Comscore Tracker

5 Sebab Orang Ragu Menjalin Hubungan Asmara meskipun Sebenarnya Ingin

#IDNTimesLife Mulai dari trauma hingga rasa gak percaya diri

Tentu kamu pernah mengetahui teman atau saudara yang masih betah melajang meskipun dia sudah cukup umur dan bisa dikatakan mapan secara finansial. Kadang kamu pun dibuat kepo, apa sebenarnya alasan yang membuat dia sampai enggan membuka hati. Padahal gak sedikit lawan jenis yang berusaha mendekatinya. 

Bukannya gak ingin punya pacar seperti yang lain, tapi pasti ada alasan tertentu kenapa temanmu itu masih ragu. Seperti lima sebab berikut ini. Kamu juga perlu tahu, lho supaya bisa lebih menghargai keputusannya dan gak bertanya-tanya terus.

1. Rasa trauma karena kegagalan hubungan di masa lalu jadi alasan paling umum yang membuat orang enggan kembali jatuh cinta

5 Sebab Orang Ragu Menjalin Hubungan Asmara meskipun Sebenarnya Inginunsplash/Yuanpei Hua

Pernah mengalami kekerasan fisik maupun mental saat menjalin hubungan asmara dulu, bisa menyebabkan seseorang memiliki trauma yang cukup dalam. Oleh karena itu, wajar jika hingga saat ini dia masih saja ragu untuk mencoba membuka hatinya lagi.

Bayang-bayang masa lalu yang kelam membuatnya takut, jika nantinya akan mengalami hal serupa lagi. Kalau sudah begini, mungkin butuh waktu yang lebih lama untuk bisa menyembuhkan rasa traumanya itu. Sebagai teman atau saudara, jika kamu mengetahui kondisinya bisa kok ikut serta membantu memulihkan kondisi psikisnya tersebut. 

2. Melihat orangtua atau teman dekat yang mengalami kekerasan oleh pasangan mereka, membuatnya takut mengalami hal serupa

5 Sebab Orang Ragu Menjalin Hubungan Asmara meskipun Sebenarnya Inginunsplash/Tamara Bellis

Pengalamannya menjadi saksi mata tindak kekerasan yang dialami orang terdekatnya juga sangat bisa menimbulkan trauma. Misal, di rumah dia sering melihat ibunya dibentak bahkan dipukul oleh ayah kandungnya sendiri.

Meskipun gak mengalami langsung kekerasan tersebut, tapi kejadian itu bisa membuatnya merasa jika hubungan asmara ternyata sangat menakutkan. Jadi dia lebih menutup karena ketakutan jika salah pilih pasangan, dia akan bernasib sama seperti ibunya. 

3. Perasaan kurang percaya diri atau insecure membuat orang berpikir bahwa dirinya gak pantas untuk dicintai

5 Sebab Orang Ragu Menjalin Hubungan Asmara meskipun Sebenarnya Inginunsplash/Lenin Estrada

Gak percaya pada diri sendiri juga bisa menyebabkan seseorang menutup diri dari pergaulan, terlebih dengan lawan jenisnya. Dia merasa kurang cantik atau ganteng dan memiliki postur tubuh yang tidak ideal, makanya untuk sekadar naksir saja dia jadi minder.

Padahal, gak semua orang memandang lawan jenis hanya dari penampilan fisiknya saja, lho. Selama bisa membawa diri dengan baik, tentu juga akan membuat lawan jenis tertarik untuk mendekatinya. 

Baca Juga: 5 Tanda kalau Masa PDKT Sudah Toxic dari Awal, Yakin Mau Lanjut?

4. Masih sayang dan berharap bisa kembali ke pelukan mantan membuat seseorang ragu mengisi hatinya dengan cinta yang baru

5 Sebab Orang Ragu Menjalin Hubungan Asmara meskipun Sebenarnya InginPexels.com/Andrea Piacquadio

Gagal move on juga bisa menyebabkan seseorang gak juga mantap untuk memulai lembaran baru dalam hubungan asmara. Keinginan kuat untuk bisa rujuk lagi sama mantan, membuatnya mengabaikan lawan jenis yang mencoba mendekati.

Sementara itu, mungkin saja dengan meninggalkan masa lalu dan mencoba memulai dengan orang yang baru dia bisa merasa lebih bahagia. Tapi mau bagaimana lagi, terkadang saat sudah dibutakan oleh cinta orang jadi semakin sulit menggunakan logika. 

5. Ambisi meraih cita-cita membuatnya harus mengesampingkan urusan hati supaya pikiran bisa lebih fokus

5 Sebab Orang Ragu Menjalin Hubungan Asmara meskipun Sebenarnya Inginunsplash/BBH Singapore

Selain rasa trauma, insecure atau masih terjebak nostalgia, hasrat untuk dapat meraih kesuksesan di usia muda juga bisa jadi alasan seseorang mengabaikan urusan jodoh. Tentu saja keinginan untuk memiliki kekasih pasti ada, namun saat ini mewujudkan cita-cita dirasa lebih berharga.

Makanya, dia akan terlihat fokus dan telaten dalam urusan karier. Bisa dilihat juga, kalau semakin lama kariernya akan semakin meningkat pesat. Wah, golongan jomlo berkualitas nih! 

Jadi, jangan lagi menilai orang lain dari luarnya saja, ya! Apalagi membuat kesimpulan sendiri, bahwa orang yang masih saja jomblo artinya dia gak laku alias gak ada yang mau. Bisa saja, salah satu dari lima poin di atas jadi penyebabnya.

Sebagai pribadi yang dewasa, seharusnya kamu bisa bersikap bijak. Salah satunya dengan tidak terlalu kepo dan ikut campur urusan orang lain.

Baca Juga: 5 Zodiak Jomblo dengan Peruntungan Asmara Terbaik pada Desember 2020

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya