Comscore Tracker

Hindari 6 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Pernikahanmu Berujung Cerai

Please, don't lose hope on your marriage

Memelihara pernikahan agar terhindar dari perceraian itu terkadang susah-susah gampang. Rumah tangga yang gak sehat kemungkinan terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan oleh masing-masing individu.

Pastikan kamu menghindari 6 kebiasaan buruk berikut ini agar terhindari dari perceraian sekaligus terbangun pernikahan yang bahagia dan sehat. Yuk cek daftarnya.

1. Selalu curiga dengan aktivitas online

Hindari 6 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Pernikahanmu Berujung CeraiPexels/Ivan

Biasakan untuk jujur dan terbuka terhadap satu sama lain. Jika kebetulan kamu ketahuan menyembunyikan sesuatu atau punya aktivitas online rahasia, besar kemungkinan kamu bakal ada dalam masalah.

2. Menyimpan dendam dan cenderung gak mau kalah dalam berargumen

Hindari 6 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Pernikahanmu Berujung CeraiPexels/Vera Arsic

Jika merasa tersinggung oleh pasanganmu, ada baiknya kamu secepat mungkin bersikap tenang dan gak membiarkan kemarahan menguasai dirimu. Jangan pernah pula menggunakan kesalahan dimasa lalu untuk menyerang balik pasanganmu saat berargumen.

3. Lebih bergantung pada perasaan dibandingkan komitmen

Hindari 6 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Pernikahanmu Berujung CeraiPexels/Pixabay

Pernikahan adalah sebuah komitmen, bukan perasaan yang berubah-ubah. Terkadang perasaan bertindak sementara dan gak seharusnya jadi landasan untuk mengambil keputusan. Keutamaan dari komitmen adalah mendorong pasangan agar memiliki keintiman yang lebih dalam, hubungan yang lebih kuat, dan pernikahan yang lebih bahagia.

Baca Juga: 8 Artis Bollywood Ini Harus Menghadapi Pahitnya Perceraian

4. Mengambil keputusan tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan pasanganmu

Hindari 6 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Pernikahanmu Berujung CeraiPexels/Anastasiya Lobanovskaya

Please, don't let pride get into your mind. Seringkali rasa gengsi-lah yang menjadi duri dalam banyak pernikahan. Sadari kalau keputusan individu pada akhirnya juga bakal dirasakan pengaruhnya satu sama lain. Oleh karena itu, ada baiknya setiap keputusan dikonsultasikan dulu satu sama lain dengan pikiran terbuka .

5. Memisahkan milik dia dan milik kamu

Hindari 6 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Pernikahanmu Berujung CeraiPexels/Rawpixel

Pernikahan itu tentang kebersamaan dalam membangun bingkai rumah tangga. Bukan dua sejoli terikat janji yang hidup sendiri-sendiri dengan beragam hal masing-masing terpisah. Semakin sering pasangan itu berbagi, semakin kuat jalinan pernikahannya.

6. Berupaya mengubah pasanganmu

Hindari 6 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Pernikahanmu Berujung CeraiPexels/Min An

Kamu gak bisa mengubah seseorang, kecuali orang tersebut memilih untuk berubah. Terbukalah untuk mengubah reaksimu saat melihat tingkah pasanganmu. Atau saat terlibat dalam percakapan dengan opini berbeda. Seiring waktu berlalu kamu akan merasakan perubahan yang lebih baik dalam memahami pasanganmu.

Nah, itu dia 6 kebiasaan yang perlu kamu hindari untuk menjaga pernikahanmu tetap sehat dan bahagia. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Artis Ini Harus Rasakan Pahitnya Perceraian di Tengah Kehamilan

Anna Mei Photo Verified Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya