Comscore Tracker

Secara Tidak Langsung, Ini 5 Tanda Nyata Kalau Pacarmu Sedang Cemburu

Mohon untuk lebih peka sedikit ya, kan kasihan!

Perasaan cemburu adalah hal yang umum terjadi dalam hubungan percintaan. Tetapi tidak semua orang mau jujur pada pasangannya kalau dia sedang jealous. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari ingin menguji seberapa peka sang pacar sampai karena gengsi mengakuinya. 

Nah, sebagai kekasih yang baik gak ada salahnya kamu mencoba untuk sedikit lebih peka. Begitu merasa gelagat si dia agak berbeda, perhatikan apakah pacarmu kemudian menunjukkan kelima tanda di bawah ini. Jika iya, bisa dipastikan kalau saat ini dia sedang cemburu. Yuk cek, apa saja tanda yang dimaksud. 

1. Lebih banyak diam padahal biasanya cerewet minta ampun

Secara Tidak Langsung, Ini 5 Tanda Nyata Kalau Pacarmu Sedang Cemburuunsplash/Ali Pazani

Pacarmu ini termasuk tipe orang yang banyak bicara alias cerewet, apalagi saat bertemu dengan orang-orang terdekatnya, termasuk kamu. Tapi kok akhir-akhir ini dia jadi banyak diam ketika kalian lagi ngobrol berdua. Tiap kali ditanya pasti jawabnya "gak apa-apa". Dari sini wajar kamu mulai curiga, jangan-jangan memang dia lagi gak enak hati atau cemburu nih. 

2. Jadi mudah tersulut emosi apalagi ketika kamu membahas tentang hal yang membuat dia cemburu

Secara Tidak Langsung, Ini 5 Tanda Nyata Kalau Pacarmu Sedang Cemburuunsplash/Clem Onojeghuo

Untuk mengetes apa sih yang membuat dia cemburu, kamu bisa mempertanyakannya secara tidak langsung. Caranya adalah dengan membahas satu per satu seseorang yang kamu curigai sudah membuat si dia jealous. Misalnya teman wanitamu di kantor atau mungkin juga di bad mood karena kamu lebih sering main game ketimbang jalan bareng dengannya. Kalau dia marah ketika kamu membahas salah satunya, berarti memang itu penyebabnya. 

Baca Juga: 5 Hal Baik Ketika Kamu Terpaksa Minim Komunikasi dengan Pacar

3. Akhir-akhir ini dia suka minta diperhatikan, manja dan ingin ikut saat kamu pergi

Secara Tidak Langsung, Ini 5 Tanda Nyata Kalau Pacarmu Sedang Cemburuunsplash/Cody Black

Tanda selanjutnya adalah pacarmu mendadak jadi manja. Padahal biasanya dia suka ke mana-mana sendirian, bahkan ketika kamu menawarkan diri mengantarnya selalu saja ditolak. Belum lagi belakangan si dia jadi sering minta ikut tiap kali kamu mau hangout bareng teman-teman.

Ini nih, artinya dia ingin menegaskan posisinya sebagai pacarmu satu-satunya. Dia mau orang-orang tahu kamu hanya sayang dengannya dan gak canggung mengajak dia bertemu teman-temanmu. 

4. Mulai berani cek isi pesan di ponselmu

Secara Tidak Langsung, Ini 5 Tanda Nyata Kalau Pacarmu Sedang Cemburuunsplash/Vladimir Fedotov

Ciri yang satu ini boleh dibilang paling bisa bikin orang kesal. Tiba-tiba pacarmu meminjam ponsel dan jelas-jelas mengecek pesan masuk di dalamnya. Wajar kok kalau kamu marah, tapi perlu diingat bahwa saat ini dia sedang dibakar api cemburu. Kalau memang kamu gak merasa sudah melakukan hal yang dituduhkan olehnya, ya gak usah gugup. Tetap tenang dan turuti saja kemauannya. Toh, kalau memang kamu tidak salah dia juga gak bakal menemukan bukti apapun kok. 

5. Terang-terangan dia meminta kamu untuk tidak berhubungan lagi dengan seseorang yang membuatnya jealous

Secara Tidak Langsung, Ini 5 Tanda Nyata Kalau Pacarmu Sedang Cemburuunsplash/Toa Heftiba

The last but not least, secara gamblang pacarmu bakal mengatakan kalau dia tidak suka kamu berdekatan dengan seseorang. Itu artinya dia sedang mengakui kalau dirinya tengah merasa cemburu sama orang tersebut. Sebagai pacar kamu gak boleh langsung marah dan menyangkal. Bukan pula mengakui perbuatan yang tidak dilakukan, ya.

Kuncinya tetap tenang dan coba berikan dia pengertian, bahwa apa yang disangka selama ini tidaklah benar. Biar emosinya cepat adem, turuti saja dulu apa maunya. Seiring waktu dia juga bakal sadar sendiri kalau selama ini hanya termakan cemburu buta saja. 

Selain mesti lebih peka, untuk tahu pacarmu sedang cemburu kamu juga harus bisa mengontrol emosi agar tetap kalem. Sebab jika kamu terpancing amarah yang ada kalian malah jadi ribut. Ingat, cemburu itu hal yang wajar. Mungkin kamu juga pernah mengalaminya. Hanya saja cara kalian mengelola perasaan itu berbeda. Kamu bisa tenang meredamnya sendiri, sementara pacarmu ini butuh dukungan darimu supaya perasaan cemburunya segera sirna. 

Baca Juga: 5 Ciri Pacar Tidak Serius Jalani Hubungan, Jangan Terjebak Rasa Palsu!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya