gak mau sampai melukaimu lebih dalam lagi dan membuatnya menyesal nantinya.

4. Jaga kesetiaanmu, maka kamu bakal mendapatkan balasan yang setimpal

Ladies, 5 Prinsip Mencintai Ini Harus Kamu Pegang Selama Pacaran ya!Unsplash/Adriana Velásquez

Percaya atau tidak, karma itu ada. Makanya, bila kamu ingin menuai kebaikan tanamlah kebaikan juga. Tak usah galau memikirkan apakah di sana dia pernah selingkuh diam-diam atau tidak. Berusaha setia saja dulu, mulai dari dirimu sendiri. Kalau kamu sudah benar-benar setia, tentu balasan yang bakal kamu terima juga setimpal, kok.

Nah, kalau ternyata kesetiaanmu itu dibalas dengan dusta dan dia malah asik selingkuh berarti memang dia bukan seseorang yang pantas untukmu. Jadi mending, say good bye aja. Fix, kamu terlalu baik untuknya.

5. Jangan mudah terbujuk rayu dan percaya pada gombalan semata

Ladies, 5 Prinsip Mencintai Ini Harus Kamu Pegang Selama Pacaran ya!Unsplash/Toa Heftiba

Tak jarang, cowok suka melemparkan gombalan demi meluluhkan hati pasangannya. Tapi, meskipun bikin senang dan berbunga-bunga kamu juga harus pintar membedakan, mana pujian dan mana yang sekedar rayuan. Jangan mudah termakan gombalan apalagi sampai menuruti keinginannya yang mengarah ke perbuatan negatif. Sebagai wanita kamu harus punya tameng, jangan mau dianggap "murah" karena mudah dibujuk rayu, ya.

Itu tadi, lima prinsip yang wajib kamu pegang selama pacaran ya, ladies. Pacaran dapat dikatakan perlu, jika tujuannya untuk bisa saling mengenal baik-buruknya satu sama lain. Tapi jangan sampai, status pacaran itu justru membawa dampak buruk buat kehidupanmu, ya. Tentu kamu gak mau kan, hubungan yang diawali dengan bahagia justru berakhir dengan luka.

Baca Juga: Biar Awet, 5 Perkara Ini Sebaiknya Dihindari Saat Masih Baru Pacaran

Angel Rose Photo Community Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You