Comscore Tracker

6 Alasan Krusial Kepercayaan Itu Penting Ada Dalam Sebuah Hubungan

Karena trust issues hanya akan merusak hubunganmu

Kepercayaan adalah keyakinan yang dimiliki oleh seseorang bahwa pasangannya akan selalu loyal dan setia mencintai. Layaknya sebuah pondasi, kepercayaan menjadi landasan sebuah hubungan agar dapat bertahan.

Hubungan yang terbangun di atas kepercayaan cenderung lebih solid. Karena ketika pasangan terjebak dalam rumitnya kehidupan, kepercayaan justru membawanya kembali ke alasan mereka membangun hubungan tersebut. Yakni membangun ikatan seumur hidup dengan orang tersebut.

Hal itu menjadi bukti betapa pentingnya sebuah kepercayaan. Selain memperkokoh hubungan, kepercayaan juga memiliki enam alasan krusial kenapa keberadaannya harus selalu terjaga. Check it out!

1. Memberikan jaminan

6 Alasan Krusial Kepercayaan Itu Penting Ada Dalam Sebuah HubunganUnsplash/Alvin Mahmudov

Kepercayaan memberikanmu jaminan bahwa dia benar-benar mencintaimu sepenuh hati, terlepas dari perselisihan yang mungkin terjadi di antara kalian. Dengan begitu, kamu tak dirundung keraguan dan yakin bahwa hubungan kalian akan terus bertahan.

2. Membantu menyembuhkan luka hati

6 Alasan Krusial Kepercayaan Itu Penting Ada Dalam Sebuah HubunganUnsplash/Jennifer Burk

Selama menjalani hubungan, mungkin kamu menemui beberapa hal yang membuatmu sakit hati. Seperti kesalahpahaman, perbedaan pendapat, atau kebutuhan yang tak terpenuhi. Namun berkat kepercayaan yang ada di antara kalian, kamu bisa lebih mudah menyembuhkan diri dan menerima maaf darinya dengan tulus.

3. Membantu menghadapi setiap konflik

6 Alasan Krusial Kepercayaan Itu Penting Ada Dalam Sebuah HubunganUnsplash/Fred Moon

Bukan cinta, tapi sebenarnya kepercayaanlah yang mendorong kalian agar yakin bahwa kalian mampu menghadapi tiap rintangan dalam hubungan.

Bila cinta menjadi landasan emosional, kepercayaan menjadi perekat untuk perbedaan kalian. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah mengatasi tiap konflik secara bersama-sama dengan rasa aman dan nyaman.

Baca Juga: 5 Tipe Cowok Ini Susah Banget untuk Diajak Menjalin Hubungan Serius

4. Membantu memberikan dia ruang dan waktu

6 Alasan Krusial Kepercayaan Itu Penting Ada Dalam Sebuah HubunganPexels/Wesner Rodrigues

Ketika kamu benar-benar percaya pasanganmu, kamu tak akan merasa curiga dan insecure dengan keberadaannya yang jauh darimu. Begitu pula saat kamu memberikannya ruang dan waktu untuk melakukan kegiatan pribadi seperti me-time.

5. Membantu mengontrol emosi

6 Alasan Krusial Kepercayaan Itu Penting Ada Dalam Sebuah HubunganPexels/Pedro Sandrini

Ketika kamu dibuat sakit hati atau marah olehnya, hanya kepercayaanlah yang mampu membuatmu tetap melihat perspektif lain. Bahwasanya pasti ada alasan lain di balik sikapnya yang menjengkelkan tersebut. 

6. Merupakan landasan untuk setiap hubungan

6 Alasan Krusial Kepercayaan Itu Penting Ada Dalam Sebuah Hubunganusmagazine.com

Last but not least. Kamu tak bisa mencintai seseorang tanpa kepercayaan. Kepercayaan memberikan rasa aman terhadap hubungan yang sedang dijalani. Serta yakin bahwa si dia akan selalu ada dan tetap bertahan ketika masa-masa sulit menguji kalian berdua.

Itulah enam alasan krusial kenapa kepercayaan itu sangat penting sekali keberadaannya dalam sebuah hubungan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kadang-kadang Kamu Butuh Ruang untuk Hubungan Cintamu

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You