Comscore Tracker

Jangan Menikah Dulu Kalau 6 Hal Berikut Masih Jadi Prinsipmu!

Tanda kamu belum siap berumah tangga

Pernikahan merupakan salah satu tujuan hidup bagi sebagian besar orang. Ketika usiamu sudah matang dan secara finansial juga mapan, pasti ada keinginan untuk segera melepas status lajang. Akan tetapi, menikah bukan hanya perkara usia dan keuangan saja. Ada hal lain yang gak kalah pentingnya, yakni soal prinsip dalam hidupmu. 

Jika sampai sekarang kamu masih menganggap enam hal berikut sebagai prinsip hidupmu, lebih baik tunda dulu niatmu untuk menikah. Karena ini mengindikasikan kalau sebenarnya kamu belum siap berumah tangga. 

1. Bekerja keras demi menunjang penampilan tetap gaya

Jangan Menikah Dulu Kalau 6 Hal Berikut Masih Jadi Prinsipmu!pexels/Andrea Piacquadio

Jika kamu masih ingin menikmati masa single, tentu bekerja keras demi menunjang penampilan bukan pilihan yang salah. Tapi beda cerita kalau kamu sudah berkeinginan untuk menikah.

Prinsipmu dalam mencari nafkah bukan lagi untuk membeli barang-barang mewah, tapi demi menata masa depan dari segi finansial. Seharusnya kamu sudah memikirkan tabungan ekstra untuk biaya pernikahan, bahkan menyiapkan dana deposito sebagai tabungan di hari tua nanti. 

2. Waktu luang adalah saatnya untuk bersenang-senang bersama teman

Jangan Menikah Dulu Kalau 6 Hal Berikut Masih Jadi Prinsipmu!pexels/Isabella Mendes

Kumpul bersama teman-teman memang menyenangkan dan gak ada salahnya dilakukan sekali-kali. Tapi kamu harus tahu bahwa setelah menikah nanti kamu gak bisa nongkrong bareng teman-teman sesering dulu.

Ada istri atau suami yang harus lebih diprioritaskan saat kamu punya waktu luang. Kalau sampai saat ini kamu masih keberatan membagi waktu dengan pasangan, lebih baik pikirkan lagi rencanamu untuk menikah. 

3. Minta maaf hanya ketika kamu merasa bersalah

Jangan Menikah Dulu Kalau 6 Hal Berikut Masih Jadi Prinsipmu!pexels/cottonbro

Saat sudah berstatus sebagai suami atau istri, kamu gak bisa lagi bersikap keras kepala dan selalu ingin dimengerti. Harus ada kata saling di antara kalian. Seperti ketika terjadi perselisihan, terkadang kamu harus mengesampingkan ego dan meminta maaf terlebih dahulu, meskipun kamu merasa tidak melakukan kesalahan. 

Baca Juga: 5 Cara Menghentikan Kebiasaan Menyalahkan Pasangan setelah Menikah

4. Tak seorang pun boleh mengkritik dirimu apalagi kekuranganmu

Jangan Menikah Dulu Kalau 6 Hal Berikut Masih Jadi Prinsipmu!pexels/Vera Arsic

Masa bodoh dengan pandangan orang lain tentang dirimu memang gak sepenuhnya salah. Apalagi jika komentar yang mereka berikan bernada negatif dan tidak membangun. Lebih baik tutup telinga dan gak perlu dibawa perasaan.

Tapi bukan berarti prinsip itu selalu benar. Apalagi saat kamu sudah berniat untuk menikah. Kritik dari pasangan harus kamu terima dengan lapang dada. Tentu dia memberikan masukan demi memperbaiki kekuranganmu. Kalau untuk kebaikan bersama gak ada salahnya dicoba kan!

5. Cara paling mudah menyelesaikan masalah adalah menghindarinya

Jangan Menikah Dulu Kalau 6 Hal Berikut Masih Jadi Prinsipmu!pexels/Vera Arsic

Lebih tepatnya adalah menghindari masalah sebelum kejadian, bukan malah lari dari masalah yang sudah terlanjur terjadi. Beda dong ya! Kalau memang kamu berniat kuat untuk berumah tangga seharusnya sejak dini latih dirimu untuk bertanggung jawab menyelesaikan persoalan yang kamu hadapi.

Melarikan diri hanya akan membuat dirimu terlihat pengecut. Nantinya setelah menikah, mungkin kalian akan menghadapi masalah yang lebih berat lagi. Kalau kamu terbiasa lari, bukannya masalah itu segera selesai yang ada justru semakin runyam.

6. Pernikahan bagimu adalah hidup bersama dan melanjutkan keturunan

Jangan Menikah Dulu Kalau 6 Hal Berikut Masih Jadi Prinsipmu!pexels/August de Richelieu

Memang salah satu tujuan dua orang menikah adalah untuk memperoleh keturunan. Tapi jangan jadikan itu sebagai prinsip yang utama. Iya kalau kalian segera diberikan momongan, kalau tidak itu hanya akan memicu pertengkaran di antara kalian.

Kamu bisa merencanakan kapan akan menikah, tapi soal hadirnya anak dalam rumah tangga kalian, itu jadi hak mutlak milik Allah semata. Ada banyak hal lain yang sama pentingnya untuk kamu capai bersama pasangan. Seperti memperbaiki perekonomian keluarga dan saling menjaga kesetiaan satu sama lain. 

Keinginan untuk menikah pasti akan muncul di benakmu cepat atau lambat. Terpenting saat niat baik tersebut mulai terpikirkan, jangan buru-buru mengambil keputusan. Renungkan lagi baik-baik, apakah prinsip di atas masih menempel padamu atau tidak. Jika iya, ada baiknya rubah dulu mindset tersebut, baru deh ajak pasangan untuk membahas soal pernikahan. 

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Dipahami Cowok sebelum Memutuskan Menikah

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya