Comscore Tracker

Agar Tak Gagal Lagi, 5 Sikap Ini Gak Boleh Dibawa Saat Pacaran

Simple tapi fatal dampaknya

Putus adalah hal yang biasa terjadi pada tiap pasangan kekasih. Sebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari tidak lagi saling mencintai, terhalang restu orang tua, atau hadirnya orang ketiga. Apapun alasannya, penting untuk menjadikan itu sebagai pelajaran agar nantinya tak terjadi lagi kejadian putus, karena penyebab yang sama. 

Namun demikian, masih saja ada orang yang gak belajar dari masa lalu. Mungkin karena dia gak pernah merasa melakukan kesalahan, atau lebih suka melimpahkannya ke mantan kekasih. Dia yakin, kalau dirinya selalu saja jadi korban dan tidak diperlakukan dengan baik tiap kali punya pacar. Padahal gak menutup kemungkinan, kalau sumber masalah sebenarnya ada padanya. 

Lalu sikap yang seperti apa sih, yang memperbesar potensi kamu bisa gagal berkali-kali dalam hubungan asmara? Simak yuk, ulasannya berikut ini.

1. Diam-diam masih berhubungan dengan mantan

Agar Tak Gagal Lagi, 5 Sikap Ini Gak Boleh Dibawa Saat Pacaranunsplash.com/Luke Porter

Sebenarnya gak ada salahnya, tetap menjalin hubungan baik dengan mantan. Tapi lain soal bila saat ini kamu sudah punya kekasih baru. Niat baikmu menjalin silaturahmi sama mantan, bakal jadi awal mala petaka jika tidak dilakukan dengan benar. Sebelum memutuskan untuk bersahabat dengannya, alangkah baiknya kamu memberi tahu dulu pacarmu. Yakinkan dia, bahwa saat ini kamu sudah gak lagi ada rasa pada si mantan, dan ini murni niatan untuk kembali berteman saja.

Jangan sampai, kamu malah diam-diam berhubungan dengan mantan. Kalau sampai pacarmu yang sekarang tahu, saat itu sudah terlambat untuk memberinya penjelasan. 

2. Suka menghindar ketika ada masalah

Agar Tak Gagal Lagi, 5 Sikap Ini Gak Boleh Dibawa Saat Pacaranunsplash.com/Nik Shuliahin

Wajar saja kok, dalam hubungan asmara terjadi perselisihan. Kamu tentu tidak sekali-dua kali mengalaminya. Terpenting adalah bagimana menyikapinya. Kalau sampai sekarang kamu masih hobi lari dari masalah, jangan harap deh urusan asmaramu bakal berjalan mulus. Masalah ada bukan untuk ditinggalkan, tapi diselesaikan. 

Daripada menghindar dari masalah, lebih baik berupaya agar masalah tersebut tidak terjadi lagi. Gunakan pengalamanmu yang telah berlalu sebagai pelajaran. Jangan sampai kamu justru jatuh di lubang yang sama berkali-kali.

Baca Juga: 5 Masalah yang Dihadapi Pasangan dengan Beda Usia Terlalu Jauh

3. Terlalu mengumbar kemesraan di depan umum

Agar Tak Gagal Lagi, 5 Sikap Ini Gak Boleh Dibawa Saat Pacaranunsplash.com/Gabriel Silvério

Ketika baru saja jadian, rasa-rasanya ingin menunjukkan ke semua orang betapa bahagianya kamu saat itu. Sah-sah saja sih, upload foto sama pacar di medsos. Akan tetapi, kalau keseringan justru akan membuat orang yang melihat merasa risi. Lagi pula, sebelum posting apakah kamu sudah meminta izin dari pacarmu atau belum?

Jangan disepelekan, ya karena kenyataannya gak sedikit orang yang kurang berkenan, bila hubungan pribadinya diumbar-umbar ke media sosial. Bukannya bikin kalian happy, bisa jadi karena satu foto jadi berujung ke pertengkaran.

4. Sering curhat ke teman saat lagi berantem sama pacar

Agar Tak Gagal Lagi, 5 Sikap Ini Gak Boleh Dibawa Saat Pacaranunsplash.com/Priscilla Du Preez

Curhat jadi salah satu cara bagi sebagian orang untuk meringankan beban pikirannya. Tapi perlu diingat, bahwa curhat bukan berarti membeberkan segala sesuatunya pada orang lain. Boleh saja, kamu curhat ke teman dekatmu saat lagi berantem sama pacar. Namun, sebaiknya jangan ceritakan masalah kalian secara detail. Apalagi bila itu sudah menyangkut ke hal-hal yang sangat pribadi dan sensitif. 

Meskipun baru berstatus pacar, kalian juga harus saling menjaga privasi masing-masing. Buruknya dia, cukup kamu saja yang tahu begitu pula sebaliknya. Terlalu mengumbar aib pasangan, hanya akan membuat dia semakin ilfeel padamu, lho.

5. Memaksakan kehendak pada pasangan secara berlebihan

Agar Tak Gagal Lagi, 5 Sikap Ini Gak Boleh Dibawa Saat Pacaranunsplash.com/Brooke Cagle

Tiap orang pasti punya kriteria pacar idamannya masing-masing. Akan tetapi, gak banyak orang beruntung yang bisa mendapatkan pasangan yang sesuai, dengan apa yang diidamkannya. Alhasil, mereka menuntut pasangannya untuk berubah, mengikuti keinginan mereka.

Kalau kamu termasuk salah satunya, lebih baik segera rubah kebiasaan itu deh. Pikirkan, pacarmu juga punya gayanya sendiri, dan ingin menjadi seperti apa yang membuatnya nyaman. Lagi pula, jika kamu diatur-atur seperti itu tentu akan merasa jengkel juga, kan?

Itu tadi, lima sikap yang sebaiknya kamu buang jauh agar hubungan pacaranmu bisa langgeng. Sebenarnya, gak sulit kok melakukannya selama ada niat dan usaha. Toh, itu juga demi kebaikanmu juga. Gak mau kan gagal terus dalam percintaan?

Baca Juga: 7 Kemungkinan Alasan Cowok Jarang Unggah Foto Pasangan di Medsos

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You