Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya 'Investigasi' Calon Pasangan Sebelum Menikah

Cek dulu ya!

Menikah tentu bukan perkara mudah dan dilakukan secara asal jadi.  Sebab menikah tanpa melakukan sejumlah tahapan penting dapat membuat rumah tangga yang nantinya berjalan bisa tidak selamat hingga akhirnya kandas. 

Biar gak salah kaprah,  berikut ini 5 alasan mengapa investigasi penting untuk kamu lakukan kepada calon pasangan sebelum menikah dengannya. 

1. Agar kamu tahu siapa calon pasanganmu yang sebenarnya

5 Alasan Pentingnya 'Investigasi' Calon Pasangan Sebelum MenikahPixabay.com/Free-Photos

Tidak sedikit pasangan yang baru mengetahui sifat dan perangai pasangannya setelah menikah. Memang hal ini terlihat lumrah, namun ada baiknya sebagian dari watak calon pasangan sudah kamu ketahui sebelum memutuskan menikah dengannya.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan upaya mencari tahu siapa sosok sang calon pasangan yang meminangmu itu. Salah satunya kamu jadi tahu watak dan sifatnya. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah mempertimbangkan lamarannya.

Ketahuilah,mencari hakim yang arif dan bijaksana saja, penyelenggara negara harus menyeleksi orang-orang yang kompeten di bidangnya untuk menjadi seorang hakim. Begitu juga saat kamu mencari calon istri atau suami, maka jangan pernah lupakan tahapan meninjau ulang rekam jejak pasanganmu agar tidak menyesal di kemudian hari.

2. Untuk mendapatkan pasangan hidup yang sesuai kriteriamu

5 Alasan Pentingnya 'Investigasi' Calon Pasangan Sebelum MenikahUnsplash.com / Dương Trí

Semua orang tentu ingin mendapatkan pasangan hidup ideal yang bisa menjadi teman hidupnya. Namun demikian tentu tidak mudah mendapatkan pasangan, apalagi yang sesuai dengan kriteriamu. Meski begitu, untuk bisa mendapatkan pasangan yang baik dan sesuai dengan keinginan, tentu kamu juga harus terlebih dahulu memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Apabila ada seseorang yang datang ke dalam hidupmu dan bersiap melamarmu, maka cobalah untuk memikirkannya terlebih dahulu dengan tidak lupa melalukan upaya peninjauan sang calon pasangan. Jika kamu memiliki kriteria calon pasangan yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan sayang kepada orangtua dan keluarganya, maka kamu perlu untuk mencari tahu apakah kriteria itu ada pada sang calon.

Caranya bisa dengan meminta bantuan temanmu untuk menanyakan langsung padanya atau menanyakan langsung kepada pihak keluarga calon pasanganmu. Intinya, jangan langsung menerima pinangan tanpa melakukan pengecekan terkait orang yang melamarmu itu.

3. Karena menikah bukan hubungan sesaat, melainkan berjalan hingga maut memisahkan

5 Alasan Pentingnya 'Investigasi' Calon Pasangan Sebelum MenikahUnsplash.com/ Drew Coffman

Tidak sedikit pasangan yang baru menikah mengalami keretakan hubungan hingga akhirnya bercerai. Fenomena ini terjadi salah satunya karena tidak cocok antar pasangan, seperti adanya perbedaan prinsip dan sikap yang bertentangan satu sama lain. Makanya gak heran ada yang umur pernikahannya hanya bertahan tiga bulan, setahun atau bahkan hanya dalam lima tahun. 

Karena itu agar pernikahan bisa bertahan lama,  maka sebelum menikah,  kamu perlu untuk mencari tahu siapa calon pasangan yang akan menikahimu. Apalagi jika calon pasanganmu bukan orang terdekat melainkan orang asing yang tiba-tiba datang menghampirimu. 

Baca Juga: 5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Disepakati Pasangan Sebelum Menikah

4. Agar tidak ada dusta di antara pasangan ketika menikah nanti

5 Alasan Pentingnya 'Investigasi' Calon Pasangan Sebelum MenikahUnsplash.com / Scott Webb

Tentu setiap orang ingin punya pasangan yang jujur kan? Dengan begitu hubungan suami istri pun bisa berjalan terbuka dan tidak ada dusta antar keduanya. Namun bagaimana jika calon pasanganmu banyak menutup diri dan berbohong demi citra diri yang baik saat meminangmu? Hal ini akan membuatmu sulit menilai sang calon pasangan. 

Untuk itu investigasi calon pasangan sangat perlu untuk kamu lakukan.  Jangan anggap ini sebagai upaya kuno yang sudah ketinggalan zaman. Dengan mencari tahu lebih dalam siapa calon pasanganmu tentu akan membuat kamu lebih lega dan mantap untuk mengambil keputusan nantinya.  

5. Investigasi merupakan cara yang perlu ditempuh agar semakin yakin dengan pilihan yang kamu ambil

5 Alasan Pentingnya 'Investigasi' Calon Pasangan Sebelum MenikahUnsplash.com / Sweet Ice Cream Photography

Tidak bisa dielakkan, investigasi atau proses mencari tahu tentang calon pasangan adalah hal yang sangat dibutuhkan sebelum menikah. Jangan sampai kamu malah salah memilih pasangan hidup yang akan menemanimu hingga waktu yang lama.

Coba lah untuk tidak terburu-buru dalam memutuskan ihwal menikah sebelum kamu benar-benar sudah yakin dengan pasangan yang akan kamu nikahi. Jangan lupa untuk berdoa pada Ilahi agar diberi petunjuk terkait pasangan yang cocok menjadi pendampingmu.

Jangan ragu untuk mencari tahu siapa calon yang akan menikahimu. Semoga langkah ini dapat membuatmu bisa menemukan pasangan hidup yang tepat sebagai teman hidup.

Baca Juga: Ladies, Sebaiknya Pikirkan 7 Pertanyaan Ini sebelum Menikah

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You