Comscore Tracker

5 Sikap Ini Mencerminkan Bahwa Kamu adalah Tipe Pacar yang Egois

Suka mengatur tapi gak mau diatur

Salah satu sikap buruk seseorang yang paling menyebalkan adalah egois. Apalagi itu diterapkan dalam hubungan asmara, alias pacaran. Pasti bikin sang pacar kewalahan menghadapinya, deh. Sayang, gak semua orang menyadari bahwa selama ini dia telah bersikap egois. Jadi susah juga kalau mau menghilangkan sikap jelek tersebut. 

Lalu kamu sendiri, apakah yakin bukan termasuk sebagai sosok pacar yang egois? Jangan-jangan tanpa disadari kamu juga punya sisi buruk ini lagi. Makanya, pacarmu sering protes. Nah, berikut adalah lima sikap yang mencerminkan kalau kamu, tuh ternyata egois. Berani cek poinnya satu per satu?

1. Selalu menuntut pacar untuk menjadikanmu yang utama

5 Sikap Ini Mencerminkan Bahwa Kamu adalah Tipe Pacar yang Egoisilustrasi protes ke pacar (pexels.com/Polina Zimmerman)

Sebagai pacar, otomatis kamu merupakan salah satu orang yang disayang dalam hidupnya. Tentu saja setelah keluarga dan dirinya sendiri. Praktis, kamu gak boleh seenaknya minta dijadikan yang utama, dong. Karena suka tidak suka, kalian belum resmi menikah. Jadi dia gak punya tanggung jawab untuk selalu 'mengurusmu'. 

Ada kalanya, waktu libur yang dia punya ingin dihabiskan bareng keluarga atau nongkrong sebentar sama teman-temannya. Kamu gak berhak cemburu tanpa alasan yang jelas, ya! Toh, dia juga tetap menyediakan waktunya untukmu, kan? Kecuali pacarmu ini terlalu cuek, baru kamu boleh memberinya teguran.

2. Sering mengungkit kebaikan yang telah dilakukan, seoalah-olah pacar harus membalasnya

5 Sikap Ini Mencerminkan Bahwa Kamu adalah Tipe Pacar yang Egoisilustrasi menuntut pacar (pexels.com/RODNAE Productions)

Berkorban untuk pacar adalah sesuatu hal yang wajar, bahkan terlihat manis. Itu artinya kamu benar-benar peduli dan cinta sama kekasihmu ini. Tapi semua kebaikan itu akan terasa sia-sia, jika ternyata ada udang di balik batu. Ya, kamu sering kali mengungkit segala pengorbanan yang pernah dilakukan untuknya.

Mulai dari perkara receh, seperti mengantar jemput doi ke kampus, sampai hitung-hitungan uang yang pernah kamu keluarkan untuknya. Padahal, pacarmu gak pernah meminta semua itu, lho. Kamu sendiri yang menawarkannya. Giliran diterima, eh malah dia yang terlihat seperti punya utang budi padamu. Egois banget, deh!

3. Kamu mulai mengatur siapa saja yang boleh dan tidak boleh dekat dengannya

5 Sikap Ini Mencerminkan Bahwa Kamu adalah Tipe Pacar yang Egoisilustrasi marah ke pacar (pexels.com/Keira Burton)

Cemburu ke pacar, sih sah-sah saja asalkan jelas apa alasannya. Selain itu jangan pernah menggunakan rasa cemburu sebagai tameng untuk bisa mengatur pergaulan pacar seenaknya sendiri. Seperti memilih siapa yang boleh dan tidak boleh berteman dengannya. Bukan karena mereka bakal membawa dampak buruk untuknya. Tapi hanya karena kamu gak suka saja sama orang-orang ini saja.

Tentu pacarmu keberatan dengan aturan tersebut, dong. Sebab dia merasa sejauh ini gak ada yang salah dengan teman-temannya itu. Kalau soal kamu cemburu, sih dia juga pernah bilang akan menjaga sikap, kok. Lagi pula, selama ini pacarmu gak pernah dekat dengan lawan jenis secara berlebihan, kan? Makanya, gak ada alasan untuk mengatur dia sampai segitunya, sih.

Baca Juga: Jangan Egois, 5 Hal Ini Harus Kamu Korbankan saat Punya Pasangan

4. Tidak pernah merasa bersalah meskipun sudah membuat pacarmu sakit hati

5 Sikap Ini Mencerminkan Bahwa Kamu adalah Tipe Pacar yang Egoisilustrasi menyepelekan (pexels.com/Timur Weber)

Sengaja atau tidak, kamu pasti pernah membuat pacarmu sakit hati. Entah karena perkataan atau tabiatmu yang melukai harga dirinya. Tapi begitu disadarkan apa kesalahanmu, bukannya meminta maaf, eh kamu malah pura-pura tidak bersalah. Pikirmu dengan begitu masalah akan selesai dengan sendirinya. Salah besar, dong!

Justru kamu sedang membuat persoalan yang tadinya cuma sepele menjadi runyam. Bayangkan, kalau sebelumnya kamu mau mengaku salah dan minta maaf, mungkin doi masih bisa memakluminya. Tapi karena kamu malah bersikap egois begini, pacarmu jadi makin ilfeel dan berencana untuk melepaskanmu sekalian, lho.

5. Sementara jika pacar berani mengusik kehidupan pribadimu, kamu bakal marah karena gak terima

5 Sikap Ini Mencerminkan Bahwa Kamu adalah Tipe Pacar yang Egoisilustrasi perdebatan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Giliran pacarmu melakukan hal yang sama, eh kamu malah merasa disudutkan dan gak terima. Menurutmu, sebagai pacar dia tidak berhak mengatur kehidupan pribadimu. Mau kamu dekat dengan siapa, dia gak boleh melarang. Nah, memangnya kamu lupa, pernah melakukan hal yang sama ke pacarmu sendiri?

Sekarang kalau dibalik, harusnya kamu juga mau menerimanya, dong. Jangan cuma mau dituruti saja, sementara kamu sendiri gak mau nurut. Apa itu namanya, kalau bukan egois?

Gimana, apakah kelima sikap tadi nyatanya sering kamu terapkan sehari-hari? Jika iya, sekarang mungkin belum terlambat untuk memperbaikinya. Jangan sampai kamu baru sadar dan berubah setelah dia memutuskan untuk pergi dari hidupmu, ya. Nanti malah menyesal, lho.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Hubunganmu Melelahkan, Saling Egois!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya