Comscore Tracker

7 Pertanda Kamu Mulai Jenuh Mencari Jodoh, Gak Perlu Dipaksakan

Tapi jangan diabaikan juga ya!

Setiap orang termasuk kamu pasti punya keinginan untuk melepas masa lajang suatu saat nanti. Apalagi jika sekarang usiamu juga sudah terhitung matang. Pertanyaan kapan akan menikah begitu deras mengalir, baik dari kedua orangtua, kerabat sampai teman-teman dekat. Bukannya gak mau menjawab, tapi jujur kamu sendiri juga belum tahu pasti kapan hari baik tersebut akan terlaksana. 

Jangankan memikirkan tanggal pernikahan, pacar saja kamu sekarang belum punya, alias masih jomlo. Meskipun begitu, agaknya kamu justru malas mencari pasangan. Buktinya, belakangan kamu kerap kali menunjukkan tujuh tanda berikut ini. 

1. Menyibukkan diri dengan bekerja keras sampai lupa waktu

7 Pertanda Kamu Mulai Jenuh Mencari Jodoh, Gak Perlu Dipaksakanpexels/Andrea Piacquadio

Fokus utamamu saat ini adalah meraih karier yang cemerlang, untuk itu kamu jadi bersusah payah dan totalitas dalam bekerja. Tapi di balik kerja keras itu, sebenarnya kamu tengah berusaha menyibukkan diri supaya gak terpikirkan untuk cari jodoh.

Seiring dengan kesuksesanmu dalam pekerjaan, kamu justru semakin nyaman dengan kesendirian. Lama kelamaan bisa gawat juga lho!

2. Tiap kali ada yang mendekat kamu selalu memilih menjaga jarak

7 Pertanda Kamu Mulai Jenuh Mencari Jodoh, Gak Perlu Dipaksakanpexels/Trinity Kubassek

Giliran ada lawan jenis yang mendekat, kamu langsung ambil jarak darinya. Meskipun belum tentu dia ada niat lebih kepadamu tapi kamu keburu menduga yang terlalu jauh. Seolah-olah kamu sedang membentengi diri dan menyatakan untuk tidak mau berhubungan asmara dengan siapapun. Wah ekstrem juga, ya!

3. Menghabiskan waktu luang untuk hobi daripada cari pacar

7 Pertanda Kamu Mulai Jenuh Mencari Jodoh, Gak Perlu Dipaksakanpexels/Andrea Piacquadio

Tiap kali ada waktu luang, kamu lebih sering menggunakannya untuk hobi daripada pergi keluar dan menambah relasi. Ya, siapa tahu ada yang sreg di hati. Lagi-lagi cara ini kamu gunakan untuk menutup peluang mendapatkan pasangan. Mungkin saja dulunya kamu pernah berusaha mencari pacar tapi, karena lebih banyak gagalnya maka sekarang itu jadi gak menarik lagi buatmu. Daripada sakit hati, lebih baik gak usah mencoba sekalian.

Baca Juga: 5 Sikap yang Jadi Penghalangmu untuk Lekas Bertemu Jodoh, Hindari ya!

4. Tak punya kriteria pasti untuk pasanganmu nanti

7 Pertanda Kamu Mulai Jenuh Mencari Jodoh, Gak Perlu Dipaksakanpexels/Andrea Piacquadio

Saat ada teman atau kerabat yang menanyakan soal kriteria pasangan idamanmu, kamu malah dibuat bingung sendiri. Dulu sih kamu punya beberapa kriteria buat pasangan impianmu kelak. Tapi karena semua kriteria itu gak pernah kesampaian, kamu jadi takut mematok standar terlalu tinggi.

Mau menurunkan tipe pasangan juga bakal membuatmu terlihat payah. Jadi ya, untuk saat ini kamu gak punya kriteria khusus untuk calon pasanganmu nanti. 

5. Rencana menikah bahkan belum terpikirkan sampai hari ini

7 Pertanda Kamu Mulai Jenuh Mencari Jodoh, Gak Perlu Dipaksakanpexels/Andrea Piacquadio

Tentu saja status jomlo di dunia ini bukan hanya tersemat padamu saja. Ada banyak orang di luar sana yang juga menyandang status serupa. Bedanya, meskipun mereka jomlo tapi tetap punya target kapan akan menikah. Nah, kalau kamu berbeda.

Rasa putus asa tidak juga memperoleh pasangan membuatmu ragu menetapkan rencana tersebut. Kamu takut kalau angan-angan untuk menikah itu gak pernah bisa diwujudkan. Sebenarnya banyak peluang sih, cuma kamu terlanjur pesimis duluan. 

6. Punya trauma masa lalu yang membuatmu takut berkomitmen lagi

7 Pertanda Kamu Mulai Jenuh Mencari Jodoh, Gak Perlu Dipaksakanpexels/Dana Tentis

Akar dari segala tanda yang kamu tunjukkan tadi adalah, masih adanya trauma akibat pengalaman burukmu di masa lalu. Mungkin dulunya kamu pernah menemukan tambatan hati yang sesuai kriteriamu selama ini.

Namun asmara kalian harus kandas dengan cara yang terbilang traumatis. Sehingga pengalaman tersebut menyisakan rasa sakit yang mendalam di hatimu. Ujung-ujungnya kamu jadi malas membangun komitmen kembali. 

7. Percaya bahwa jodoh nantinya akan datang dengan sendirinya

7 Pertanda Kamu Mulai Jenuh Mencari Jodoh, Gak Perlu Dipaksakanpexels/Nick Bondarev

Demi menyembunyikan rasa jenuhmu mencari jodoh, kamu selalu berujar bahwa jodoh itu akan datang dengan sendirinya. Sehingga saat ini kamu hanya sedang menunggu dia datang di waktu yang tepat. Memang benar jodoh bakal datang di waktu yang paling pas, tapi gak akan ketemu juga dengan tambatan hati kalau gak pernah dicari. 

Itu tadi ketujuh tanda yang menunjukkan kalau kamu sudah jenuh mencari jodoh. Jika kamu merasa berada di posisi serupa, ada baiknya cari tahu lagi apa penyebabnya. Jangan lantas menyerah begitu saja. Setiap orang pasti punya peluang untuk berbahagia dan menemukan jodohnya kok. Tak terkecuali denganmu, jadi tetap optimis ya!

Baca Juga: Kamu akan Sulit Dapat Jodoh, jika Masih Mematok 5 Kriteria Ini 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya