Comscore Tracker

5 Sisi Negatif dari Menjalani Hubungan Pacaran yang Terlalu Lama

Buang-buang waktu kalau gak ada kepastian

Menjalin hubungan pacaran dengan seseorang dalam jangka waktu yang sangat lama memang banyak efek baiknya. Seperti, kalian bisa saling mengenal pribadi satu sama lain, tidak lelah bergonta-ganti pasangan, dan lebih mantap jika mau melanjutkan ke jenjang pernikahan. Akan tetapi, selain punya sisi positif pacaran terlalu lama juga ada sisi negatifnya, lho.

Buat kamu yang sudah berpacaran lebih dari lima tahun misalnya, lima hal kurang menyenangkan berikut pasti pernah kamu rasakan bareng pasangan. Keep scrolling untuk mencocokkannya, ya!

1. Kalian akan sampai di titik bosan tapi enggan melepaskan

5 Sisi Negatif dari Menjalani Hubungan Pacaran yang Terlalu LamaPhoto by cottonbro from Pexels

Bersama dengan orang yang sama selama tujuh tahun terakhir, wajar jika kamu mulai merasa bosan. Rutinitas yang begitu-begitu saja sukses membuat kalian jenuh. Sempat sih terlintas pikiran untuk putus, tapi mengingat perjalanan kalian yang sudah sejauh ini, rasanya sayang untuk begitu saja diakhiri. 

Untuk meredam kebosanan tersebut, kamu bisa ajak pasangan berlibur ke luar kota seharian atau kalian bisa pakai cara menyibukkan diri dengan kegiatan masing-masing dulu. Begitu merasa rindu baru deh ketemuan lagi.

2. Menimbulkan fitnah dan gosip yang tidak menyenangkan

5 Sisi Negatif dari Menjalani Hubungan Pacaran yang Terlalu LamaPhoto by cottonbro from Pexels

Meskipun kamu dan pacar sudah sepakat untuk cuek sama komentar orang, tapi kalian berdua gak punya daya untuk menutup mulut mereka semua. Pasti akan ada satu dua orang yang tega melontarkan tuduhan tak berbukti atas hubungan kalian. Sepert,i kamu dikira cewek nakal karena pacaran kelamaan dan tidak segera dinikahkan.

Gosip ini kalau sampai kamu bawa ke dalam hati, justru efeknya bikin hubungan kalian yang tadinya baik-baik saja jadi berubah runyam, lho. Jadi jika tuduhan mereka salah mending jangan ditanggapi deh!

Baca Juga: 7 Alasan Logis Kenapa Kita Gak Perlu Kepo dengan Masa Lalu Pacar

3. Masa mudamu habis untuk urusan cinta dan bukan lagi cita-cita

5 Sisi Negatif dari Menjalani Hubungan Pacaran yang Terlalu Lamapexels/cottonbro

Tak bisa dipungkiri, jika status pacaran dapat menghabiskan sebagian besar waktumu. Memang kamu tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari tanpa diganggu sama pacar. Tapi coba pikir ketika kalian sedang bertengkar, tentunya suasana hatimu juga jadi tidak enak. Mau menyelesaikan tugas kuliah jadi gak fokus. Urusan pekerjaan juga jadi terbengkalai karena sibuk mengurusi pacar yang lagi ngambek. 

Masa muda yang seharusnya dimanfaatkan untuk menggapai cita-cita, malah dihabiskan dengan drama yang seolah senang datang dan pergi mengganggumu. 

4. Walau lama bersama jika tak ada kepastian tujuan sama juga bohong

5 Sisi Negatif dari Menjalani Hubungan Pacaran yang Terlalu LamaFoto oleh Jasmine Carter dari Pexels

Mungkin kalian memang sudah bersama selama tujuh tahun lebih. Keluarga kalian juga sudah saling kenal dan akrab. Namun meskipun begitu, belum ada obrolan yang membahas soal masa depan kalian nanti. Dia selalu mangkir tiap kali ditanya apakah serius dengan hubungan ini atau tidak. Sementara kamu sendiri juga masih ragu, untuk lanjut ke pelaminan bareng dia. 

Hubungan asmara yang punya konsep "jalani saja dulu" gak akan membuat hatimu damai. Justru semakin lama bersama tanpa kepastian, kalian akan semakin membuang-buang waktu yang berharga. 

5. Kalau pun putus, itu akan menjadi pukulan telak yang menyakitkan

5 Sisi Negatif dari Menjalani Hubungan Pacaran yang Terlalu LamaFoto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Putus memang wajar terjadi pada semua pasangan di dunia ini. Memang rasanya pasti menyakitkan kehilangan orang yang kita sayang. Tapi untuk kasusmu. Kalau sampai putus suatu saat nanti, itu bisa jadi pukulan telak bagi kalian berdua. Gimana tidak, kalian terlanjur saling kenal dari A sampai Z. Harapan untuk bisa membangun keluarga bersama juga pasti pernah kamu angan-angankan. Namun akhirnya malah harus saling merelakan. 

Memang gak salah kamu melakoni hubungan pacaran yang terbilang lama. Asalkan, kalian berdua sama-sama mau berkomitmen dan punya tujuan yang jelas. Obrolkan dengan pacarmu, katakan apa yang kamu harapkan dari hubungan ini.

Jika memang tidak ada kecocokan visi dan misi hidup yang sejalan, lebih baik kalian berteman saja deh. Daripada terlanjur sayang eh, pada akhirnya hanya menjaga jodoh orang. Sakit banget kan pastinya!

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Pacar Perfeksionis yang Sering Kali Tidak Disadari

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya