Comscore Tracker

5 Syarat yang Wajib Dipenuhi Sebelum Memutuskan Balikan

Jangan gegabah nanti malah menyesal

Bagi sebagian orang, balikan sama mantan tuh pantang dilakukan. Soalnya bisa bikin malu. Apalagi sebelumnya sudah pernah berkelakar kalau sampai kapan pun gak bakal mau balikan lagi sama doi. Ibarat menjilat ludah sendiri, kan jadinya? Tetapi sebenarnya, mau rujuk atau tidak itu gak ada salah atau benarnya, kok. Tergantung dari pemikiran masing-masing orang, sih. 

Seperti ketika kamu dan mantan berencana ingin memulai lagi hubungan asmara kalian dari awal. Gak masalah mau balikan, tapi sebaiknya penuhi dulu kelima syarat berikut ini. Supaya langkah kalian semakin mantap dan pada akhirnya bisa rujuk kembali tanpa ada yang mengganjal di hati. 

1. Sudah benar-benar memaafkan kesalahan mantan di masa lalu

5 Syarat yang Wajib Dipenuhi Sebelum Memutuskan Balikanilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Thiều Hoàng Phước)

Pertama-tama kalian harus bisa saling memaafkan kesalahan di masa lalu. Bisa jadi, penyebab kandasnya hubungan kalian saat itu karena adanya masalah yang belum benar-benar tuntas.

Nah, sekarang saatnya berbenah. Mumpung kepala kalian sama-sama dalam kondisi dingin, nih. Jadi gak gampang tersulut emosi. Setelah masalah itu rampung baru, deh mulai merencanakan untuk balikan. 

2. Kalian sama-sama tidak sedang menjalin hubungan dengan lawan jenis

5 Syarat yang Wajib Dipenuhi Sebelum Memutuskan Balikanilustrasi orang berkencan (pexels.com/Gustavo Fring)

Gak mungkin, dong kalian berencana balikan sementara masing-masing masih punya pasangan? Nanti jatuhnya jadi perselingkuhan, lho. Makanya, penting untuk memastikan kalau kalian sama-sama single. Baik itu tidak punya pacar maupun sekadar gebetan.

Kalau pun ternyata ada, ya sebaiknya selesaikan dulu urusan kalian dengan pasangan masing-masing, deh. Baru setelah itu, bisa memikirkan rencana untuk rujuk lagi. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipastikan sebelum Kamu Setuju Balikan sama Mantan

3. Minta saran dari orang-orang terdekat sebagai bahan pertimbangan

5 Syarat yang Wajib Dipenuhi Sebelum Memutuskan Balikanilustrasi curhat ke teman (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Tak ada salahnya membahas rencana ini dengan orang-orang terdekat kalian, seperti sahabat atau keluarga. Minta saran dari mereka dan jadikan itu sebagai bahan pertimbangan. Mungkin saja, setelah mendengar pendapat orang lain, pikiranmu jadi semakin terbuka.

Namun tetap saja, ya keputusan final ada di tanganmu. Jadi balikan apa tidak, itu tergantung pilihanmu sendiri, kok. 

4. Harus siap bila nantinya hubungan kalian bakal dibayangi masa lalu

5 Syarat yang Wajib Dipenuhi Sebelum Memutuskan Balikanilustrasi pasangan romantis (pexels.com/Helena Lopes)

Ibarat luka, bisa saja sembuh tapi pasti ada bekasnya walau hanya sedikit. Begitu pula dengan hubungan kalian setelah rujuk nanti. Kamu dan mantan mesti siap dan terima, jika asmara kalian bakal dibayangi oleh masa lalu.

Mungkin kamu dan dia sudah saling memaafkan, namun gak segampang itu melupakan, lho. Paling penting kalian bisa mengontrol diri. Jangan sampai kesalahan serupa terulang atau sekadar diungkit-ungkit lagi. 

5. Tentu saja perlu ada perasaan cinta yang membara di antara kalian

5 Syarat yang Wajib Dipenuhi Sebelum Memutuskan Balikanilustrasi pasangan kekasih (pexels.com/Bethany Ferr)

Percuma balikan jika di antara kalian sudah gak ada perasaan cinta yang kuat dan membara. Sebab dengan adanya rasa itu, niscaya rintangan seberat apa pun bisa kalian lalui bersama. Apalagi kondisinya kalian bakal memulai hubungan dari awal lagi.

Mustahil, jika hanya satu orang saja yang masih amat mencintai, sementara yang lain cuma sebatas sayang saja. Makanya, pastikan dulu kalian masih sama-sama saling mencintai, ya! 

Gak perlu malu ketika memutuskan buat balikan sama mantan daripada cari kekasih baru. Asalkan kalian berdua sudah memenuhi kelima syarat di atas tadi, ya. Bukan mustahil, kok hubungan yang ke dua ini bakal berjalan lebih mulus dan bisa berlanjut hingga ke pernikahan. Semangat!

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Masih Nempel tapi Gak Minta Kamu Balikan sama Dia

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya