Comscore Tracker

Masih Kagok, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan oleh Pengantin Baru

Tenang, masih bisa diminimalisir kok

Sebagai pengantin baru, pasangan dihadapkan oleh bingkai kehidupan yang jauh berbeda dari sebelum mereka menikah. Fakta bahwa kini telah mengikat janji suci dengan seseorang spesial, tentu menghadirkan kesan dan ekspektasi tersendiri bagi masing-masing individu. Karena masih baru, maka tak heran bila mereka juga masih ‘kagok’ dan terkadang melakukan beberapa kesalahan.

Meskipun sebenarnya kesalahan mereka murni karena ketidaktahuan dan bukan disengaja, ada baiknya membekali diri dengan informasi dini agar kesalahan tersebut bisa diminimalisir. Lalu, kesalahan apa sajakah yang umum dilakukan oleh pengantin baru? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memiliki harapan yang tak realistis

Masih Kagok, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan oleh Pengantin BaruPexels/Juan Pablo Arenas

Menetapkan bar yang cukup tinggi adalah kesalahan pertama yang paling umum terjadi. Kamu meyakini bahwa segala hal yang kamu butuhkan dalam pernikahan hanyalah cinta dan berpikir pasanganmu tak akan sedikitpun melakukan kesalahan. Nyatanya, harapan tak realistis tersebut hanya akan menuntunmu pada kekecewaan besar.

Oleh karena itu, memungkinkan kamu dan pasangan menjadi individu realistis mengenai pernikahan dan peran pasangan adalah hal yang sangat krusial. Merengkuh kesalahan sebagai bagian dari pembelajaran itu perlu. Asalkan dibicarakan secara terbuka dan diputuskan jalan keluarnya atas dasar pertimbangan berbagai aspek.

2. Mengharapkan dia dan hubunganmu berubah

Masih Kagok, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan oleh Pengantin BaruPexels/Pedro Sandrini

Masih banyak orang yang meyakini bahwa pernikahan bisa mengubah pasangannya menjadi lebih baik sesuai keinginan. Jikalau memang si dia dan hubunganmu memiliki isu penting yang masih mengganjal, alangkah lebih baik mendiskusikannya sebelum mengikat tali pernikahan.

Andaikata terdapat perbedaan pandangan terhadap beberapa hal mendasar, penting sekali untuk menemukan solusi win-win untuk menghadapi perbedaan tersebut.

Baca Juga: Inspirasi Gaun Pengantin ala Selebriti Korea yang Modern, Putih Elegan

3. Sama sekali tak punya strategi menghadapi masalah serius

Masih Kagok, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan oleh Pengantin BaruPexels/Elle Hughes

Membangun kehidupan pernikahan itu menantang, karena kamu harus berhadapan dengan seseorang yang memiliki pemikiran berbeda dari dirimu. Kalaupun kamu tak suka dengan caranya, terus-menerus menghindari perbedaan tersebut tak akan menyelesaikan permasalahan yang ada.

Alih-alih membiarkan masalah tergantung tanpa solusi jelas, kalian bisa mencoba membangun komunikasi yang sehat dan produktif selama membahas topik berat. Dengan begitu, kesalahpahaman di antara kalian bisa terhindarkan dan ke depannya terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan strategi komunikasi tersebut.

4. Membuat pengorbanan dan kompromi

Masih Kagok, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan oleh Pengantin BaruUnsplash/David Thomaz

Saat harus bernegosiasi dan mencapai kesepakatan, menempatkan pasangan sebagai prioritas memang baik, tapi bukan berarti salah satu dari kalian harus berkorban atau berkompromi. Justru dengan dua hal tersebut, biasanya ada kecenderungan rasa enggan yang mengiringi. Yang mana dapat menyebabkan kekecewaan, ketidakadilan, dan kebencian.

Pasangan baru perlu belajar untuk mendiskusikan pilihan mereka dan memutuskan kesepakatan yang saling menguntungkan. Di mana keduanya sama-sama bersedia menerapkan solusi tersebut tanpa ada yang merasa dirugikan.

5. Tak berlanjut merawat gairah cinta

Masih Kagok, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan oleh Pengantin BaruPexels/Jonathan Borba

Mudah bagi pengantin baru merasa kewalahan dengan kehidupan barunya sebagai pasangan sah. Perhatian mereka begitu terfokuskan pada segala sesuatu yang menurutnya perlu segera diurus. Maka tak heran bila terkadang mereka abai dalam merawat hubungan agar tetap sehat meski seusai mengikat janji.

Demikian itulah lima kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh para pengantin baru. Semoga kesalahan di atas tak terjadi pada hubungan kalian ya.

Baca Juga: Pengantin Baru, Pasti Kamu Merasakan 10 Ilustrasi Manis & Kocak Ini

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You