Comscore Tracker

5 Hikmah Jika Kamu Mampu Memperlakukan Orang dengan Baik 

Hati menjadi tenang dan lapang!

Jika seseorang tulus melakukan kebaikan, balasannya ialah kebaikan pula. Untuk itu, jangan ragu dalam menebar kebaikan, meskipun dari hal-hal kecil, salah satunya memperlakukan orang lain dengan baik alias santun.

Ketika kamu bisa memperlakukan orang dengan sopan, orang lain pun akan respek dan merasa nyaman denganmu. Ketahuilah, ada banyak hikmah yang bisa kamu peroleh jika mampu memperlakukan orang lain dengan baik. Berikut ini lima di antaranya.

1. Orang lain akan memperlakukanmu dengan baik pula

5  Hikmah Jika Kamu Mampu Memperlakukan Orang dengan Baik Unsplash.com/ Gerrit Vermeulen

Pada hakikatnya, kebaikan akan berbalas kebaikan pula. Ini pun berlaku jika kamu mampu memperlakukan orang lain dengan baik. Kendati kebaikan yang manusia lakukan kepada sesama tak berbalas kebajikan, hal itu bukanlah masalah.

Sebab, Sang Khalik akan memberi ganjaran pahala bagi setiap insan yang mau berbuat baik. Untuk itu, jangan ragu berbuat baik kepada orang lain. Perlakukan setiap orang yang kamu temui dengan menebar kebaikan.

2. Hati menjadi tenang dan lapang

5  Hikmah Jika Kamu Mampu Memperlakukan Orang dengan Baik Unsplash.com / Matese Fields

Salah satu keajaiban yang diberikan Ilahi kepada manusia adalah suasana hati yang tenang dan lapang. Makanya, semua orang ingin memiliki kondisi demikian di setiap jengkal kehidupannya. Dengan hati tenang, segala hal menjadi mudah dan tenteram.

Salah satu upaya untuk bisa mendapatkan hati yang tenang dan lapang dengan berbuat baik pada sesama, seperti mampu memperlakukan orang lain dengan baik.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Orang Baik Bisa Berubah Jadi Orang Jahat

3. Disenangi banyak orang

5  Hikmah Jika Kamu Mampu Memperlakukan Orang dengan Baik Unsplash.com / Anna Vander Stel

Hikmah lain yang bisa kamu peroleh jika mampu memperlakukan orang dengan baik, yakni disenangi banyak orang. Hal ini terjadi lantaran perilakumu yang mampu menyentuh hati orang lain sehingga orang pun respek terhadap apa yang kamu lakukan.

Ingatlah, dalam berbuat kebaikan, jangan lupa libatkan hati yang tulus. Dengan demikian, perbuatanmu akan bermakna, baik itu di mata Sang Pencipta maupun di mata makhluk Tuhan.

4. Menjadi manusia yang bermanfaat

5  Hikmah Jika Kamu Mampu Memperlakukan Orang dengan Baik Pixabay/sasint

Dalam hidup yang singkat ini, sudah seharusnya manusia berpikir jeli dan tidak mengedepankan ego dalam diri. Ketika kamu mampu memperlakukan orang dengan baik, ini menandakan bahwa kamu mau melepaskan sendi-sendi ego di dalam diri untuk mau berdamai dengan orang lain.

Ketika orang lain merasakan kebaikan yang kamu lakukan, hal itu akan berbuah pahala kebajikan untukmu sendiri. Ingatlah, memperlakukan orang lain dengan baik adalah ciri manusia yang bermanfaat. 

5. Dapat menginspirasi orang lain

5  Hikmah Jika Kamu Mampu Memperlakukan Orang dengan Baik Unsplash.com/ Ben White

Mungkin kamu pernah terinspirasi dengan orang lain karena kebaikan yang ia lakukan. Ini menandakan bahwa kebaikan itu menular. Asalkan dilakukan sepenuh hati, seseorang akan mudah meniru kebaikan yang dilakukan orang lain.

Begitu juga ketika kamu mampu memperlakukan orang lain dengan baik, hal ini akan memberikan energi positif bagi orang yang kamu temui tersebut. Kelak, tidak menutup kemungkinan, orang yang mendapat perlakuan baik darimu itu juga berbuat hal serupa kepada orang lain lagi. 

Demikianlah lima hikmah jika kamu mampu memperlakukan orang dengan baik. Jangan pernah lelah berbuat kebaikan, meskipun kecil. Kelak kamu kan rasakan nikmatnya, seperti hadirnya ketenangan dalam hati. Jangan lupa bersyukur, ya!

Baca Juga: Kamu Orang Baik, Ini 5 Alasan Simpel Jangan Berubah Jadi Orang Jahat

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You