Comscore Tracker

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Diam-diam Iri pada Teman Sendiri

Gak rela kalau dia lebih unggul

Perasaan iri sering kali muncul ketika kamu melihat orang lain selalu unggul darimu. Bisa juga karena kamu lama mengaguminya dan terus berusaha menyaingi dia, tapi tak kunjung bisa berada di level yang sama.

Percayalah, tiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Merasa iri wajar saja, tapi bisa jadi berlebihan jika kamu tidak menyadari bahwa ada rasa iri yang begitu besar di dalam hatimu. Apalagi jika perasaan itu ditujukan pada orang terdekatmu, seperti temanmu sendiri. 

Tidak menyadari perasaan iri tersebut akan membuatmu menjalani persaingan yang tidak sehat. Hidupmu juga tidak akan tenang karena terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Coba deh renungkan tujuh tanda berikut. Jika semuanya ada padamu, bisa dipastikan saat ini kamu tengah menyimpan rasa iri pada salah seorang temanmu. 

1. Selalu kepo sama kehidupan pribadinya

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Diam-diam Iri pada Teman Sendiripexels/Andrea Piacquadio

Tiap kali ada waktu luang, kamu selalu punya keinginan untuk kepo tentang kesehariannya. Mulai dari apa yang sedang dia kerjakan sekarang, apa yang dia makan, sampai pakaian apa yang dia pakai di hari ini.

Rasa ingin tahu itu membuatmu gak mau ketinggalan berita terkini mengenai kehidupan pribadinya. Rasanya ada yang kurang bila sehari saja kamu tidak mencari tahu berita terkini tentang temanmu ini. 

2. Merasa kesal tiap kali dia menunjukkan kebahagiaan

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Diam-diam Iri pada Teman Sendiripexels/Andrea Piacquadio

Akan tetapi, setelah tahu dia tengah bahagia justru timbul rasa tidak senang dalam dirimu. Melihatnya mendapat kejutan dari sang kekasih membuat perasaan iri itu muncul. Ditambah lagi sampai saat ini kamu belum pernah mendapatkan kejutan semacam itu.

Kamu jadi menyalahkan dia karena lebih beruntung dan berbahagia sementara dirimu tidak. Padahal, senang tidaknya kamu bukan tanggung jawab dia. Memang, terkadang perasaan iri yang berlebihan bisa menutupi logika sih. 

3. Sebenarnya kamu mengakui dia punya potensi lebih dibanding dirimu

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Diam-diam Iri pada Teman Sendiripexels/Ellen Kompatscher

Diam-diam sesungguhnya kamu mengakui kalau temanmu ini punya potensi yang melebihi dirimu. Misalnya dia lebih pintar secara akademik, punya karir yang mapan, keluarga yang harmonis, atau pasangan yang setia dan selalu memperlakukannya dengan manis.

Nah, ini yang membuatmu merasa iri padanya, karena menganggap dirimu gak bisa lebih baik darinya. Padahal, bisa saja kamu juga punya kelebihan sendiri yang gak dia miliki lho. 

Baca Juga: 6 Tips Hemat Anti Bokek, Masih Bisa Nongkrong Sama Teman-Teman

4. Tanpa sadar kamu senang ketika melihat dia jatuh atau menderita

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Diam-diam Iri pada Teman SendiriPexels/ELEVATE

Namun ketika kamu melihat dia sedang kesusahan justru timbul perasaan senang dan puas. Alih-alih merasa kasihan dan turut prihatin, kamu malahan menikmati penderitaannya. Sebab di saat itulah, posisimu menjadi lebih unggul darinya. Bahkan gak jarang kamu berharap masalah dia gak akan pernah selesai, supaya penderitaannya semakin lama. Duh, jahat banget gak sih?

5. Diam-diam kamu mengikuti gayanya dan mencoba jadi seperti dia

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Diam-diam Iri pada Teman Sendiripexels/Andrea Piacquadio

Parahnya lagi, rasa iri yang tertanam dalam hatimu ini membuatmu ingin meniru segala hal tentang dirinya. Mulai dari pakaian, makeup, sampai cara bicara dan juga hobi. Padahal belum tentu apa yang dia pakai dan lakukan sesuai dengan kepribadianmu.

Bukannya terlihat keren, justru penampilanmu bakal terlihat aneh. Paling benar memang menjadi diri sendiri dan tampil apa adanya. 

6. Sering kali justru kamu minta dibandingkan dengannya

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Diam-diam Iri pada Teman Sendiripexels/Retha Ferguson

Setiap kali sedang asyik ngobrol dengan teman-teman yang lain, kamu suka sekali memancing percakapan yang menjurus pada temanmu ini. Mulai dari membicarakan tentang kondisi terkininya, hingga dengan sengaja minta dibandingkan dengannya. Coba deh dipikir lagi, kalau bukan karena iri mana ada orang yang suka membanding-bandingkan dirinya sendiri dengan orang lain? 

Tapi bagimu itu suatu cara mencari kepuasan. Kamu akan merasa senang ketika dibilang lebih unggul dari dia. Duh, lama-lama teman-teman dekatmu bakal merasa, lho kalau kamu punya rasa iri pada temanmu itu. 

7. Kamu selalu bersemangat tiap kali membicarakan kekurangannya

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kamu Diam-diam Iri pada Teman SendiriPexels/Andrea Piacquadio

Tak ada topik pembicaraan yang menurutmu lebih seru selain membahas tentang kekurangannya. Memang tiap orang punya kelemahan, tapi jika sudah menyangkut dia sekecil apa pun kelemahan itu akan jadi menarik bagimu untuk dibahas. Bahkan kamu gak segan memulai obrolan tentang topik ini. Bagimu, dia harus terlihat buruk di mata orang lain supaya kamu terpuaskan. 

Nah itu tadi tujuh tanda kalau diam-diam kamu punya rasa iri pada temanmu sendiri. Jadi, apakah saat ini kamu tengah mengalami ketujuh tanda di atas? Kalau iya, lebih baik segera diperbaiki ya! Karena tidak baik memendam rasa iri pada orang lain. Tiap orang punya keunggulannya masing-masing, begitu pula denganmu. Daripada repot-repot mengurusi hidup orang lain, lebih baik kembangkan potensi yang kamu miliki dan jadilah pribadi yang berkualitas menurut versimu sendiri.

Baca Juga: Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Suka Pamer

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya