Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sekadar Suka Bukan Cinta Sama si Dia, Jangan Salah!

Tidak ada niat untuk mengenalnya lebih jauh

Sering dianggap sama, nyatanya suka dan cinta itu adalah dua perasaan yang berbeda. Namun demikian, gak sedikit orang yang mengartikan rasa suka sebagai cinta, begitu pula sebaliknya. Sehingga terjadilah salah sangka. Bisa dibilang rasa suka itu gak sedalam perasaan cinta. Kamu mungkin bisa dengan gampangnya menyukai seseorang, tapi belum tentu bisa mencintainya dengan tulus.

Lantas bagaimana, dong caranya mendeteksi apakah yang kamu rasakan saat ini, tuh cinta atau sekadar suka? Jangan sampai salah mengartikan dan ujung-ujungnya jadi senjata makan tuan, nih. Bisa-bisa nanti kamu dibilang tukang ghosting, karena main-main sama perasaan orang lain. Berikut lima tanda kamu sekadar suka, bukan cinta sama doi. Catat poinnya satu per satu, ya!

1. Tertarik sama doi karena melihat dari penampilan visualnya saja

5 Tanda Kamu Sekadar Suka Bukan Cinta Sama si Dia, Jangan Salah!ilustrasi tatapan cinta (pexels.com/Luis Zambrano)

Lumrahnya orang tertarik sama lawan jenis itu pasti karena penampilan fisiknya dulu. Bukan berarti ini merupakan hal yang buruk, ya. Justru sangat manusiawi sekali, kok. Karena notabene keduanya memang belum saling mengenal satu sama lain, kan?

Semisal, nih kamu tertarik sama si A karena dia, tuh tipe kamu banget. Rambutnya panjang, kulitnya putih dan gayanya sangat feminim. Wajar, kalau kehadirannya langsung mencuri perhatianmu. Perasaan ini belum tentu berarti cinta, lho. Tapi baru sebatas suka. Bisa saja berlanjut jadi cinta dan bisa pula berhenti sampai sini saja.

2. Ada hasrat untuk berdekatan dengannya secara fisik

5 Tanda Kamu Sekadar Suka Bukan Cinta Sama si Dia, Jangan Salah!ilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS production)

Berlanjut dari tatapan mata yang mengagumi penampilannya, timbul keinginan dari dalam dirimu untuk bisa dekat dengannya secara fisik. Seperti membayangkan dapat menyentuh tangannya, bahkan mencium pipinya yang merah merona. Ini merupakan salah satu indikasi perasaan suka. Sementara untuk cinta lain lagi. 

Sama-sama ingin lebih dekat dengannya, tapi bukan untuk melakukan kontak fisik. Kamu justru punya kemauan untuk mengenal pribadinya lebih jauh. Bicara dari hati ke hati dan menanyakan segala sesuatu tentang dirinya yang bikin kamu penasaran. Ini dilakukan semata-mata untuk mengukur, apakah kalian serasi atau tidak. 

3. Tak masalah bagimu, jika belum bisa mengenalnya lebih jauh

5 Tanda Kamu Sekadar Suka Bukan Cinta Sama si Dia, Jangan Salah!ilustrasi duduk berdua (pexels.com/Trung Nguyen)

Perasaan suka itu sebenarnya gak bisa bikin kamu galau, apalagi sampai kepikiran terus sama si dia kok. Ya, bisa dibilang seperti angin lalu begitu saja. Misalnya, nih tadi sore kamu bertemu sama doi dan jadi kesengsem oleh senyumannya. Mungkin sehari dua hari kamu masih tergiang-ngiang, tapi selanjutnya euforia itu bakal meredup dengan sendirinya.

Selain itu, kamu juga gak ada keinginan untuk berkenalan lebih lanjut dengannya. Hanya bersikap pasif saja. Kalau ada kesempatan ngobrol, ya ayo bicara berdua. Tapi kalau pun kalian belum bisa berkenalan lebih jauh, ya tak jadi masalah. Toh, doi hanya salah satu dari beberapa orang yang berhasil mencuri pandangan bukan hatimu. 

Baca Juga: 6 Cara Bikin Pasangan Jatuh Cinta Setiap Hari Padamu, Biar Langgeng!

4. Tidak ada rasa cemburu ketika melihat si dia dekat dengan yang lain

5 Tanda Kamu Sekadar Suka Bukan Cinta Sama si Dia, Jangan Salah!ilustrasi nongkrong bareng (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ngakunya, sih tertarik sama doi tapi begitu melihat si dia lagi dekat dengan yang lain, entah mengapa kamu hanya merasa kesal saja. Gak ada perasaan cemburu berkepanjangan, apalagi upaya untuk mendekatinya juga. Biar gak kalah sama yang lain gitu. Kamu justru berpikiran sederhana. Bahwa berarti kalian gak cocok atau belum berjodoh. 

Bahkan jika keduanya sampai jadian kamu malah ikutan senang. Memang, sih rasa kecewa tetap ada, tapi gampang saja move on dan merelakannya. Beda dengan cinta. Kalau benar kamu mencintainya, tentu saja gak bakal rela doi bersama yang lain, dong. Kamu pasti berjuang sampai bisa mendaparkan dirinya. 

5. Setelah tahu karakter aslinya kamu langsung mundur dengan sendirinya

5 Tanda Kamu Sekadar Suka Bukan Cinta Sama si Dia, Jangan Salah!ilustrasi orang menolak (pexels.com/Keira Burton)

Salah satu ciri kamu benar-benar cinta sama dia adalah, mau menerima doi apa adanya. Baik itu kelebihan maupun kekurangannya. Jika begitu tahu si dia punya kelemahan atau sifat aslinya gak sesuai ekspektasimu, kamu langsung saja kabur.

Bukannya mencoba saling menyesuaikan diri dulu. Ini karena kamu cuma menyukai sisi baiknya saja. Tanpa menyadari bahwa setiap orang pasti punya kekurangan.

Menyukai seseorang itu sah-sah saja, tapi jangan buru-buru klaim dirimu mencintainya kalau belum sepenuhnya yakin, ya. Karena takutnya itu bisa memberi harapan palsu kepadanya.

Kamu terlanjur ngomong cinta, eh belakangan baru sadar kalau perasaanmu padanya itu cuma sebatas suka. Masa iya, doi mau ditinggal begitu saja? Makanya, pastikan dulu, deh rasa yang bergejolak di hatimu itu benar-benar cinta atau cuma sebatas suka, nih.

Baca Juga: 5 Alasan Mempertahankan Rasa Cinta Lebih Sulit daripada Jatuh Cinta

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya