Comscore Tracker

Jangan Terlambat! Lakukan 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan Pasangan

Sering bertengkar dengan pasangan itu tidak baik, lo

Dalam setiap hubungan, pasangan tak jarang mengalami badai-badai yang menerjang, alah satunya adalah pertengkaran. Pertengkaran dalam hubungan tentunya adalah hal yang wajar, mengingat setiap manusia memiliki perbedaan-perbedaan. Meskipun begitu, terlalu sering bertengkar dengan pasangan juga tidak baik karena memicu perpisahan.

Oleh karena itu, ini dia lima tips yang bisa membantumu ketika sedang bertengkar dengan pasangan. Apa saja itu?

1. Perbaiki komunikasi

Jangan Terlambat! Lakukan 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan PasanganPixabay.com/nicolagiordano

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan. Hubungan yang baik selalu dibangun atas komunikasi yang baik. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan waktu, meskipun sekadar pembicaraan ringan atau bercanda.

Sekalipun kamu sulit untuk bertemu dengan pasangan karena kesibukan sehari-hari, kamu tetap bisa menjalin komunikasi yang baik lewat daring, kok. Jadi, jangan lupa untuk terus berkomunikasi pada si dia, ya!

2. Habiskan waktu bersama

Jangan Terlambat! Lakukan 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan PasanganPixabay/5688709

Selain komunikasi harus baik, sesekali kamu bisa hang out bersama pasangan ke tempat-tempat yang kalian suka. Dengan datang ke tempat-tempat tertentu, khususnya tempat yang memiliki kenangan bagi kalian berdua, rasa kesal yang tadi sedang menghinggapi kalian berdua bukan tidak mungkin akan hilang.

Kalian juga bisa menjadi lebih bahagia dan semakin harmonis karenanya, loh. Jadi, sering-sering habiskan waktu berdua, ya.

Baca Juga: Patut Dicoba, 5 Tips Meredam Emosi Saat Bertengkar dengan Pasangan

3. Terbuka pada pasangan

Jangan Terlambat! Lakukan 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan PasanganPixabay.com/rawpixel

Jika kedua hal di atas sudah kamu lakukan dan kamu atau pasangan masih saja marah, bisa jadi kamu kurang terbuka pada pasangan. Terbuka di sini maksudnya adalah saling mengatakan apa pun perasaan yang sedang dialami pada pasangan, baik senang, sedih, maupun marah.

Dengan adanya keterbukaan antara kamu dan pasangan, tidak sulit untuk menemukan akar dari permasalahan yang sedang kalian alami. Semakin cepat akar masalahnya ketemu, akan semakin cepat pula badai pertengkaran itu akan berakhir, 'kan?

4. Meminta maaf dan saling introspeksi diri

Jangan Terlambat! Lakukan 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan PasanganPixabay.com/Free-Photos

Setelah kamu dan pasangan saling terbuka satu sama lain, tidak ada salahnya untuk meminta maaf jika kamu maupun pasangan merasa bersalah. Masalah retaknya hubungan akibat pertengkaran sering kali disebabkan oleh gengsi untuk meminta maaf.

Padahal, dengan meminta maaf, itu pertanda bahwa kamu dan pasangan sudah semakin dewasa dalam menghadapi masalah. Setelah itu, jangan lupa untuk saling introspeksi diri, baik dirimu maupun pasangan.

Hal ini penting dilakukan agar di masa yang akan datang, baik kamu maupun pasangan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jangan gengsi untuk meminta maaf dan introspeksi diri, ya!

5. Beri waktu sendiri untuk dirimu dan pasangan

Jangan Terlambat! Lakukan 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan PasanganPixabay/avi_acl

Jika seluruh hal di atas sudah kamu lakukan dan pertengkaran masih terjadi, coba beri waktu sendiri untuk dirimu dan pasangan. Hal ini bukan berarti untuk berpisah dengan pasangan, namun agar kamu dan pasangan dapat menenangkan diri untuk sementara waktu.

Terlebih, dengan memberi waktu sendiri bagimu maupun pasangan, bisa jadi rasa rindu akan tumbuh dan kalian akan melupakan pertengkaran yang sedang terjadi. Tidak ada salahnya untuk menyendiri untuk sementara waktu, merenung, dan menurunkan ego agar hubungan kamu berjalan dengan lancar kembali.

Demikian tips yang dapat membantu jika kamu sedang bertengkar dengan pasangan. Semoga buat kamu yang sedang bertengkar dengan pasangan, dapat terbantu dengan tips ini dan cepat berbaikan, ya!

Baca Juga: Ingin Bertengkar dengan Pasanganmu? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Dreamer with unrealistic mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You