Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Temanmu Hanya Memanfaatkanmu, Jauh-jauh deh!

Ternyata dia baik karena ada maunya

Punya banyak teman tentunya menyenangkan sebab kamu gak bakal sering merasa kesepian. Namun, kamu perlu mawas diri juga karena gak menutup kemungkinan ada di antara teman-temanmu yang ternyata memiliki niat buruk. Biar makin waspada, coba deh cek apakah lima situasi berikut pernah kamu alami saat bersama mereka atau gak. 

1. Tiba-tiba ada teman yang jadi sok akrab

5 Tanda Bahwa Temanmu Hanya Memanfaatkanmu, Jauh-jauh deh!Photo by Bas Masseus from Pexels

Kalian memang sudah lama saling mengenal karena berada di satu kampus atau kantor yang sama. Namun hubunganmu dengannya hanya sebatas tahu nama saja. Kalian hampir gak pernah jalan bareng atau mengobrol berdua.

Namun, tiba-tiba dia jadi mendekatkan diri denganmu. Awalnya sih kamu berpikir dia cuma ingin berteman saja, tapi lama kelamaan dia terkesan memaksa untuk bisa masuk ke inner circle-mu. 

2. Kamu punya nilai atau prestasi yang sering mereka puji

5 Tanda Bahwa Temanmu Hanya Memanfaatkanmu, Jauh-jauh deh!Photo by VisionPic .net from Pexels

Kamu sempat dibuat merinding ketika dia terus saja memuji prestasi yang kamu punya selama ini. Mengingat awalnya kalian gak begitu dekat, bagaimana bisa dia tahu semua tentangmu.

Hal itu membuatmu curiga, jangan-jangan dia sengaja mencari informasi tersebut demi tujuan tertentu. Senang sih dipuji, tapi jika sanjungan itu berlebihan pasti akan gak nyaman dong jadinya.

3. Mereka akan membanjirimu dengan hadiah yang melimpah

5 Tanda Bahwa Temanmu Hanya Memanfaatkanmu, Jauh-jauh deh!pexels/Daria Shevtsova

Tak hanya menyanjungmu, temanmu juga gemar sekali memberikan hadiah. Padahal kamu sedang gak berulang tahun atau merayakan hal lainnya. Apalagi jika dia memberimu terus-terusan, pasti ada udang di balik batu. Wajar kalau kamu berpikir dia punya maksud lain di balik kebaikannya itu.

Baca Juga: 7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmu

4. Lama-lama dia mulai banyak maunya

5 Tanda Bahwa Temanmu Hanya Memanfaatkanmu, Jauh-jauh deh!pexels/Brett Sayles

Benar saja, prasangkamu itu terbukti nyata pada akhirnya. Setelah sekian lama menghujanimu dengan kebaikan, temanmu ini mulai menunjukkan niat yang sebenarnya. Dia jadi berani menuntutmu ini dan itu, karena merasa sudah dekat denganmu.

Bahkan dia gak sungkan meminta bantuanmu buat urusan yang sebenarnya merugikanmu sendiri. Misalnya, membantunya berbuat kecurangan. Hati-hati deh kalau sudah begitu!

5. Setelah mendapatkan apa yang dimau, tiba-tiba dia menghindarimu

5 Tanda Bahwa Temanmu Hanya Memanfaatkanmu, Jauh-jauh deh!Photo by Vinicius Wiesehofer from Pexels

Karena terus dihujani permintaan yang memaksa, akhirnya kamu risi dan memilih menurutinya. Niatmu menolong supaya dia lekas diam dan gak mengganggumu lagi. Namun, setelah itu dia menghilang begitu saja.

Senang sih sudah gak diganggu lagi. Tapi kamu juga jadi kesal karena pengorbananmu seakan gak dihargai sama sekali. Menyampaikan kata terima kasih atas yang kamu lakukan pun tidak. 

Dalam berteman memang kamu dituntut untuk bisa selektif. Bukan berarti pilih-pilih teman ya. Tapi kalau berakhir seperti ini kan kamu sendiri juga yang bakal rugi. Semoga lima situasi di atas gak akan kamu alami ya!

Baca Juga: 5 Tips Mendekatkan Diri dengan Teman-teman yang Lama Tak Bertemu

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya