Comscore Tracker

Ganggu Hubungan, 5 Sinyal Bahaya Ini Muncul Saat Persiapan Pernikahan

Bisa-bisa pernikahanmu urung dilaksanakan

Mempersiapkan pernikahan bisa jadi sangat memusingkan. Hubungan akan terasa cukup menegang karena tekanan yang ditimbulkan. Situasi ini juga menguji bagaimana masing-masing individu dalam menghadapi stress selama persiapan tersebut.

Bagi sebagian orang, berada dalam tahap persiapan pernikahan dianggap sebagai tanda bahwa hubungannya berjalan kuat dan aman sehingga telah mantap ke jenjang serius.

Sayangnya, ada sebagian yang harus merasakan pahitnya kenyataan dengan terkuaknya isu besar dalam hubungan disaat mereka sedang mempersiapkan momen sakralnya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan tanda-tanda yang menjadi sinyal bahaya bagi hubunganmu selama proses persiapan pernikahan. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Dia bersiakp apatis

Ganggu Hubungan, 5 Sinyal Bahaya Ini Muncul Saat Persiapan PernikahanPexels/Wesner Rodrigues

Adakalanya seseorang mencurahkan segala usahanya di awal hubungan, tapi kemudian berubah menjadi orang yang ‘berbeda’ seusai terikat melalui tunangan.

Apabila dia terlihat bersikap apatis, merasa puas diri, dan tiba-tiba tak tertarik dengan segala kebutuhanmu termasuk soal persiapan pernikahan, itu artinya ada isu besar dalam hubunganmu yang patut diwaspadai.

2. Dia tak respek denganmu

Ganggu Hubungan, 5 Sinyal Bahaya Ini Muncul Saat Persiapan PernikahanUnsplash/Fred Moon

Mempersiapkan pernikahan merupakan hal yang cukup tricky. Tak hanya menyeimbangkan kebutuhanmu, tetapi juga opini dari keluarga kedua belah pihak.

Sayangnya hal yang patut diwaspadai selama mempersiapkan pernikahan ialah dia tak lagi menganggapmu sebagai equal partner. Yang mana dia tak menghormati bahkan mengabaikan setiap opini, keinginan, dan kebutuhanmu.

3. Dia ternyata menyembunyikan masalah keuangannya

Ganggu Hubungan, 5 Sinyal Bahaya Ini Muncul Saat Persiapan PernikahanPexels/Elle Hughes

Selama perencanaan pernikahan, tak jarang masalah keuangan yang dihadapi oleh pasanganmu menjadi terkuak jelas. Hal tersebut dikarenakan sebagian pasangan menganggap bahwa topik ini terlalu sensitif untuk diperbincangkan dan selalu dihindari di awal hubungan.

Namun jika kalian sudah pada tahap persiapan pernikahan, mau tak mau masalah keuangan itu harus didiskusikan.

Baca Juga: 5 Bulan Baik untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Tradisi Jawa

4. Dia tak bersikap positif terhadap keluargamu

Ganggu Hubungan, 5 Sinyal Bahaya Ini Muncul Saat Persiapan PernikahanPexels/Lisa Fotios

Sebelum melangsungkan pernikahan, biasanya kedua belah pihak keluarga sudah melakukan interaksi. Apapun bentuk interaksinya, terkadang saat proses persiapan pernikahan, menjadi momen yang cukup menegangkan dan mungkin timbul overlap.

Idealnya kalian sama-sama berusaha untuk menyeimbangkan kebutuhan keluarga masing-masing. Apabila dia malah tak menganggap serius dan terkesan meremehkan keluargamu, bisa jadi ini merupakan sinyal bahaya untuk hubunganmu kedepannya.

5. Rencana masa depan kalian tak selaras

Ganggu Hubungan, 5 Sinyal Bahaya Ini Muncul Saat Persiapan PernikahanPexels/Tirachard Kumtanom

Acapkali isu besar seperti mengenai anak, tempat tinggal, dan sebagainya, menunggu dibicarakan hingga datangnya masa persiapan pernikahan. Asumsi bahwa pasangan juga memiliki pemikiran yang sama, membuat kita tak mau susah payah menanyakannya.

Padahal untuk menjalani bingkai rumah tangga yang sehat kalian harus memiliki pilihan dan preferensi kehidupan yang selaras. Oleh karena itu, membahasnya jauh-jauh hari sebelum proses persiapan itu lebih baik.

Demikian itulah lima tanda bahaya yang kemungkinan hadir selama mempersiapkan pernikahan.

Jikalau memang terdapat isu fundamental dalam hubungan yang benar-benar tak sehat dan membuatmu sengsara, tak ada kata terlambat untuk mengurungkannya. Daripada kamu harus menghabiskan sepanjang hidupmu dengan seseorang yang sama sekali tak menghargai dirimu juga keluarga tercintamu.

Baca Juga: 7 Tradisi Pernikahan di Korea Selatan, Sarat akan Makna yang Mendalam!

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You