Comscore Tracker

Gak Hanya Komitmen, 7 Elemen Berharga Ini Jadi Kunci Pernikahan Sehat

Nomor 7 yang paling krusial!

Pernikahan terjadi dari adanya keputusan untuk berkomitmen. Tak hanya berkomitmen menjaga perasaan, tapi juga siap melalui segala hal baik dan buruk yang suatu saat hadir dalam kehidupan berumah tangga.

Cara pasangan dalam mengelola hubungan selama menghadapi lika-liku kehidupan, menentukan apakah pernikahan tersebut sehat atau tidak. Komitmen untuk bertahan memang yang utama, tapi ada elemen lain yang mendukung pernikahan bisa berjalan sehat. Di antaranya adalah 7 elemen berikut ini.

1. Kesetiaan seksual

Gak Hanya Komitmen, 7 Elemen Berharga Ini Jadi Kunci Pernikahan Sehatmedium.com

Kesetiaan seksual tak hanya ditujukan pada tubuh, tapi juga mencakup mata, pikiran, hati, dan jiwa. Ketika kamu mencurahkan segala bentuk intimasimu terhadap orang lain, kamu menodai kesetiaanmu pada pasangan. Mendisiplinkan diri sendiri adalah kunci penting selain membangun kesadaran akan konsekuensinya.

2. Kerendahan hati

Gak Hanya Komitmen, 7 Elemen Berharga Ini Jadi Kunci Pernikahan Sehatdenofgeek.com

Mengakui ketidaksempurnaan diri sendiri dan orang lain adalah bagian penting dari elemen ini. Setiap orang membuat kesalahan dan akan membutuhkan pengampunan. Bersikap superior terhadap pasangan justru akan membuat hubunganmu tak berjalan baik.

3. Kesabaran dan memaafkan

Gak Hanya Komitmen, 7 Elemen Berharga Ini Jadi Kunci Pernikahan Sehatusmagazine.com

Hubungan pernikahan yang sehat juga butuh kesabaran. Sabar dalam bersikap dan bertindak ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan. Tak menjadikan kesalahan di masa lalu untuk menyerang pasangan, atau bahkan balas dendam dengan melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Di Awal Pernikahan, 5 Orang Ini yang Akan Mengujimu, Bukan Mertua!

4. Investasi waktu

Gak Hanya Komitmen, 7 Elemen Berharga Ini Jadi Kunci Pernikahan Sehatstraitstimes.com

Quality time adalah bentuk dari investasi waktu untuk merawat hubungan bersama pasangan. Sekalipun itu quality time sederhana, akan membawa pengaruh positif jika sungguh-sungguh diniati dan dinikmati secara seksama.

Jika kuantitas waktunya saja tak disisihkan sama sekali, tak akan ada kesempatan bagi kalian untuk memperdalam keintiman.

5. Komunikasi yang terus terang

Gak Hanya Komitmen, 7 Elemen Berharga Ini Jadi Kunci Pernikahan Sehatnewyorker.com

Berkaitan dengan kejujuran, mengutarakan sesuatu secara terus terang kepada pasangan itu penting. Tak mendiamkan masalah berlarut-larut, dan mendiskusikan setiap keputusan besar kepada pasangan adalah sekian dari tindakan yang mencerminkan elemen ini.

6. Tak mementingkan diri sendiri

Gak Hanya Komitmen, 7 Elemen Berharga Ini Jadi Kunci Pernikahan Sehatbobswatches.com

Sikap egois tak hanya merugikan pasangan, tapi juga bagi hubungan pernikahanmu. Bersikap apatis, rendah empati, dan tak peka terhadap keadaan pasangan justru akan membuat hubungan kalian renggang.

7. Kejujuran dan kepercayaan

Gak Hanya Komitmen, 7 Elemen Berharga Ini Jadi Kunci Pernikahan Sehatallure.com

Ini adalah elemen paling krusial yang melandasi segalanya. Jika elemen ini tak terbangun kuat, akan sulit menjalankan elemen lainnya. Karena ketika sebuah kepercayaan ternodai oleh kebohongan, dengan mudahnya kepercayaan itu akan runtuh.

Sedangkan kepercayaan itu sendiri butuh waktu lama untuk terbangun kembali. Bahkan kamu harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan kembali kepercayaan tersebut.

Nah itulah tujuh elemen pendukung yang menjadi kunci sebuah pernikahan berjalan sehat. Jangan lupa diterapkan ya.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Hubungan Introvert-Ekstrovert dalam Pernikahan

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You