Comscore Tracker

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic Person

Yakin kamu bukan toxic person?

Setiap individu dari kita punya masanya masing-masing saat merasa frustasi dan stres. Hal itu wajar sebagai emosi alami manusia. Tapi, jika sesekali rasa frustasi dan gerutuan selalu muncul di situasi atau tempat yang gak diinginkan kehadirannya oleh orang lain, bisa jadi itu adalah racun.

Selain membuat hubunganmu dengan orang terdekat menjadi gak beres, berdasarkan penelitian juga bisa membahayakan fisik dan mental seseorang secara ekstrem. Lalu apakah kamu juga begitu? Cari tahu apakah kamu juga toxic person bagi orang sekitarmu melalui 8 tanda berikut ini.

1. Selalu melihat sisi negatif dari apapun

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic PersonPexels/Slobodan Jošić

Apakah kamu selalu merespon negatif segala sesuatu yang terjadi padamu? Tak terkecuali kabar baik juga? Sekalipun itu momen bagus, kamu berpikir kalau itu bisa berjalan lebih dari baik.

2. Kamu terlalu mengontrol

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic PersonPexels/Rawpixel

Bukan sekedar mengontrol biasa, seolah-olah kamu menginginkan orang lain harus bertindak sesuai izinmu. Bahkan memaksakan kehendak kalau kemauanmu pun juga harus dituruti dan gak suka kalau orang lain mengatakan tidak.

3. Hanya mementingkan diri sendiri alias egois

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic PersonPexels/Gratisography

Kamu gak peduli dengan orang terdekatmu. Sekalipun itu istri, pacar, atau sahabat, kamu selalu berpikir kalau curhatan masalah mereka gak perlu ada ikut campur atau simpati dari kamu sama sekali.

Baca Juga: Gak Egois Kok, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri

4. Gak mau kalah dan selalu merasa "benar" sendiri

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic PersonPexels/Vera Arsic

Saat terlibat dalam argumentasi dengan orang terdekat, kamu tetap berdebat sampai dia mengalah meskipun dirimu itu benar-benar salah. Kamu terkadang melupakan konteks sebenarnya yang diperdebatkan dan merasa paling benar dengan argumenmu.

5. Berpikir kalau orang lain berhutang sesuatu ke kamu

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic PersonPexels/Odonata Wellnesscenter

Kamu menahan diri untuk memberikan perhatian dan dukungan emosi bagi orang terdekat hanya gara-gara kamu berpikir kalau orang itu belum cukup memberikan dua hal itu padamu. Duh, seriously?!

6. Segalanya kamu maknai secara berlebihan

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic PersonPexels/Gratisography

Jikalau kamu bertindak berlebihan atau super extra setiap saat hanya karena hal-hal sepele, kamu bakal kehilangan makna yang sebenarnya dari kenyataan. Kamu beranggapan kalau orang lain gak pernah mendengarkan atau sikap sepele orang terdekat kamu artikan selalu berlebihan.

7. Terlalu banyak bicara, juga gak mendengarkan orang lain

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic PersonPexels/Rawpixel

Kamu ingin segala apa yang kamu katakan diperhatikan dengan seksama oleh orang lain. Sayangnya kamu terlalu banyak bicara alias bermulut besar, tanpa memberikan kesempatan pada orang lain untuk berbicara. Selain itu, kamu hanya mau didengar dan gak mau mendengarkan balik.

8. Gak menghargai batasan/ruang pribadi orang lain

8 Tanda Ini Perlihatkan Kalau Kamu adalah Toxic PersonUnsplash/whereslugo

Orang lain butuh ruang pribadi juga untuk menyendiri, tapi kamunya malah gak menghargai hal tersebut sampai marah-marah atau menggerutu. Jika kamu berpikir kalau dirimu bakal menghargai batasan/ruang pribadinya kalau dia sudah melakukan hal yang sama padamu, mungkin saja kamu adalah toxic person.

Apakah di antara 8 tanda diatas ada padamu, guys?

Baca Juga: 5 Hal Ini Sering Menjadi Alasan Seseorang Menjadi Egois

Anna Mei Photo Verified Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya