Comscore Tracker

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Hidupmu Terlalu Diatur oleh Pasangan

Sebenarnya kamu berhak menolak

Memiliki kekasih yang gemar ikut campur urusan pribadi, bahkan mengatur kehidupanmu tentu sangat menjengkelkan. Alih-alih merasa bahagia karena dibanjiri perhatian yang meluap-luap, lama-lama kamu bakal risi dan jenuh juga.

Akan tetapi, gak selamanya kamu sadar jika saat ini hari-harimu tengah dikontrol olehnya. Ini diakibatkan karena pacarmu begitu lihai menyembunyikan sifat aslinya dengan dalih ingin memberikan yang terbaik bagimu. Makanya kamu selalu nurut-nurut saja apa kata dia. 

Nah, biar gak keterusan coba deh cek lima tanda berikut ini. Bila memang kelima tanda yang dimaksud cocok dengan yang kamu alami, itu artinya selama ini hidupmu benar-benar diatur olehnya. Segera ambil tindakan sebelum menyesal nantinya.

1. Apa pun yang akan kamu lakukan harus lebih dulu mengantongi izin darinya

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Hidupmu Terlalu Diatur oleh Pasanganunsplash/Alex Bocharov

Pertama, kamu terbiasa meminta izin ke pacar tiap kali akan pergi ke suatu tempat atau melakukan kegiatan tertentu. Misalnya mau main futsal bareng teman-teman kantormu. Sebenarnya bisa saja kamu pergi tanpa bilang-bilang ke dia, toh kalian juga belum tinggal satu atap.

Tapi selalu ada perasaan was-was dia akan tahu dan marah jika kamu gak meminta izin terlebih dahulu. Bahkan jika dia tidak memperbolehkan, mau tidak mau kamu gak akan berangkat futsal. 

2. Merasa diri selalu salah dan dia yang paling benar

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Hidupmu Terlalu Diatur oleh Pasanganunsplash/Allan Filipe Santos Dias

Salah satu buah dari keberhasilannya mengatur hidupmu adalah kamu menjadi insecure pada kemampuan dirimu sendiri. Kamu percaya bahwa pacarmu lebih pintar, bijak dan selalu benar dibandingkan denganmu. Maka gak heran, tiap kali adu pendapat kamu akan lebih cepat "kalah" dan pada akhirnya memilih untuk diam dan menurut saja.

Padahal belum tentu juga pemikirannya itu tepat. Bisa saja, lho idemu lebih cemerlang dan masuk akal. Tapi ya, balik lagi karena terlanjur percaya sepenuhnya padanya, kamu jadi menganggap dia gak pernah salah. 

Baca Juga: 5 Risikonya kalau Kamu Pasrah Saja saat Dikekang Pasangan

3. Dia suka membuat peraturan yang memberatkanmu tapi menguntungkan baginya

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Hidupmu Terlalu Diatur oleh Pasanganunsplash/The Creative Exchange

Meskipun masih sebatas pacaran, wajar saja kok kalian memiliki sejumlah peraturan yang harus ditaati bersama. Tapi tentu saja, peraturan tersebut harus dibuat demi kebaikan kalian berdua. Nah, kalau ternyata aturan yang ada hanya menguntungkan dia seorang, itu sih curang namanya. Tanpa sadar kamu telah dibohongi dan dipermainkan oleh pacar sendiri.

Masa dia bebas jalan bareng siapa saja, sementara kamu gak boleh pergi dengan pria lain kecuali dirinya. Wah, masuk akal gak tuh? Kalau satu orang dilarang, yang lain juga seharusnya tidak boleh melanggar aturan yang sama dong!

4. Bahkan untuk masalah pribadi dan sensitif sekali pun dia gak sungkan ikut campur

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Hidupmu Terlalu Diatur oleh Pasanganunsplash/Shawn Fields

Tentunya baik kamu maupun pacar punya urusan pribadi yang boleh dibilang sensitif. Bahkan kamu hanya menyimpan permasalahan itu sendiri, alias gak boleh ada yang tahu. Tapi pacarmu ini selalu saja mendesak dan ingin mengetahui segala hal tentangmu tanpa terkecuali. Herannya lagi, kamu justru mau-mau saja terbuka dan menceritakan segalanya padanya. Orangtuamu saja tidak tahu menahu, ini kok pacarmu jadi lebih mengerti ya! 

Tak sampai di situ, dia juga gak segan melibatkan diri dalam masalahmu. Kesannya sih so sweet, tapi beban juga lho kalau sampai dia berbuat nekat dan merugikan dirimu sendiri.

5. Ajaibnya kamu selalu nurut apa kata dia dan gak mau kehilangannya

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Hidupmu Terlalu Diatur oleh Pasanganunsplash/JD Mason

Sebenarnya pernah beberapa kali terlintas di pikiranmu kalau hubungan kalian ini sudah mengarah ke toxic relationship. Tapi kamu selalu saja meyakinkan diri sendiri kalau dia gak seburuk yang kamu duga. Apalagi ketika pacarmu sudah mulai mengeluarkan kata-kata manis penuh bujuk rayu.

Pasti deh, kamu akan luluh kembali dan nurut sama dia. Padahal banyak kesempatan terbuka untuk bisa lepas darinya, namun lagi-lagi kamu memilih bertahan. Cinta sih cinta, tapi mesti pakai logika juga dong.

Pasangan suami istri saja harus tetap saling menjaga privasi. Sebab tidak semua hal bisa dibagikan pada pasangan begitu saja. Ada kalanya, beberapa memang harus disimpan rapat untuk konsumsi pribadi demi kebaikan bersama. Apalagi saat ini status kalian masih sekedar pacar. Jangan mau hidup terkekang oleh kekasihmu itu.

Ingat, belum tentu nantinya kalian berjodoh dan lanjut menikah. Sayang waktu yang kamu punya dihabiskan bersama orang racun seperti dia. Makanya, sebisa mungkin segera akhiri saja deh. Daripada ujung-ujungnya hanya tersisa penyesalan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Terburu-buru dalam Memilih Pasangan Hidup

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya